Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Rumor: Huawei Akan Jual Bisnis Smartphone Premium Seri P dan Mate

Anom Penulis

Kabar yang cukup mengejutkan menyebut bahwa Huawei berencana menjual bisnis smartphone premium seri P dan Mate milik mereka. Kalau kabar itu benar, maka Huawei akan keluar dari bisnis smartphone premium.

Laporan dari Reuters, berdasar dua orang sumber mereka, menyebutkan sedang ada negosiasi antara Huawei dengan konsorsium yang dipimpin oleh firma investasi asal Shanghai. Negosiasi itu sudah berjalan selama beberapa bulan secara rahasia.

popculture.id

Lebih jauh lagi, dikatakan kalau Huawei sudah mulai menelusuri kemungkinan penjualan kedua seri tersebut sejak sekitar bulan September 2020. Namun belum ada informasi mengenai nilai transaksi atas dua seri smartphone Huawei tersebut.

smartphone huawei p40 prp dan mate 40 pro

Walau begitu, Huawei juga disebut belum mengambil keputusan akhir apakah mereka akan menjualnya atau tidak. Negosiasi itu bisa saja batal. Perusahaan yang pernah mengalahkan Samsung dalam penjualan smartphone ini masih berusaha membuat chipset Kirin produksi sendiri.

Selain itu, juru bicara Huawei juga menolak rumor ini.

“Huawei sudah mengetahui kalau ada rumor tidak berdasar yang beredar mengenai kemungkinan penjualan seri unggulan kami,” kata juru bicara Huawei. “Rumor itu tidak ada gunanya. Huawei tidak punyra rencana seperti itu.”

Sebelum ini, Huawei sudah terlebih dulu menjual bisnis smartphone Honor mereka. Sebuah konsorsium baru yang terdiri dari 40 perusahaan mengambil alih lini usaha itu secara resmi pada bulan November 2020.

Selain itu, pimpinan grup bisnis konsumen Huawei, Richard Yu, tahun lalu juga sudah menyatakan kalau larangan dari Amerika menghambat pembuatan chipset Kirin. Kemungkinan besar, stok chipset Kirin mereka pun sudah menipis.

Melihat rumor ini, walau Amerika sudah beralih dari pemerintahan Donald Trump ke Joe Biden, Huawei kelihatannya pesimis kalau pemerintah Amerika akan mengubah keputusan mereka. Huawei pun nampaknya bersiap untuk yang terburuk.

    %d blogger menyukai ini: