Apple Luncurkan Update iOS 15.1, Bawa Fitur SharePlay

update ios iphone

Apple sudah merilis update iOS 15.1 untuk iPhone, yang membawa fitur SharePlay yang dijanjikan. Apalagi yang hadir pada pembaruan iOS ini?

Pembaruan merupakan update besar pertama untuk iOS 15. Jadi bisa kita harapkan ada beberapa fitur yang hadir. Terutama sesuai yang dijanjikan Apple pada pengumumannya di WWDC 2021.

Nah, apa saja yang hadir di update iOS 15,1 ini?

SharePlay

SharePlay merupakan fitur integrasi FaceTime dengan aplikasi lain, sehingga pengguna bisa melakukan hal bersama secara online. Misalnya nonton film, dengar musik, atau berbagi layar. Fitur ini rencananya akan hadir saat peluncuran iOS 15, namun Apple menundanya karena belum siap.

ios facetime shareplay

Kamera (iPhone 13 Pro & Pro Max)

Kemudian ada pembaruan untuk fitur kamera di iPhone 13 Pro dan Pro Max. Yang pertama adalah rekaman video ProRes. Sedangkan yang kedua adalah setelan untuk mematikan fitur pergantian kamera otomatis ketika mengambil gambar makro baik untuk foto maupun video.

Shortcut

iOS 15.1 membawa otomatisasi baru di aplikasi Shortcut. Tindakan itu adalah menambahkan teks pada animasi GIF, juga game Siri baru.

Lossless Audio & Dolby Atmos untuk HomePod

Ketika dipasangkan dengan HomePod untuk memutar lagu, kini iPhone bisa menyajikan fitur lossless audio dan spatial audio Dolby Atmos di speaker cerdas itu. Tentu, kamu harus mengaktifkan fitur spatial audio di Apple Music.

Home

Menambahkan otomatisasi tindakan berdasar sensor yang mendukung HomeKit untuk mendeteksi kelembaban, kualitas udara, dan cahaya.

Terjemahan

Menambah bahasa Mandarin (Taiwan) pada sistem dan aplikasi Terjemahan.

Apple Wallet

Menambah kartu vaksin dalam bentuk digital di Apple Wallet. Fitur ini juga punya QR code yang bisa ditunjukkan di berbagai lokasi.

Perbaikan

Di dalam update iOS 15.1 ini juga terdapat berbagai perbaikan dan optimalisasi.

  • Perbaikan aplikasi Foto yang menunjukkan kapasitas penuh saat transfer foto dan video.
  • Perbaikan aplikasi Cuaca yang tidak menunjukkan suhu di lokasi tempat kita berada.
  • Koreksi untuk pemutaran lagu dari aplikasi ketika mengunci layar.
  • Perbaikan untuk aplikasi Wallet dengan pemakaian VoiceOver.
  • Membetulkan Wi-Fi yang tidak terbaca.
  • Optimalisasi deteksi baterai di iPhone 12 sehingga lebih akurat.

Walau merupakan salah satu update besar, mungkin tidak semua pengguna iPhone bisa menikmati semua fitur. Seperti fitur kamera yang ditujukan untuk iPhone 13 Pro dan Pro Max, atau kartu vaksin di Wallet (untungnya aplikasi PeduliLindungi sudah menyediakan versi digital).

Yah, silakan cek pembaruan iOS 15.1 ini di Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

%d blogger menyukai ini: