Tips Menghemat Baterai iPhone Agar Tetap Awet

iPhone selalu meningkatkan daya tahan baterai pada setiap produk mereka. Jika Anda pengguna iPhone, tentu perlu mengetahui bagaimana cara menghemat baterai agar bisa awet. Apalagi kalian yang sudah rela mengeluarkan budget untuk membayar ​harga iPhone ​yang lumayan tinggi, tentu kedepannya kalian tidak ingin daya baterai cepat habis.

Namun tips di bawah ini akan kompatibel pada iPhone dengan iOS 10, baik itu iPhone 7, iPhone 6, iPhone 5, atau ipad. Selain itu sebagian besar tipsnya juga akan bekerja pada iOS 7, 8, dan 9. Tentu ini akan menjadi info penting bagi kalian yang sering mengalami masalah baterai habis ketika saat-saat penting. Berikut adalah beberapa tips menghemat baterai iPhone agar tidak cepat habis.

Tidak usah menghentikan aplikasi

Biasanya para pengguna iPhone akan segera menghentikan aplikasi ketika sedang tidak digunakan. Karena memang aplikasi yang dihentikan tidak akan menyedot baterai dari latar belakang. Namun ternyata cara ini kurang tepat, karena saat kalian menghentikan aplikasi, maka akan membebaskan RAM. Sehingga nanti ketika membuka aplikasi kembali, iPhone harus memuat kembali memori.

Sebenarnya menghentikan ataupun menutup aplikasi tidak memiliki pengaruh apapun pada daya tahan baterai. Maka dari itu, kalian tidak perlu repot-repot menghentikan aplikasi ketika sedang tidak menggunakannya.

Menghapus aplikasi yang boros baterai

Kalian bisa mengecek daftar aplikasi apa saja yang boros baterai pada menu battery usage, ini berlaku untuk iOS 10, 9, dan 8. Caranya yaitu dengan membuka settings, lalu general, lalu battery, dan scroll ke bawah untuk mengetahui apa saja aplikasi yang paling banyak menyedot baterai selama masa pemakaian iPhone.

Kalian juga bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan dan tidak begitu penting fungsinya. Atau bisa mencari aplikasi dengan fungsi yang sama, namun lebih hemat dalam penggunaan baterai. Mengingat ​harga iPhone ini tidak murah, pastikan kalian tidak mengabaikan kehati-hatian saat mengoperasikannya, termasuk dalam memperhatikan jenis aplikasi prioritas yang digunakan.

Menghapus Aplikasi Facebook

Salah satu aplikasi yang sangat boros baterai adalah Facebook. Sudah menjadi rahasia umum, jika Facebook adalah aplikasi yang terkenal boros baterai untuk iOS maupun android. Pihak Facebook sendiri sudah mengakui jika aplikasi mereka di iOS memerlukan banyak sumber daya di latar belakang.

Jika kalian menghapus aplikasi Facebook, maka bisa menghemat baterai iPhone hingga 15 persen. Namun jangan khawatir, karena tetap bisa mengakses aplikasi ini melalui browser safari.

Mematikan AirDrop

AirDrop adalah fitur iPhone yang butuh koneksi bluetooth dan berfungsi untuk mentransfer file ke iPhone terdekat dengan fitur AirDrop yang harus aktif pula. Fitur satu ini termasuk boros dalam pemakaian baterai. Jadi, pastikan kalian sudah mematikan fitur AirDrop ini dan hanya menghidupkannya ketika dibutuhkan saja.

Menonaktifkan Spotlight

Spotlight yang ada pada sistem iOS terus bekerja untuk mengindeks data sehingga bisa dengan mudah mendapatkan apa yang diinginkan.

Namun fitur spotlight ini ternyata juga bisa membuat baterai menjadi lebih boros. Jika ingin hemat baterai, bisa menonaktifkannya di Settings – General, lalu Spotlight Search. Kalian bisa mematikan beberapa atau semua kategori yang ada.

Demikian beberapa tips untuk membuat baterai iPhone tetap awet dan tidak cepat habis. Penggunaan baterai memang menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Namun, jika kalian sudah merasa kinerja iPhone menurun dan ingin membeli yang baru, kalian bisa membelinya di layanan e-commerce seperti Bukalapak yang menyediakan berbagai tipe ​HP iPhone​, jadi kalian dapat memilih sesuai dengan yang dibutuhkan.