Tips Setelan Realme 3 dengan ColorOS 6

setelan color os 6 realme 3

Setelah punya ponsel baru, seseorang biasanya mengaturnya sesuai kebutuhan dan kesukaannya. Nah, seiring dengan pengalaman hands-on realme 3, berikut beberapa setelan ColorOS 6 yang bisa kamu lakukan.

Seperti yang pernah saya singgung, ColorOS 6 (dari OPPO) menawarkan begitu banyak setelan. Mulai dari personalisasi, perilaku sistem, sampai keamanan.

Bisa jadi kamu kurang memperhatikan saat melakukan set-up awal realme 3. Kemudian bingung ketika ada yang tidak sesuai dengan harapan (terutama kalau kamu belum pernah pakai ColorOS).

Berikut beberapa setelan realme 3 yang layak diperhatikan.

Wallpaper

Setelan wallpaper bisa kamu lakukan seperti ponsel Android lain. Yaitu tekan lama bidang kosong di layar utama/beranda, masuk ke wallpaper, dan pilih gambar.

Tapi kalau kamu mau memakai Live Wallpaper (Wallpaper Langsung) atau gambar sendiri (wallpaper Spider-Man), kamu harus masuk lebih jauh. Ada dua cara yang bisa ditempuh.

setelan wallpaper realme 3

  • Di pilihan gambar wallpaper (layar beranda), geser ke kanan sampai menemukan pilihan ‘Wallpaper Lainnya’.
  • Lewat Setelan ‘Layar Beranda’:
    • Tekan lama layar utama, pilih ‘Pengaturan’,
    • Masuk ke ‘Tetapkan wallpaper’.

Di sana kamu bisa memilih wallpaper dengan lebih bebas. Termasuk Live Wallpaper dan gambar pilihanmu sendiri. Untuk Live Wallpaper, setelah kamu memilih salah satunya, kamu bisa mengatur kecepatan animasi, zoom, dan warna. Asik.

Layar Setelan Cepat dan Pusat Notifikasi

Saat kamu menggeser jari dari pinggir atas layar, kamu akan mengakses layar Setelan Cepat dan Pusat Notifikasi. Nah, kalau kamu menggeser ke bawah sekali lagi, kamu akan melihat tombol Setelan Cepat tambahan (dari 8 jadi 12). Sedangkan kalau kamu geser ke atas, kamu akan mendapat layar Notifikasi penuh.

Setelan Cepat

Sama seperti ponsel Android lain, kamu bisa mengatur tombol apa saja yang ada di Layar Setelan Cepat. Caranya adalah dengan mengetuk ikon Saring/Filter di sebelah kiri ikon setelan yang ada di pojok kanan atas. Ubah susunan dengan tekan, tahan, dan geser tombol bersangkutan.

atur setelan cepat realme 3

Pusat Notifikasi

Di ColorOS 6 kamu bisa menandai notifikasi aplikasi sebagai sepele atau tidak penting. Dengan begitu, notifikasi ini akan disembunyikan dan tidak memenuhi Pusat Notifikasi. Kamu bisa melihatnya dengan menekan ikon kotak di sebelah kanan.

Kamu bisa mengaturnya dengan menggeser notifikasi bersangkutan ke kiri, dan menekan tombol Setelan. Setelah itu aktifkan pilihan ‘Jadikan Notifikasi Sepele’.

setelan notifikasi sepele

Oya, notifikasi dari beberapa aplikasi, seperti Pesan dan WhatsApp, akan tampil dalam bentuk ringkas. Kalau kamu ingin melihat versi utuh atau ingin membalas cepat, kamu bisa tekan tanda panah yang ada di nama aplikasi bersangkutan.

Membalas cepat juga bisa kamu lakukan dengan menekan tombol paling kanan di tampilan ringkas tadi.

pusat notifikasi realme 3

Navigasi dan Kontrol Gerakan

ColorOS 6 di realme 3 berbasis Android 9 Pie. Artinya, navigasi sudah menggunakan sistem gestur. Selain itu, ColorOS juga menawarkan beberapa alat bantu navigasi lain.

Untuk mengaturnya, kamu bisa masuk ke Pengaturan > Bantuan Praktis. Di sana ada setelan untuk masing-masing fitur.

  • Tombol Navigasi β€” Terdapat pilihan mode (tampil/sembunyikan) dan pilihan tata letak (versi baru atau lama).
  • Bola Bantu β€” Tombol navigasi seperti iOS yang mengambang di layar. Terdapat pilihan mode operasi, gestur, dan tampilan (transparansi).
  • Smart Sidebar β€” Bidang yang tersembunyi di sisi layar, berisi shortcut untuk fitur atau aplikasi pilihanmu. Pengaturan ini lebih ke perilaku sidebar (isinya kamu atur di sidebar itu sendiri).
  • Gerakan β€” Berisi pengaturan untuk gestur navigasi. Mulai dari setelan gerakan ketika layar mati, panggilan cerdas (untuk panggilan telepon), dll.

setelan tuts navigasi realme 3

Enkripsi Aplikasi

ColorOS 6 memberikan banyak setelan keamanan. Salah satunya adalah Enkripsi Aplikasi. Fitur ini akan melindungi aplikasi dengan keamanan tambahan (PIN, FaceID, sidik jari) saat dibuka.

Yang perlu diperhatikan, fitur ini juga melindungi tampilan notifikasi. Jadi, kalau kamu memasukkan WhatsApp dalam enkripsi, kamu tidak bisa melihat isi notifikasi WhatsApp atau membalas cepat. Kamu harus membuka aplikasi untuk membacanya.

kunci enkripsi aplikasi

Kamu bisa mengakses fitur Enkripsi Aplikasi ini dengan menuju Pengaturan > Keamanan > Enkripsi Apli. Pilih aplikasi dan aktifkan bisa ingin atau matikan bisa tidak.

Fitur ini memang membantu keamanan lebih. Tapi bisa menghambat dari sisi kepraktisan. Pertimbangkan sesuai apa yang kamu inginkan.

Baca juga review realme 3 dari kami.

Mohon maaf kalau sudah ada yang berubah atau berbeda. Saya sekarang memakai realme 5 Pro. Jadi harap maklum.