Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

WhatsApp Uji Transfer Riwayat Chat Tanpa Internet Antar Ponsel Android

transfer data wa
Anom Penulis

Transfer data WA saat punya ponsel baru nampaknya akan semakin mudah. Kabar terbaru menyebutkan kalau WhatsApp sedang menguji transfer riwayat chat antar ponsel Android tanpa lewat perantaraan internet.

Saat ini untuk bisa memiliki riwayat percakapan yang sama dengan ponsel lama di ponsel baru, pengguna harus membuat backup chat WA. Kalau ponsel Android akan memanfaatkan Google Drive, sedangkan iPhone akan melalui iCloud.

Artinya, pengguna membutuhkan koneksi internet untuk bisa melakukan sinkronisasi riwayat chat tersebut. Namun, nampaknya nantinya pengguna akan bisa melakukan transfer riwayat chat secara langsung antar perangkat, tanpa membutuhkan internet.

Berdasar laporan dari WAbetainfo, aplikasi WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.1.26 menghadirkan fitur transfer riwayat chat secara langsung antara dua ponsel Android.

gambar transfer data riwayat chat whatsapp beta 2.23.1.26
Gambar: WAbetainfo

Transfer ini nampaknya akan memanfaatkan cara seperti fitur berbagi langsung di Android. Dengan kata lain memanfaatkan koneksi lokal, seperti WiFi dan Bluetooth.

Lalu, untuk melakukannya, pengguna hanya perlu melakukan scan QR code yang ada pada ponsel baru. Jadi proses konfirmasi perangkat ini mirip dengan ketika kita memakai WhatsApp Web atau aplikasi desktop.

Dengan memakai koneksi lokal seperti WiFi, pengguna jadi tidak bergantung pada backup data di penyimpanan cloud — seperti Google Drive dan iCloud — untuk mendapatkan riwayat chat. Pengguna tetap bisa transfer data ke ponsel baru jika koneksi internet buruk atau kuota sedang tiris.

WAbetainfo sejauh ini hanya menyebutkan uji coba fitur ini di aplikasi WA untuk Android. Sedangkan untuk iOS alias untuk iPhone belum terlihat. Walau begitu, kita bisa menduga nantinya akan ada uji coba serupa.

Kemudian, karena fitur ini masih dalam tahap uji coba — melalui aplikasi versi beta — maka saat ini fitur tersebut belum bergulir untuk umum. Nantinya, jika fitur ini sudah stabil dan berfungsi dengan baik, kita bisa mengharapkan kehadirannya secara resmi di aplikasi utama (untuk publik).

Baca Juga:  Fitur WhatsApp Yang Belum Ada Sampai Tahun 2022

Salah satu contoh fitur yang melalui versi beta dan sudah rilis secara resmi adalah fitur Undo Delete for Me dalam percakapan dan fitur Picture in Picture saat video call.

Bagaimana menurut kamu? Apakah fitur transfer riwayat chat di WhatsApp tanpa internet ini akan memudahkan? Apakah fitur ini merupakan salah satu yang kamu tunggu? Kalau iya, mari kita tunggu bersama kehadirannya secara resmi.