Bocoran “iPhone 13” Tunjukkan Layar Tanpa Notch

mockup iphone 13
Anom Penulis

iPhone 12 belum diluncurkan dan rumornya masih mengalir deras. Di sisi lain, rumor soal iPhone 13 pun mulai bermunculan. Yang terbaru adalah munculnya mockup awal “iPhone 13” yang menunjukkan layar tanpa notch.

Adalah situs asal Jepang Mac Otakara yang menyajikannya. Prototipe itu berupa mockup iPhone hasil cetak 3D. Mereka menyatakan kalau mockup iPhone yang akan dirilis tahun 2021 tu berasal dari “sumber Alibaba”.

Mereka juga mengatakan kalau konsep yang ada di mockup ini merupakan salah satu yang sedang dikembangkan Apple. Jadi belum merupakan model final.

Konsep “iPhone 13”

Salah satu hal menarik yang ada di mockup iPhone 13 ini adalah tidak adanya notch yang menjadi modul kamera depan di layar. Spekulasinya di sini adalah pemakaian kamera di bawah layar. Seperti yang dikembangkan OPPO dan Xiaomi, juga Huawei. Mac Otakara merujuk pada pengembangan UPS (under panel sensor) yang dikembangkan Samsung.

kamera selfie di bawah layar

Hal menarik berikutnya adalah modul kamera belakang yang menunjukkan lima buah titik. Mereka menyebutkan kalau ke-5 titik itu kelihatannya dipakai untuk menguji berbagai konfigurasi kamera. Rumor pemakaian lima kamera ini sebelumnya pernah dinyatakan oleh leaker @choco_bit di Twitter.

modul kamera belakang

Hal terakhir yang menarik adalah pemakaian USB type-C di bagian bawah iPhone. Hal ini berbeda dengan rumor iPhone 13 lainnya. Sebagian besar berspekulasi kalau iPhone yang akan rilis tahun 2021 itu akan jadi perangkat nirkabel, dengan bersandar pada wireless charging dan smart connector. Pengamat spesialis Apple, Ming-Chi Kuo termasuk yang menyebutkan kalau iPhone 13 bebas dari kabel.

Mungkin beberapa bocoran yang ada di Mac Otakara ini meragukan. Tapi toh situs itu memang menyebutkan kalau konsep ini bukanlah model final. Bisa jadi yang dibocorkan merupakan salah satu konsep uji coba. Nah, kira-kira bocoran mana yang paling masuk akal?

    %d blogger menyukai ini: