12 Theme Song Film Paling Terkenal

bernard hermann yang sering membuat theme song film berkolaborasi dengan orson welles
Anom Penulis

Ada beberapa theme song film yang begitu ikonik. Sampai-sampai ketika kita mendengarnya, kita langsung tahu film apa itu. Lebih dari itu, kadang kita terbawa nuansa film tersebut. Entah nostalgia, heroisme, mellow, dll.

Ada juga yang kita tahu lagunya, tapi kita tidak tahu filmnya. Yang kita tahu, lagu itu kita kenal. Yah, minimal kita tahu tokohnya.

Kami akan mengajak kalian merayakan beberapa theme song film ikonik (kalau tidak mau menyebut legendaris) yang sudah terkenal. Bahkan mungkin lintas generasi. Eh theme song sama soundtrack film beda ya…

Mungkin ada di antara theme song film ini yang sudah kamu kenal. Mungkin ada juga yang belum. Tapi inilah lagu tema yang paling terkenal atau ikonik sejauh ini.

Theme from Superman (Main Title)

Ya, Superman. Siapa yang tidak kenal superhero satu ini? Lagu khas Superman ini hadir pertama kali di film Superman pada tahun 1978. Lagu tema ini digubah oleh John Williams, dan aslinya digarap oleh London Symphony Orchestra.

Nanti kamu akan sering membaca nama John Williams.

Hedwig’s Theme (Harry Potter)

Theme song Harry Potter juga sangat ikonik. Saat mendengar lagunya kita pasti langsung teringat filmnya. Lagu tema ini berjudul Hedwig’s Theme, dan digubah oleh John Williams.

Hedwig’s Theme hadir sebagai “Prologue” dan lagu akhir di soundtrack film Harry Potter and the Sorcerer Stone (2001). Bagian lagu ini kemudian sering disisipkan di musik latar film Harry Potter berikutnya, termasuk berbagai video game. Akhirnya lagu ini menjadi lagu tema Harry Potter secara umum.

Star Wars (Main Title)

Star Wars (Main Title) adalah lagu tema utama dari dunia Star Wars. Lagu ini digubah oleh John Williams dan digarap oleh London Symphony Orchestra pada tahun 1977 (direkam hanya dalam waktu 12 hari).

Yang menarik, lagu ini punya versi disco berjudul Star Wars Theme / Cantina Band. Lagu garapan Meco ini sempat lebih populer dari lagu aslinya.

James Bond Theme

Tidak hanya sekedar sebagai musik tema, James Bond Theme menjadi identitas film mata-mata Inggris ini. Lagu ini hadir di semua film James Bond, sejak film pertama Dr. No (1962). Lagu ini digubah oleh Monty Norman (sempat ada sengketa dengan John Barry soal ini).

The Raider’s March (Indiana Jones Theme)

Lagu The Raider’s March hadir pertama kali di film Indiana Jones: Raiders of the Lost Ark (1981) buatan Steven Spielberg. Sejak itu, lagu ini selalu muncul di setiap film Indiana Jones, termasuk The Young Indiana Jones Chronicles. Lagu ini digubah—lagi-lagi—oleh John Williams.

The Magnificent Seven

Mungkin kamu lebih kenal dengan film The Magnificent Seven baru dengan Denzel Washington dan Chris Pratt sebagai bintangnya. Tapi film The Magnificent Seven yang dirilis tahun 1960 (diinspirasi oleh Shichinin No Samurai / Seven Samurai karya Akira Kurosawa) punya lagu tema yang sangat ikonik.

Lagu tema ini digubah oleh Elmer Bernstein. Lagu ini kemudian hadir di banyak film lain, termasuk film James Bond Moonraker dan film dokumenter Fahrenheit 9/11. Tapi yang membuatnya begitu populer adalah penggunaannya di iklan rokok Marlboro.

Speak Softly, Love (The Godfather)

The Godfather sering dianggap sebagai film terbaik sepanjang masa. Lagu tema film ini berjudul Speak Softly, Love dan digubah oleh Nino Rota (lirik oleh Larry Kusik). Pertama kali digunakan sebagai musik instrumental dengan judul Love Theme from The Godfather. Lagu ini pun kemudian menjadi hit lagu populer.

Banyak penyanyi membawakan lagu ini. Yang paling terkenal tentu saja versi Andy Williams. Tapi musisi hip-hop RZA dari Wu Tang Clan juga pernah membuat sample lagu ini.

He’s A Pirate (Pirates of the Caribbean Theme Song)

He’s A Pirate merupakan lagu yang digubah oleh Klaus Bendelt dan Hans Zimmer. Lagu ini muncul di bagian akhir (credit title) film  Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl. Lagu ini juga muncul di semua film Jack Sparrow lainnya.

Yang menarik, lagu ini memiliki banyak versi remix. Disney merilis album khusus untuk remix He’s A Pirate. DJ yang paling terkenal adalah Tiesto. Ia bahkan merilis single terpisah (dari Disney) pada tahun 2006.

Chariots of Fire Theme

Film Chariots of Fire (1981) mungkin sudah tidak begitu dikenal saat ini. Tapi film yang bercerita soal atlit lari Olimpiade Eric Liddell dan Harold Abrahams ini punya lagu yang terkenal.

Lagu Chariots of Fire digubah oleh Vangelis. Seiring waktu, lagu ini sering digunakan di berbagai film, program TV, dan acara olahraga. Lagu Chariots of Fire juga dipakai Steve Jobs saat memperkenalkan komputer Macintosh pertama pada tahun 1984 (juga pada perayaan 100 hari rilis Macintosh).

Theme from Jurassic Park

Jurassic Park adalah sebuah film karya Steven Spielberg yang menggebrak dunia perfilman di tahun 1993. Terutama karena teknologi digital imaging-nya.

Lagu Theme from Jurassic Park muncul di adegan ketika Dr. Alan Grant (Sam Neill) dan Dr. Ellie Sattler (Laura Dern) melihat Brachiosaurus di taman purbakala tersebut. Walau ada beberapa versi lain lagu ini, nada utamanya menjadi tema film Jurassic Park keseluruhan, termasuk film Jurassic World pada tahun 2015. Oya, lagu ini dibuat oleh John Williams.

The Good, the Bad, and the Ugly Theme Song

Kalau kamu sering mendengar orang bicara tentang film koboi dan meniru suara “uwiuwiuuu…”, itulah bagian dari theme song film The Good, The Bad, and The Ugly. Film tersebut merupakan produksi tahun 1966, karya Sergio Leone. Film ini dibintangi oleh Clint Eastwood. Theme song film ini digubah oleh Ennio Morricone.

Bagian lagu ini sering digunakan di film, acara TV, atau lagu lain. Seperti Gorrilaz (Clint Eastwood),  iklan rokok Camel, iklan mobil Nissan, juga di iklan susu Dancow di Indonesia (edisi “Jadi Koboi”, 2015).

The Imperial March (Darth Vader Theme)

Lagu ini memang bukan lagu tema utama. Tapi tidak kalah terkenal dan mungkin lebih ikonik daripada lagu tema Star Wars itu sendiri. Walau berjudul The Imperial March, lagu ini sering digunakan ketika Darth Vader hadir (pernah juga untuk Palpatine).

The Imperial March pertama kali muncul di film Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back. Pertama—tidak begitu kentara—ketika ada droid mencari Luke Skywalker, dan berikutnya secara megah saat Darth Vader muncul di layar. Tapi—menurut saya—yang paling dramatis adalah di Star Wars: Episode III – The Revenge of the Sith ketika Anakin Skywalker lahir kembali sebagai Darth Vader.

    %d blogger menyukai ini: