Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor Versi Baru Nintendo Switch Bakal Rilis September/Oktober 2021

Indri Penulis

Setelah muncul berbagai rumor, gosip terbaru mengatakan kalau versi baru Nintendo Switch bakal rilis antara September/Oktober. Simak info lengkapnya berikut ini.

Nintendo Switch memulai debut perdananya pada 3 Maret 2017. Awalnya, banyak orang yang pesimis dengan kosol hybrid tersebut. Tapi Nintendo Switch akhirnya berhasil membuktikan kesuksesannya, terbukti dengan angka penjualan yang mencapai puluhan juta unit.

Setelah debut cukup lama, ada desas desus kalau Nintendo Co. bakal ganti Nintendo Switch ke versi yang lebih baru. Sebelumnya pernah ada kabar yang menyebutkan kalau Nintendo Switch baru bakal mendukung layar OLED Samsung beresolusi 4K dan NVIDIA DLSS.

Kini Bloomberg menyatakan rumor terbaru yang lebih fokus ke ‘perkiraan rilis’ Nintendo Switch versi baru. Konsep Switch versi baru bisa saja diumumkan pada konferensi E3 yang diselenggarakan mulai 12 Juni mendatang, bersama dengan berbagai game Switch terbaru.

Untuk proses perakitannya bakal dimulai di Kyoto pada awal Juli. Sementara produksinya bakal dilakukan antara bulan Oktober – Desember tahun ini, dengan perkiraan rilis publik antara bulan September – Oktober 2021 (rumor sebelumnya cuma mengatakan konsol rilis akhir 2021, belum diketahui bulannya).

Semoga saja proses produksi calon konsol anyar ini tak akan mengalami kendala serius. Bagaimana pun juga, masalah seperti kekurangan perangkat semikonduktor telah memengaruhi banyak pasokan seperti smartphone hingga konsol game (termasuk Switch itu sendiri).

Di sisi lain, konsol anyar ini juga diprediksi bakal dibanderol dengan harga lebih mahal (versi saat ini $299). Ada beberapa faktor yang diduga menyebabkan konsol anyar ini tambah mahal.

Pertama adalah harga komponen masa kini yang kian mahal. Selain itu, biaya tenaga kerja yang meningkat di China kemungkinan juga bakal bikin harga Nintendo Switch baru melonjak.

Yah, mau bagaimana pun juga, Nintendo Switch sepertinya memang harus ganti dengan versi lebih baru. Apalagi Nintendo sekarang harus bersaing dengan gempuran rivalnya Sony (dengan PlayStation 5) dan Microsoft (dengan Xbox Series X).

Bayangkan saja, kedua konsol anyar ini mampu meningkatkan ketepatan visual, kecepatan, dan kinerja yang jauh lebih oke dibanding pendahulunya.

Jadi kalau Nintendo Switch masih dengan spesifikasi yang ‘itu-itu’ saja, bisa diprediksi kalau mereka bakal ketinggalan jauh dengan pesaingnya dan ditinggalkan penggemarnya (terutama yang pingin punya konsol lebih canggih).