Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Asik.. Tampilan Twitter FYP Kini Nggak Wajib, Beranda Kembali Tampilkan Postingan Berdasarkan Kronologi

tampilan twitter fyp
Gambar Oleh: Twitter Blog
Indri Penulis

Setelah sebelumnya diwajibkan, sekarang tampilan Twitter FYP nggak wajib buat pengguna. Pengguna bisa mengatur tampilan beranda sesuai selera.

Twitter For You adalah fitur terbaru yang hadir pada awal Januari 2023. Punya cara kerja seperti FYP TikTok, Twitter For You adalah fitur yang menampilkan postingan rekomendasi algoritmik di beranda Twitter.

Setelah fitur tersebut meluncur, nggak sedikit pengguna Twitter yang kecewa. Soalnya mayoritas pengguna Twitter lebih suka melihat postingan orang yang mereka follow, bukannya postingan rekomendasi yang sifatnya algoritmik.

Tapi ada kabar bagus buat para pengguna Twitter. Soalnya sekarang Twitter FYP sekarang nggak wajib buat pengguna. Pengguna Twitter bisa mengatur tampilan postingan sesuai selera mereka.

Tampilan Twitter FYP Tidak Diwajibkan Lagi

Sejak adanya Twitter For You, setiap kali pengguna Twitter membuka aplikasi, mereka akan langsung diarahkan ke halaman For You. Nah di halaman tersebut,pengguna bisa melihat rekomendasi postingan yang disusun secara algoritmik.

Walaupun begitu, pengguna Twitter juga masih dibekali opsi tampilan default. Saat mengaktifkan opsi tampilan default, tampilan postingan beranda akan kembali seperti semula. Yakni menampilkan postingan orang yang di-follow.

Nah baru-baru ini, CEO Twitter, Elon Musk bikin sebuah cuitan di akun Twitter-nya (via The Verge). Lewat cuitan itu, Musk mengatakan kalau mulai sekarang tampilan Twitter FYP nggak diwajibkan lagi.

tampilan twitter fyp
Gambar Oleh: Tangkapan Layar Twitter/Elon Musk

Sekarang saat pengguna membuka aplikasi, mereka akan langsung diarahkan ke postingan orang-orang yang di-follow. Selain itu susunan postingan juga bakal diatur sesuai kronologi / waktu upload.

Selain itu sejak rilisnya tampilan UI terbaru Twitter, tombol opsi untuk mengatur tampilan postingan di beranda juga hilang. Kalau sebelumnya pengguna bisa menekan tombol opsi postingan berdasarkan algoritmik atau kronologi, sekarang tombol tersebut sudah lenyap.

Baca Juga:  Uji Coba Dimulai, Tombol Edit Twitter akan Tampilkan Riwayat Editan Tweet

Sebagai gantinya, kini pengguna hanya perlu menggeser slider untuk mengatur opsi tampilan postingan. Tapi secara default saat membuka aplikasi, pengguna Twitter tetap akan diarahkan ke postingan kronologi.

Di sisi lain, hadirnya tampilan Twitter For You bukan tanpa sebab. Kalau dilihat dari konsepnya, sepertinya Twitter coba meniru konsep TikTok FYP.

Yah seperti yang kita tahu, TikTok FYP adalah halaman beranda TikTok yang menampilkan rekomendasi postingan yang disusun secara algoritmik. Itu artinya setiap kali pengguna membuka halaman beranda, urutan dan jenis postingan yang mereka lihat akan terus berubah.

Kalau menurut saya pribadi, konsep FYP mungkin asik-asik aja buat TikTok. Soalnya kita jadi bisa nonton video viral besutan kreator yang bahkan mungkin nggak di-follow.

Tapi kalau konsep FYP dipakai di Twitter, menurut saya kok kurang masuk ya. Soalnya mayoritas pengguna Twitter (termasuk saya) lebih suka melihat cuitan orang-orang yang di-follow.

Apalagi sejak awal konsep media sosial Twitter dan TikTok memang berbeda. Twitter biasa dipakai orang untuk menuangkan pemikiran mereka. Sedangkan TikTok makin ke sini lebih ke platform untuk ‘mencari hiburan.’ Gimana menurutmu?


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]