Xiaomi Kalahkan Apple untuk Penjualan “Wearable Band”

Tahun 2021 kelihatannya menjadi momen Xiaomi. Setelah Xiaomi jadi merek smartphone nomor satu di Eropa dan Dunia, kini mereka menunjukkan prestasi di wilayah lain. Penjualan “wearable band” Xiaomi juga menjadi nomor satu, mengalahkan Apple.

Laporan ini datang dari Canalys. Mereka menyajikan data untuk hasil pemasaran “wearable band” di dunia, yang menunjukkan peningkatan.

Istilah “wearable band” di sini merujuk pada gabungan produk smartband dan smartwatch. Gampangnya perangkat cerdas yang kamu pakai di tangan. Hal ini layak diperhatikan karena data Canalys menunjukkan dua hasil berbeda.

Xiaomi berhasil mengalahkan Apple dalam pemasaran “wearable band.” Tapi Apple masih menguasai pasar smartwatch.

Prestasi Xiaomi ini merupakan hasil suksesnya penjualan smartband, seperti Mi Smart Band 6, terutama di India. Sementara Apple duduk di posisi nomor dua dan Huawei — walau masih dalam tekanan — duduk di posisi ketiga.

Di sisi lain, walau Xiaomi nampak sukses, data ini juga menunjukkan betapa hebatnya penjualan smartwatch Apple. Ya karena perusahaan dengan logo apel kroak itu hanya punya produk smartwatch, yaitu Apple Watch.

Apple tidak punya produk smartband, yang lebih simpel dari smartwatch. Jadi dengan satu kategori produk mereka mampu bersaing dengan perusahaan lain yang punya dua kategori di pangsa ini.

Nah, untuk penjualan smartwatch, Apple masih duduk di posisi pertama, walau ada penurunan penjualan. Huawei yang juga menurun penjualannya masih duduk di posisi kedua.

Pertumbuhan penjualan muncul untuk produk smartwatch Samsung dan Xiaomi. Samsung yang belum lama ini mengumumkan Galaxy Watch4 duduk di posisi ke-4, dan Xiaomi duduk di posisi ke-5.

Nampaknya sampai beberapa tahun ke depan, Apple masih akan menguasai pangsa smartwatch. Kecuali mungkin ketika pangsa ini sudah lebih mapan seperti smartphone. Yaitu ketika perangkat dengan harga lebih terjangkau memiliki kemampuan yang sudah mumpuni.

Hm, apa kamu tertarik untuk beli “wearable band”? Mau smartband atau langsung melompat ke smartwatch?

%d blogger menyukai ini: