Xiaomi Kembangkan 4 Smartphone Dengan Sensor 108MP

sensor kamera 64mp samsung xiaomi

Ambisi Xiaomi mengembangkan sayap di dunia smartphone memang luar biasa. Kabar terbaru menyebutkan Xiaomi sedang mengembangkan 4 smartphone dengan sensor kamera 108MP.

Sebelum lini Redmi Note 8 dirilis, Xiaomi sempat membahas soal sensor kamera 64MP dan memberi kisi-kisi soal sensor kamera 108MP. Kemudian ketika Samsung mengumumkan sensor ISOCELL Bright HMX 108MP, mereka juga menyebutkan kerja sama untuk smartphone Xiaomi.

Persaingan smartphone memang semakin keras, dan perlombaan inovasi pun semakin kencang. Belum lewat masa sensor kamera 48MP diadaptasi secara umum, sensor 64MP sudah mulai muncul.

Belum lagi sensor 64MP benar-benar hadir, pengembangan ponsel dengan sensor 108MP sudah mulai. Gila-gilaan.

kamera redmi note 8 pro
Kamera Redmi Note 8 Pro 64MP (foto: Redmi)

Informasi terbaru ini hadir dari XDA Developers. Mereka melacak perkembangan ini melalui aplikasi galeri foto MIUI. Apa yang mereka temukan beserta kesimpulannya cukup menarik.

Tim XDA Developers menyebutkan bahwa aplikasi Gallery MIUI menambahkan dukungan untuk menunjukkan foto berkualitas 108MP dengan resolusi penuh. Yang menarik, dukungan ini ditambahkan secara spesifik untuk ponsel dengan nama kode “tucana”, “draco”, “umi”, dan “cmi”.

Keempat nama kode ini mengacu pada smartphone yang belum dirilis. Namun, bisa saja ponsel itu hadir di bawah bendera Xiaomi atau Redmi.

XDA Developers juga menyebutkan kalau sekedar menambah dukungan memang belum menjadi bukti valid. Tapi logika di balik itu sangat masuk akal.

Biasanya, aplikasi Gallery tidak mengijinkan kita melakukan zoom di foto sampai ke kualitas terbesar (secara utuh). Ketika sensor kamera 48MP ertama kali hadir, situasi ini berubah. Aplikasi Gallery kemudian punya kemampuan zoom sampai ke resolusi asli sesuai sensor kamera.

Kembali ke pelacakan di awal, ini berarti dukungan untuk foto sebesar 108MP memang hadir untuk mempersiapkan ponsel dengan kamera berkualtas sebesar itu. Masuk akal kan?

Hal menarik lain, tim XDA Developers menduga kalau ponsel dengan sensor kamera raksasa itu bukanlah Mi Mix 4. Tapi sejauh pelacakan mereka, tidak ada data yang cocok. Di sisi lain, teaser Xiaomi menunjukkan merk “Mi”. Jadi, seri apa yang akan memakainya?

More Stories
Acer Luncurkan Monitor Gaming Predator dan Nitro Terbaru