Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Shopee, Tokopedia dan Aplikasi iOS Lainnya Down! Ini Penyebabnya

Indri Penulis

Beberapa aplikasi di perangkat iOS seperti Shopee, Tokopedia dan aplikasi lainnya tiba-tiba down. Rupanya, inilah hal yang menyebabkan aplikasi itu down.

Jumat, 10 Juli 2020 lalu, sejumlah aplikasi di perangkat iOS tiba-tiba down. Banyak pengguna melaporkan kalau mereka tidak bisa membuat aplikasi Spotify, TikTok, dll.

popculture.id

Di Indonesia juga sempat ada beberapa aplikasi iOS yang tiba-tiba down. Beberapa yang down di Indonesia adalah aplikasi e-commerce lokal seperti Shopee dan Tokopedia. Aplikasi lain seperti Pinterest dan Tinder juga ikut bermasalah.

Walau saat ini beberapa aplikasi sudah tidak down, tapi kalian mungkin masih penasaran. Kira-kira apa yang menyebabkan aplikasi di perangkat iOS tiba-tiba down.

Penyebab Aplikasi iOS Tiba-tiba Down

Jadi Jumat lalu, beberapa aplikasi iOS sempat mengalami crash secara global. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang ditampilkan dari situs DownDetector.

Saat saya membuat artikel ini, aplikasi-aplikasi yang sebelumnya down di Indonesia, sekarang udah kembali berjalan normal. Misalnya seperti aplikasi Pinterest yang sebelumnya down. Ini bisa dilihat dari situs DownDetector Indonesia.

Sumber Gambar : DownDetector

Tapi kalau diperiksa lewat situs DownDetector global, hasilnya berbeda. Aplikasi-aplikasi seperti Spotify, Tinder, TikTok, dll, masih down. Sama seperti pada hari Jumat.

Sumber Gambar : DownDetector

Dikutip dari The Verge, rupanya biang keladi dari masalah ini adalah Facebook. Lebih tepatnya, sumber masalah ini berasal dari Software Development Kit (SDK) milik Facebook.

Sumber Gambar : DownDetector

Seperti yang kalian tahu, kebanyakan aplikasi saat ini memakai layanan Facebook untuk login akun pengguna. Jadi kalau ada masalah di Facebook, aplikasi-aplikasi lain juga bakal ikut bermasalah.

Kami tahu tentang masalah ini. Kami saat ini tengah menginvestigasi kesalahan teknis di SDK iOS yang menyebabkan crash,” ungkap Facebook melalui situs developer miliknya.

Sampai saat ini belum ada laporan TikTok, Spotify, atau aplikasi lainnya down dari pengguna Android atau web. Semua masih lancar tanpa hambatan. Yah, semoga saja masalah yang ada di aplikasi iOS bisa cepat diperbaiki.

    %d blogger menyukai ini: