Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Microsoft Office ChatGPT Tengah Dikembangkan, Bisa Balas Email Otomatis Sesuai Kueri!

microsoft office chatgpt
Sumber: First State Future
Indri Penulis

Microsoft kembangkan Microsoft Office ChatGPT. Fitur ini tengah disiapkan untuk Microsoft Office Word, Outlook dan PowerPoint.

Akhir-akhir ini istilah ChatGPT lagi viral di kalangan netizen. Dengar-dengar, ChatGPT ini bakal bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pengguna lho.

Banyak yang nggak percaya soal kemampuan ChatGPT. Tapi nggak sedikit juga pengguna yang percaya dan optimis jika ChatGPT OpenAI bakal menggantikan Google suatu saat nanti.

Google sendiri yang sering dibanding-bandingkan dengan ChatGPT justru memberikan tanggapan lain. Mereka bilang kalau belum siap bikin pesaing ChatGPT OpenAI.

Sementara itu raksasa teknologi lainnya seperti Microsoft berbeda. Baru-baru ini tersiar kabar kalau Microsoft siap kembangkan Microsoft Office ChatGPT.

Microsoft Office ChatGPT untuk Beberapa Produk Microsoft

Kabar ini dibeberkan pertama kali oleh situs The Information (via The Verge). Situs tersebut bilang kalau Microsoft tengah bereksperimen dengan membuat teknologi AI mirip besutan OpenAI.

Lebih lanjut, rencananya teknologi tersebut akan disisipkan ke dalam beberapa aplikasi Microsoft. Katakanlah seperti Microsoft Office Word, PowerPoint dan juga Outlook.

Microsoft disebut-sebut telah memasukkan versi GPT penghasil tks OpenAI yang tidak diketahui ke dalam Word. Teknologi tersebut hadir dalam bentuk tools otomatis.

microsoft office chatgpt
Sumber: Search Engine Journal

Tidak hanya itu, Microsoft kabarnya juga telah menggunakan teknologi GPT OpenAI untuk meningkatkan hasil pencarian Outlook. Dengan begitu, pengguna bisa menemukan apa yang mereka cari tanpa perlu pakai kata kunci dalam email.

Hasilnya gimana? Menurut kabar yang beredar, teknologi tersebut sudah bisa merekomendasikan balasan email. Teknologi AI tersebut juga bisa merekomendasikan perubahan dokumen untuk meningkatkan kualitas teks pengguna Word.

Sayangnya sampai sekarang belum jelas, apakah Microsoft berencana untuk meluncurkan fitur ini atau tidak. Kita tunggu saja kabar resmi dari Microsoft ya.

Baca Juga:  Microsoft Rencanakan Xbox Mobile Game Store, Siap Tarung Lawan Apple & Google

Walau begitu, kalau Microsoft Office ChatGPT benar-benar jadi dirilis, fitur ini bakal memberikan manfaat yang cukup besar. Apalagi untuk pengguna Microsoft Outlook. Kenapa begitu?

Soalnya Outlook nanti jadi bisa menyusun semua email berdasarkan kueri sederhana. Contohnya Outlook menulis email ke rekan kerjamu yang isinya menjelaskan kalau kamu sedang nggak sehat.

Nah pesan tersebut bisa ditulis Outlook setelah kamu menuliskan kueri yang isinya, ‘tulis email ke tim saya yang menjelaskan kalau saya sedang sakit.’

Nggak pakai lama, email dengan pesan sesuai kueri bakal langsung dikirim ke rekan kerjamu. Kamu nggak perlu repot-repot mengirim email lagi deh. Cukup menarik kan?

Di sisi lain, Microsoft gosipnya tidak hanya mengembangkan fitur ini untuk produk Microsoft Office. Dengar-dengar Microsoft juga berencana meluncurkan teknologi AI ChatGPT versi Bing. Teknologi tersebut diharapkan bisa membantu menjawab permintaan pencarian oleh pengguna.

Fitur tersebut konon akan tersedia paling cepat Maret 2023. Hadirnya fitur ini diharapkan bisa membuat Bing jauh lebih unggul dari Google Search besutan Google.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]