Samsung Galaxy Tab S6 Hadir Dengan S Pen dan Keyboard Baru

samsung galaxy tab s6

Pada tanggal 31 Juli 2019, Samsung mengumumkan perangkat tablet terbaru, Galaxy Tab S6. Sebuah tablet yang dibangun untuk bisa mengembangkan proses kreativitas dan produktivitas dengan lebih baik.

Perangkat hybrid atau biasa juga disebut 2-in-1 memang sudah hadir menawarkan fungsi baru yang bisa menggantikan laptop. Begitu juga tablet terbaru Samsung ini.

Tablet ini merupakan tablet berkemampuan tinggi yang memiliki dukungan pena stylus, kinerja ala komputer melalui Samsung DeX, dan cover keyboard yang dilengkapi dengan trackpad.

Tentu sudah terbayang kemampuannya. Apalagi sebelum ini juga sudah ada bocorannya. Tapi mari kita lihat sedikit lebih dekat.

Sekilas Samsung Galaxy Tab S6

Tablet ini memiliki layar 10,5 inci Super AMOLED (2560×1600) sama seperti pendahulunya S5e dan S4. Tapi bingkai layar ini sedikit lebih tipis. Walau begitu ada kamera selfie 8MP di depan.

Hal yang cukup menarik terlihat di bagian belakang. Tablet ini menggunakan kamera ganda (13MP + 5MP) dan terdapat dudukan magnetis untuk menempatkan stylus S Pen. Selain itu, Samsung mesih mempertahankan tradisi kerjasama dengan AKG untuk audio, seperti bisa terlihat di cap bagian belakang.

warna tablet samsung galaxy s6
Sumber: Samsung

Spesifikasi tablet ini pun bukan kacangan. Di dalamnya ada chipset Snapdragon 855, dengan RAM 6GB atau 8GB, dan penyimpanan 128GB atau 256GB. Kamu bisa menambahnya dengan SD card kalau mau.

Baterainya, walau mengalami penurunan kalau dibanding S4, cukup besar. Kapasitasnya 7040 mAh. Samsung menyebutkan kalau tablet ini bisa bertahan aktif selama 15 jam.

Seperti sudah disebut di atas, Samsung bekerja sama dengan AKG untuk masalah audio. Tablet Galaxy Tab S6 sendiri memiliki quad speaker dengan dukungan Dolby Atmos. Jadi, bakal mantap sebagai perangkat hiburan. Sayangnya, tidak ada colokan audio 3,5mm. Hanya ada colokan USB type-C.

Kelengkapan Tablet

Sebagai tablet hybrid, Galaxy Tab S6 memiliki fasilitas S Pen dan cover keyboard. Samsung merancang ulang keduanya agar bisa lebih memenuhi kebutuhan jaman sekarang.

S Pen sekarang mendukung fungsi sebagai kontrol jarak jauh dengan Bluetooth. Fungsi ini, yang disebut Air Action ,bisa dipakai untuk memotret selfie, merekam video, dan menelusuri berkas media. Selain itu, pena ini juga sudah mendukung pengisian daya nirkabel alias wireless charging.

samsung galaxy tab s6 dengan s pen
Sumber: Samsung

Cover keyboard tablet ini sekarang memiliki trackpad seperti layaknya laptop. Hal ini akan membantu kinerja saat dalam mode DeX. Begitu juga kehadiran tombol function baru di tuts keyboard.

Cover ini sendiri terdiri dari dua bagian. Yang pertama merupakan keyboard yang akan terpasang secara magnetis, dan yang kedua adalah sandaran tablet di bagian belakang (bisa terpasang terus).

Sumber: Samsung

Tablet Samsung Galaxy Tab S6 tersedia dalam pilihan warna Mountain Gray, Rose Blush, dan Cloud Blue. Tablet ini akan mulai tersedia akhir Agustus di wilayah tertentu.

Untuk informasi yang lebih detil, silakan kunjungi situs resmi Samsung. Jangan lupa juga, ada Samsung Galaxy A80 edisi Blackpink yang tersedia terbatas di awal bulan Agustus ini.