Samsung Akan Mengumumkan Sensor ISOCELL Baru

sensor samsung isocell

Kabar soal sensor 64MP masih panas. Namun kelihatannya kabar itu tidak akan menjadi dingin. Samsung bersiap membuat kejutan dengan sensor kamera ISOCELL yang lebih baru.

Pada bulan Mei 2019, Samsung mengumumkan sensor ISOCELL Bright GW1 sebesar 64MP. Pengumuman itu terjadi ketika adaptasi pada sensor 48MP sedang berlangsung.

Tidak lama kemudian, beberapa merk smartphone pun dengan segera bersiap memakai sensor tersebut. Sudah ada Xiaomi / Redmi dan Realme yang berencana merilis ponsel dengan sensor 64MP tersebut.

Samsung sendiri saat ini juga masih hangat menjadi pembicaraan. Mereka baru saja mengumumkan beberapa produk terbaru. Mulai dari tablet Galaxy Tab S6, smartwatch Galaxy Watch Active 2, laptop Galaxy Book S, dan tentu saja smartphone Galaxy Note 10.

Akan Ada Berita Besar

Namun gerak Samsung kelihatannya masih belum melambat. Akun Samsung ISOCELL di Twitter menggoda dengan pemberitahuan bahwa mereka akan mengumumkan sesuatu yang besar pada tanggal 12 Agustus 2019.

Bersama tweet tersebut, hadir sebuah gambar ilustrasi sensor dengan tulisan “Resolution Redefined”.

Hal ini jelas menarik. Karena ketika Xiaomi menjelaskan soal pemakaian sensor kamera 64MP tersebut, mereka juga memberi teaser tentang sensor sebesar 108MP dari Samsung.

Tentu saja pertanyaan yang muncul adalah apakah berita besar yang akan diumumkan oleh Samsung ISOCELL itu memang sensor 108MP tersebut?

Bisa jadi dan sangat masuk akal. Walau di sisi lain, ada juga hal yang mengganjal. Kalau mereka mengumumkan sensor itu, bagaimana dengan adaptasi smartphone pada sensor 64MP? Rasanya perkembangan berjalan terlalu cepat.

Misteri Samsung

Toh ada lagi hal yang lebih menarik. Kalau kamu perhatikan, merk smartphone yang pertama — juga kedua — yang mengumumkan pemakaian sensor 64MP adalah merk lain. BUKAN smartphone Samsung sendiri.

Tidak sedikit yang mempertanyakan hal itu (bisa kamu lihat di thread Twitter dari tweet di atas). Tidak sedikit juga spekulasi muncul. Bagaimanapun, hasil foto smartphone flagship Samsung masih termasuk yang terbaik.

Ah, pepatah mengatakan “jangan meletakkan kuda di depan kereta”. Kita hanya bisa berasumsi. Selebihnya mungkin hanya Samsung yang tahu. Mungkin, jawabannya akan muncul ketika Samsung ISOCELL mengumumkan berita besar tersebut.