Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

12 Aplikasi Desain AI yang Membantu Pekerjaan Lebih Cepat dan Mudah

Aplikasi desain AI
sumber gambar: Unsplash/ConvertKit

Teknologi semakin berkembang dengan pesat, salah satu bukti nyata perkembangan teknologi adalah kehadiran aplikasi desain AI yang memudahkan siapa pun dalam mengerjakan desain-desain menarik.

Bahkan, kehadiran aplikasi desain AI ini bisa membuat pengguna yang awalnya tidak bisa melakukan desain sama sekali, menjadi bisa menghasilkan karya desain walau tidak seapik para desainer asli, ya.

Meski begitu, tetap saja kehadiran aplikasi untuk desain secara AI ini sangat membantumu dalam membuat desain-desain simpel. Ingin pakai juga? Yuk, simak!

Manfaat Aplikasi Desain AI

Manfaat Aplikasi Desain AI
sumber gambar: Unsplash/Faizur Rehman

Sesungguhnya, membuat desain memang bukan perkara mudah, karena membutuhkan pengetahuan dan proses yang cukup mendalam. Misalnya mengatur tata letak obyek (foto, ilustrasi, dan teks), memilih warna yang tepat, memakai font yang sesuai, mengetahui ukuran bidang, dll, aplagi di bidang yang lebih spesifik, seperti desain website atau 3D.

Dengan begitu, membuat desain memang membutuhkan keahlian dan peralatan (aplikasi) yang tepat. Namun inilah yang dipangkas oleh aplikasi desain yang memakai teknologi AI.

Yah, proses desain dengan AI memang cukup kontroversial. Salah satunya dianggap mengambil alih sesuatu yang awalnya dianggap hanya dimiliki manusia, yaitu cita rasa artistik. Toh, ternyata masih ada manfaat yang lebih besar dari pemakaian teknologi AI, termasuk di bidang desain.

Secara umum, manfaat dari menggunakan aplikasi desain AI adalah:

  • Memberikan kesempatan bagi yang tidak punya keahlian untuk membuat berbagai desain dengan mudah.
  • Mempermudah proses desain, karena hanya membutuhkan input berupa teks perintah.
  • Menghemat waktu dan tenaga sebagai hasil dari proses desain yang lebih sederhana.
  • Meningkatkan kreativitas, karena ide-ide bisa semakin luas dan unik tanpa terbebani keterbatasan teknis.

Jadi memang dengan aplikasi yang tepat, pekerjaan desain ini bisa menjadi lebih efisien. Bahkan bisa membuka wawasan artistik baru.

Aplikasi Desain AI Yang Layak Kamu Coba

Di bawah ini kami memberikan daftar aplikasi desain yang menggunakan teknologi AI dari berbagai bidang. Mulai dari desain grafis, sampai 3D.

1. DALL E

DALL E - Aplikasi Desain AI
sumber gambar: DALL E

“DALL-E” merupakan sebuah sistem kecerdasan buatanyang dikembangkan oleh OpenAI, dengan kemampuan dalam menciptakan gambar dan ilustrasi dari deskripsi teks.

Nama “DALL-E” sendiri adalah permainan kata dari nama pelukis terkenal Salvador DalĂ­ dan karakter animasi populer, WALL-E. Sistem ini menggunakan model pembelajaran mesin yang dikenal sebagai GPT-3, yang merupakan salah satu model bahasa generatif tercanggih.

DALL-E mampu menginterpretasikan dan menerjemahkan instruksi teks menjadi gambar, misalnya, jika kamu memberikan instruksi seperti “sebuah kucing yang sedang bermain catur di bulan”, DALL-E dapat menghasilkan gambar yang sesuai dengan deskripsi tersebut.

2. Microsoft Designer

Microsoft Designer
sumber gambar: Microsoft Designer

Microsoft Designer merupakan aplikasi desain AI yang bisa memberikan hasil desain hanya dengan memasukkan teks. Ya, sejenis dengan DALL E, tapi Microsoft Designer lebih mirip Canva. Kamu bisa mengetik konsep untuk Instagram atau TikTok, kemudian menyesuaikan hasil desain lebih jauh sesuai keinginanmu.

Karena Microsoft Desaigner ini lebih mirip Canva, sehingga ia memiliki keunggulan dalam koleksi template yang tergolong lengkap. Pengguna dapat memilih berbagai layout yang telah dirancang secara profesional, dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Ini termasuk kemampuan untuk mengubah teks, warna, dan elemen grafis lainnya.

Selain itu, Microsoft Designer juga menyediakan alat-alat desain yang canggih, seperti alat pengeditan foto dan vektor, yang memungkinkan pengguna untuk lebih mengontrol aspek kreatif dari desain mereka.

3. Luma AI

Luma AI
sumber gambar: Luma AI

Luma AI bisa membuat aset gambar 3D realistis. Hanya dengan bermodal kamera iPhone (bahkan yang tidak mendukung LiDAR), kamu bisa mendapat tampilan obyek 3D beserta lingkungannya yang bagus. Kamu bisa menyesuaikan tampilannya lebih jauh di aplikasi Field Editor Luma.

Aplikasi Luma AI bisa bermanfaat untuk membuat tampilan produk di toko online, membuat aset gambar untuk game, dll.

4. Durable

Durable
sumber gambar: Durable

Durable merupakan aplikasi desain AI yang membantumu membuat website dengan cepat. Hanya dengan memasukkan nama bisnis dan kategori, AI di aplikasi ini bisa langsung membuat halaman web (termasuk tombol dan link-nya).

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan sarana dalam copywriting, juga mendapatkan gambar dan ikon yang tepat. Durable cocok untuk kamu yang ingin membuat website bisnis dengan cepat, bahkan tanpa perlu tahu pemrograman.

5. Jasper

Jasper
sumber gambar: Jasper

Jasper merupakan platform AI generatif yang mampu menyediakan konten dengan cepat untuk berbagai kepentingan, mulai dari media sosial, copywriting iklan, artikel blog, naskah video, sampai ke membuat gambar. Jasper juga memiliki ekstensi Chrome yang memudahkanmu berkarya dengan mudah.

Jasper akan sesuai dipakai untuk kamu yang membutuhkan konten penunjang bisnis dengan cepat dan banyak, secara lebih efisien.

Baca Juga: Laptop Tipis Terbaik

6. Midjourney

Midjourney
sumber gambar: Midjourney

Midjourney adalah aplikasi desain AI, atau generatif AI untuk membuat gambar yang dibangun berdasar teknologi DALL E. Jadi prinsipnya sama, yaitu mengetik teks untuk mendapatkan gambar yang kita inginkan. Midjourney bisa dipakai melalui aplikasi Discord dan aplikasi di Android atau iPhone.

Walau Midjourney pada dasarnya mirip dengan DALL E, namun aplikasi ini lebih gampang diakses karena hadir di smartphone.

7. Runway ML

Runway ML
sumber gambar: Runway ML

Dengan Runway ML, kamu bisa mengolah gambar dengan cepat hanya dengan mengetik, memasukkan gambar, dll. Pengolahan gambar di aplikasi ini cukup banyak, meliputi: Membuat video, membuat gambar dengan teks, memperluas bidang gambar dan latar belakangnya, menghapus obyek , dll.

Runway ML cocok untuk kamu yang butuh konten gambar atau video di media sosial. Misalnya untuk membuat latar belakang quote atau inspirasi yang menarik.

8. Let’s Enhance

Let's Enhance
sumber gambar: Let’s Enhance

Let’s Enhance adalah aplikasi desain AI yang bisa memperbesar ukuran gambar dan tetap menjaga kualitasnya. Ya, memang bukan untuk membuat desain secara langsung. Tapi aplikasi ini akan berguna untuk mendapatkan gambar berkualitas bagus, termasuk memperbaiki blur dan warna, tanpa proses yang rumit.

Jadi, aplikasi Let’s Enhance akan sangat membantumu dalam proses desain itu sendiri. Bahkan juga bisa untuk memperbesar gambar dari aplikasi desain AI lain.

Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik

9. Designs.ai

Designs ai
sumber gambar: Designs.ai

Di aplikasi Designs.ai kamu bisa membuat banyak hal dengan memanfaatkan teknologi AI. Mulai dari membuat logo, konten media sosial, suara, sampai membuat video. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti mencari kombinasi warna dan kombinasi font.

Aplikasi Designs.ai merupakan aplikasi berbayar. Jadi cocok untuk kamu para profesional atau pebisnis yang ingin mempercepat alur kerja.

10. Uizard Autodesigner

Uizard Autodesigner
sumber gambar: Uizard Autodesigner

Seperti terlihat dari namanya, Uizard Autodesigner merupakan aplikasi untuk membuat tampilan antarmuka (User Interface / UI) yang memangfaatkan teknologi AI. Dengan bermodal mengetik teks, kamu bisa mendapatkan rancangan website dan aplikasi yang lengkap, termasuk sampai mockup yang fungsional.

Uizard Autodesign tentu sangat berguna memangkas proses desain website dan aplikasi yang rumit menjadi sangat sederhana.

11. Canva AI

Canva AI
sumber gambar: Fast Company

Canva AI, yang merupakan bagian dari platform Canva, adalah sebuah fitur inovatif yang mengintegrasikan kecerdasan buatan untuk mendukung pengguna dalam menciptakan desain yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga profesional.

Baca Juga: Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

Fitur ini dirancang untuk memudahkan pengguna, baik itu desainer grafis pemula maupun mereka yang ingin merancang sesuatu dengan cepat dan efisien, dalam memilih elemen desain yang paling sesuai.

Salah satu keunggulan utama dari Canva AI adalah kemampuannya dalam memberikan rekomendasi yang tepat mengenai pemilihan font, skema warna, dan berbagai elemen desain lainnya yang bisa menciptakan desain lebih menarik. Dengan demikian, pengguna dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses pencarian dan pemilihan elemen desain yang cocok.

12. Adobe Sensei

Adobe Sensei
sumber gambar: Adobe

Adobe Sensei merupakan aplikasi desain yang dibantu oleh kecerdasan buatan (AI), dan ini adalah aplikasi yang berada di bawah pengembangan Adobe Systems. Platform ini dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan berbagai produk Adobe, dengan menawarkan kemampuan yang memungkinkan penciptaan konten digital yang lebih kreatif, efisien, dan personal.

Salah satu keunggulan utama dari Adobe Sensei adalah kemampuannya dalam membantu pengguna dalam pengeditan foto dan video. Fitur-fitur AI yang ditawarkan memudahkan pengguna dalam melakukan penyesuaian dan optimasi gambar, sehingga hasil akhirnya dapat terlihat lebih profesional dan menarik.

Baca Juga: Handheld Konsol Game Terbaik

Seperti kamu lihat, ada banyak aplikasi desain AI di berbagai bidang yang spesifik dengan kegunaannya masing-masing. Selain aplikasi yang ada di atas, sebenarnya masih ada lebih banyak lagi.

Silakan temukan aplikasi yang sesuai dengan profesi atau minatmu. Jangan lupa perhatikan hasilnya apakah sudah tepat atau belum. Mungkin kamu juga perlu mencoba beberapa variasi perintah yang lebih spesifik atau dengan kata berbeda.

Bagaimanapun, sentuhan manusia tetap dibutuhkan untuk menyesuaikan desain yang jadi hasil pengolahan AI tersebut. Nah, selamat mencoba.