Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Rumor: Vivo Nex Baru Punya Rasio Layar ke Bodi Lebih Dari 100%

bagian belakang vivo NEX
Anom Penulis

Layar bezel-less masih menjadi obsesi produsen smartphone. Vivo nampaknya akan membuat kejutan lagi. Kabarnya, smartphone Vivo Nex terbaru akan punya rasio layar ke bodi lebih dari 100%.

Usaha menyajikan layar bezel-less sudah melalui jalan panjang. Mulai dari penggunaan notch, kamera selfie pop-up, kamera selfie flip-top, lubang kamera di layar, sampai kamera selfie di balik layar.

popculture.id

Tapi kelihatannya Vivo kali ini benar-benar ingin menaklukkan bezel itu sendiri. Karena sampai sekarang, di manapun letak kamera selfie, bingkai layar tetap ada walau tipis.

Paling tidak, itulah yang terlihat dari bocoran yang diunggah oleh Ice Universe di Twitter.

Bocoran Lapisan Kaca untuk Layar

Ia mengunggah sebuah foto yang menampilkan lapisan kaca yang berbentuk melingkar, seperti membungkus bodi ponsel. Ice Universe menyebutkan kalau itu adalah layar kaca untuk Vivo Nex 3 (ia menduga untuk ponsel itu).

Lengkungan di sudut pinggir hampir 90ΒΊ dan berbentuk simetris. Di sana juga tidak ada takik notch dan tidak ada lubang kamera selfie. Tepi atas (forehead) dan bawah (chin) juga disebut sampai mentok (ia menyebutnya “top level”).

Bocoran layar Vivo (sumber: Ice Universe)

Kalau semua bagian depan dipakai untuk layar, tentunya sudah pencapai rasio 100%. Sedangkan kalau mendapat tambahan dari lengkungan di pinggir β€” seperti Samsung Galaxy S β€” maka rasionya bisa lebih dari 100%. Sekali lagi, dengan asumsi kalau lapisan kaca itu memang untuk layar.

Tradisi Inovasi Vivo

Vivo Nex sendiri merupakan lini ponsel yang kerap membawa kejutan teknologi baru. Sebelum ini, seri ini sudah menghadirkan sensor sidik jari di layar pertama dan kamera pop up pertama. Jadi mungkin tidak mengherankan kalau Vivo membawa sesuatu yang baru di lini ponsel ini.

Pertanyaannya tentu saja di mana letak kamera selfie? Hm, pilihannya kalau tidak model geser seperti Oppo Find X, kamera pop-up, ya kamera di balik layar.

Bagaimana dengan tombol di samping? Seperti tombol volume dan power? Yah, Vivo sudah menunjukkan konsep ponsel Vivo Apex tanpa tombol. Jadi mungkin saja konsep itu sudah berkembang lebih jauh. Bisa juga kalau kaca itu memang untuk Vivo Apex dan Ice Universe salah membuat asumsi.

Kalau bocoran ini benar, Vivo sekali lagi berhasil berdiri di depan untuk urusan inovasi teknologi. Harus diakui, hal itu cukup luar biasa.

    %d blogger menyukai ini: