Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple WWDC 2021: Tanggal, Waktu & Rumor Produk yang Bakal Muncul

Indri Penulis

Apple resmi umumkan tanggal acara WWDC 2021. Kapan Apple WWDC 2021 dimulai dan produk apa saja yang bakal muncul di sana?

Worldwide Developers Conference (WWDC) adalah acara tahunan yang diadakan Apple, buat kepentingan mitra pengembangnya (orang-orang yang membuat perangkat lunak buat iPhone, Mac dan platform Apple lainnya).

Acara ini biasanya berlangsung selama seminggu. Tapi biasanya hari pertama, Tim Cook dan staf Apple lainnya bakal muncul dalam presentasi utama. Mereka bakal mengumumkan pembaruan perangkat lunak utama (bisa versi berikutnya iOS, iPadOS, macOS, dll).

Maka dari itu, acara ini sangat penting buat pengembang aplikasi. Tapi buatmu pemilik sekaligus penggila produk Apple, boleh juga nonton acara ini. Kebetulan Apple telah mengumumkan tanggal penyelenggaraan Apple WWDC 2021.

Detil Acara Apple WWDC 2021

Apple secara resmi telah mengumumkan tanggal WWDC 2021. Seperti yang dirumorkan sebelumnya, acara ini bakal berlangsung dari tanggal 7 – 11 Juni 2021.

Sama seperti tahun lalu, Apple kali ini menyelanggarakan WWDC 2021 secara online. Video presentasi bisa kamu tonton lewat situs web apple.com, aplikasi Apple Developer, aplikasi Apple TV dan YouTube.

Apple wwdc 2021

Berikut ini daftar acara lengkap beserta tanggal dan waktunya:

  • Apple Keynote – Bakal diadakan 7 Juni 2021 pukul 10.00 waktu setempat. Acara ini dipakai buat mengumumkan OS baru di platform Apple. Biasanya yang presentasi adalah Tim Cook dan staf Apple.
  • Platform State of the Union – Dimulai 7 Juni 2021 pukul 14.00 waktu setempat. Lewat acara ini, Apple bakal memberi tips bikin aplikasi yang lebih baik buat pengembang.
  • Apple Design Awards – Digelar 10 Juni 2021 pukul 14.00 waktu setempat. Acara ini dipakai untuk merayakan seni kreatif, skilldan pencapaian teknis dari pengembang Apple.
  • Access to Experts – Dimulai pada 8 Juni 2021. Di sini, pengembang bisa konsultasi dengan para ahli dari Apple tentang alat dan teknologi terbaru untuk bikin aplikasi generasi berikutnya. Video sesi ini bakal diunggah setiap hari.
  • Special Events – Acara ini dibikin buat merayakan pengembang dan menyatukan komunitas. Kegiatannya beragam seperti coding challenge, design challenge, sharing dari bintang tamu, dll.
  • Pavillions – Lewat sesi ini, pengembang aplikasi Apple bisa memilih topik pembahasan sesua keinginan mereka. Ada beberapa topik yang dibahas di sesi ini seperti SwiftUI, Developer Tools, Accessibility & Inclusion, dll (sesi ini eksklusif di aplikasi Apple Developer).
Baca Juga:  Mengenal Continuity Perangkat Apple (iPhone, iPad, Mac, Apple Watch)

Oya sebelum acara di atas dimulai, pada tanggal 1 Juni Apple juga bakal mengumumkan pemenang Swift Student Challenge. Kontes ini telah digelar sejak 30 Maret – 18 April 2021.

Untuk info tambahan buat acara WWDC 2021 bakal dibagikan Apple pada tanggal 7 Juni di aplikasi Apple Developer.

Produk yang Diharapkan Ada di Apple WWDC 2021

Berkaca dari acara tahun 2020, Apple membahas semua hal baru yang ada di ekosistem mereka seperti iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dll.

Jadi kemungkinan di acara tahun ini kita bakal melihat Apple mengumumkan iOS 15, iPadOS 15, macOS 12, watchOS 8, dan tvOS 15.

Di sisi lain, Apple tahun lalu juga mengumumkan peralihan dari chipset berbasis Intel ke Apple Silicon (chipset bikinan Apple). Jadi rasanya ada kemungkinan kalau Apple bakal mengumumkan varian baru dari chipset M1 (diprediksi namanya adalah M1X atau M2).

Yah, meskipun acara tahun ini ‘terpaksa’ diadakan secara online, tapi ada keuntungannya juga lho. Selain nggak perlu berdesakan, semua orang juga bisa menonton acara dengan aman dari rumah. Apalagi ditambah efek visual yang mengagumkan, membuat acara Apple WWDC 2021 benar-benar layak untuk ditunggu.