Rumor Samsung Galaxy Note 9: Desain, Spesifikasi, dan Fitur

render samsung galaxy note 9
Anom Penulis

Samsung Galaxy Note 9 sebentar lagi dirilis. Seperti biasa, sudah mulai bermunculan rumor tentang handphone flagship kedua Samsung ini. Apa saja rumor Samsung Galaxy Note 9 yang bisa kita ketahui? Yuk kita intip.

Samsung Galaxy Note merupakan handphone flagship dengan kelas tersendiri. Lini ini punya fitur yang tidak dimiliki oleh handphone flagship lain. Yaitu dukungan pena stylus.

Selain itu, seri Note biasanya memiliki teknologi terbaru dan tercanggih. Hal ini dimungkinkan karena biasanya Samsung merilis Galaxy Note di kuartal ketiga (melewati tengah tahun), di saat teknologi baru tahun itu sudah lebih stabil.

Namun, Samsung juga punya kebiasaan memiliki pola tik tok. Inovasi yang dilanjutkan dengan penyempurnaan tanpa perubahan radikal. Perubahan sudah terjadi di seri 8. Seperti juga Samsung Galaxy S9 yang menjadi tok dari tik Samsung Galaxy S8, kelihatannya begitu juga dengan Note 9 yang akan menjadi tok dari tik Samsung Galaxy Note 8.

Desain

Berbagai bocoran memang sudah muncul. Secara umum — seperti sudah disebut — tidak ada perubahan radikal di sana. Namun tetap ada yang menarik.

Salah satu rumor Samsung Galaxy Note 9 soal desain yang muncul adalah tentang ukuran bingkai yang semakin tipis. Terutama di bagian atas dan bawah. Di samping itu, semua relatif mirip dengan pendahulunya, termasuk bagian pinggir yang melengkung.

Lalu, rumor lain yang beredar menyebutkan perubahan posisi kamera ganda dan sensor sidik jari. Konfigurasi kamera ganda akan berbentuk horizontal dengan sensor sidik jari di bawahnya.

@OnLeaks dan 91mobiles bekerja sama membuat render 3D handphone ini. Render tersebut menunjukkan desain khas Note yang terkesan resmi dan profesional.

rumor samsung galaxy note 9 sebagai render 3D
Render Samsung Galaxy Note 9

Render tersebut memang saling melengkapi dengan bocoran lain. Sempat pula beredar foto layar depan Samsung Galaxy Note 9 dan jelly case untuk handphone ini.

Ice Universe, yang sering memberi bocoran akurat soal Samsung, mengunggah foto keduanya lewat Twitter. Bocoran panel layar Note 9 memang menunjukkan bingkai yang lebih tipis. Sedangkan bocoran jelly case menunjukkan posisi kamera belakang dan sensor sidik jari.

bocoran layar dan aksesoris samsung galaxy note 9

Sehubungan dengan bocoran jelly case, netizen sempat heboh dengan penampakan yang terlihat seperti tombol tambahan (lihat di bawah jempol). Spekulasi menyebutkan kalau tombol itu merupakan tombol fisik kamera. Namun @OnLeaks memyatakan kalau tonjolan itu hanyalah bagian dari jelly case untuk menyantolkan tali alias strap. Ice Universe juga menyatakan hal yang sama.

Spesifikasi

Walau belum ada bocoran soal spesifikasi utama, namun hampir semua pengamat yakin kalau Samsung Galaxy Note 9 akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 atau Exynos 9810. Selain itu, rumor juga menyebutkan bahwa Note 9 akan mendapat perkembangan di sisi kamera, tetap dilengkapi dengan S Pen, USB C, dan colokan audio 3,5 mm.

Soal spesifikasi, Ice Universe juga memberi bocoran soal baterai. Ia menyebutkan lewat Twiiter, kalau Note 9 akan memiliki baterai berkapasitas 4000mAh.

Fitur

Lagi-lagi, Ice Universe memberi beberapa bocoran soal fitur Samsung Galaxy Note 9. Ia menyebutkan bahwa handphone ini akan hadir dengan Samsung Experience 9.5 berdasar Android 8.1 Oreo dan Bixby 2.0.

Skin Android Samsung Touch Wiz dulu sering dicaci karena tidak efisien. Namun semua berubah dengan Samsung Experience. Jadi tidak heran kalau Samsung mengembangkannya lebih jauh lagi beserta asisten virtual andalannya.

Rumor Lain

Selain rumor yang ada di atas, juga ada beberapa rumor Samsung Galaxy Note 9 lain yang beredar. Tapi rumor ini nampak kurang kuat.

Yang pertama adalah sensor sidik jari di layar. Dengan hadirnya Vivo X21 dan Vivo NEX, harapan bahwa Samsung akan menggunakan sensor sidik jari di layar semakin melambung. Memang, seperti yang disebut oleh Ice Universe: “Notch bukanlah masa depan, kamera mekanik juga bukan masa depan. Semua akan ada di layar.” Tapi kelihatannya hal ini tidak akan hadir di Note 9.

Lalu ada juga bocoran tentang paten Samsung yang menampilkan layar kedua di bagian belakang handphone (dari Mobiel Kopen). Walau spekulasi menyebutkan kemungkinan untuk Note 9, tapi publikasi dari kantor paten Amerika USPTO pada tanggal 19 Juni 2018 menunjukkan waktu yang terlalu pendek.

Selain itu, paten bukanlah jaminan bahwa suatu fitur atau desain akan segera hadir. Bisa saja paten itu baru dipakai pada beberapa waktu mendatang.

bocoran paten samsung
Bocoran paten Samsung dari Mobiel Kopen

Itulah beberapa rumor Samsung Galaxy Note 9 yang sudah beredar. Oh, kamu ingin tahu harganya? Hm, bocoran lain menyebutkan kalau harga Samsung Galay Note 9 ada di kisaran $950. Apple sudah membuktikan kalau orang mau membeli handphone seharga $999. Lalu kenapa Samsung tidak seperti itu?

    %d blogger menyukai ini: