Rumor: Samsung Galaxy S dan Note Akan Menjadi Satu

mockup samsung galaxy s10 pen
ilustrasi Samsung Galaxy S10 Plus dengan S Pen
Anom Penulis

Rumor Galaxy S10 sebelum ini menyebutkan kalau handphone flagship itu akan punya 3 varian. Kabar terbaru menyebutkan kalau Samsung Galaxy S dan Note akan bergabung jadi satu lini produk.

Saat ini, Samsung memang memiliki beberapa varian smartphone papan atas. Ada Samsung Galaxy S9 dan S9+ dengan Samsung Galaxy Note 9 yang akan segera dirilis. Samsung mulai memperkenalkan seri S dengan varian “plus” di Samsung Galaxy S6 Edge+ pada tahun 2015. Seiring berkembangnya waktu, perbedaan seri S dengan “plus” dan seri Note semakin tipis.

Biasanya Galaxy Note selalu mendapat “keuntungan” karena menggunakan spesifikasi paling mutakhir, layar lebih besar, dan bisa digunakan dengan pena stylus (S Pen). Namun saat ini perbedaan terbesar hanya ada di pena stylus. Dari sisi ukuran misalnya, Galaxy S9+ memiliki besar layar 6,2 inci, sedangkan Galaxy Note 8 memiliki ukuran layar 6,3 inci.

Menurut situs web The Bell, Samsung sudah mempertimbangkan penggabungan kedua seri ini selama satu tahun lebih. Diskusi soal ini sampai sudah melibatkan beberapa rekanan bisnis Samsung lain.

Alasan utama dari penggabungan ini disebutkan adalah efisiensi produksi dan pemasaran. Dengan semakin miripnya seri S “Plus” dan Note, akan lebih efisien jika produksi dilakukan secara bersamaan. Disamping itu, penggabungan ini tidak akan memecah minat konsumen.

Kalau kita perhatikan, saat ini ada konsumen yang memilih menunggu seri Note untuk mendapat yang terbaik. Namun kalau seri Note itu tidak seperti yang diharapkan, mereka bisa berbelok ke smartphone lain. Misalnya iPhone atau Google Pixel, yang waktu rilisnya tidak berjauhan. Sementara seri S yang sudah dirilis terlebih dulu bisa dianggap sudah lebih “kuno”.

Artikel dari The Bell juga menyebutkan kalau keputusan ini belum pasti. Pro dan kontra masih berjalan seimbang. Namun Samsung Galaxy Note 9 akan jadi perangkat yang penting. Reaksi konsumen terhadap Note 9 bisa menentukan keputusan Samsung untuk menggabungkan seri Galaxy S dan Note.

Kalau penggabungan ini terwujud, Samsung Galaxy S bisa terdiri dari 3 varian: Versi standar, versi Plus dengan stylus (pengganti Note), dan versi “murah”. Komposisi seperti ini bisa lebih bersaing dengan 3 varian iPhone, sesuai rumor.

    %d blogger menyukai ini: