Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Belum Akan Bawa Touch ID Kembali ke iPhone Mendatang

Touch ID dan Face ID di iPhone
Anom Penulis

Sebelum ini sudah terdengar kabar kalau Apple mengembangkan cara untuk membawa kembali Touch ID di iPhone. Namun berdasar kabar terbaru, kelihatannya fitur otentikasi itu belum akan segera hadir.

Touch ID adalah metode otentikasi menggunakan sensor sidik jari dari Apple yang ada di tombol Home smartphone buatannya. Sejak perubahan desain yang dimulai pada iPhone X, metode otentikasi pun beralih ke pengenalan wajah, yaitu Face ID (kecuali untuk seri SE).

Akankah Touch ID Kembali?

Menurut Mark Gurman, yang ia utarakan lewat newsletter Power On, Apple memang mendiskusikan kembalinya Touch ID ke model high end.

memakai Touch Id di iPhone
Gambar: 9to5mac

Hal ini sesuai dengan rumor yang sebelumnya beredar. Rumor ini menyebutkan kalau Apple mengembangkan metode sensor sidik jari di layar iPhone. Kabar ini disebutkan baik oleh Ming-Chi Kuo, Joanna Stern, dan Mark Gurman sendiri.

Selain itu, ada pula rumor yang menyebutkan kalau Touch ID akan kembali bukan di layar, tapi di tombol Power di bagian samping. Sama seperti di iPad Air 4.

Namun rumor di atas sampai kini belum terwujud.

Mark Gurman menyatakan bahwa pada titik ini, ia percaya bahwa Apple akan bertahan dengan Face ID, dan Touch ID belum akan kembali ke iPhone. Paling tidak dalam beberapa tahun mendatang.

otentikasi Face ID di iPhone
gambar: iJunkie

Apakah Touch ID Masih Disukai?

Face ID sebagai metoke otentikasi biometrik baru memang revolusioner. Namun metode ini menghadapi tantangannya sendiri.

Sebagai contoh, pada era pandemi, ketika semua orang memakai masker, Face ID cukup sulit digunakan. Tentunya karena wajah yang tertutup. Walau Apple akhirnya memberikan solusi tersendiri untuk Face ID dengan masker.

Touch ID, di sisi lain, masih memberikan kepastian. Komputer Mac pun dengan mudah mengadaptasi sistem biometrik ini.

Baca Juga:  Rekomendasi iPhone Terbaik Yang Layak Kamu Beli (2022)

Kepastian sensor sidik jari ini pun tampak di ponsel Android. Sudah banyak merk ponsel mempertahankan otentikasi ini melalui sensor di bawah layar.

Mengingat riwayat Apple, kalau pun mereka mau membawah Touch ID ke iPhone, pastinya dengan cara yang lebih meyakinkan. Apalagi kalau itu sensor sidik jari di bawah layar.

Jadi, kalau kamu termasuk orang yang berharap Touch ID kembali ke iPhone, kamu kelihatannya harus bersabar cukup lama.