Ini Aplikasi Gratis Mac Terbaik, Layak Kamu Download

Keren tapi irit

Photo by Iewek Gnos
Anom Penulis

Aplikasi untuk Mac selalu berbayar? Hm, nggak juga. Ada kok yang gratis. Kalau kamu belum tahu, di sini kami buat daftar aplikasi gratis yang bisa kamu download untuk komputer Mac milikmu.

Ya, aplikasi untuk Mac memang terkenal banyak yang berbayar. Namanya juga produk premium alias mahal. Jadi asumsinya pengguna Mac mampu beli aplikasi. Tapi toh ada juga yang menawarkan aplikasi secara cuma-cuma alias tidak bayar.

Aplikasi macOS Gratis Terbaik

Tentu, gratis bukan berarti kualitas harus buruk. Tidak sedikit yang sudah terkenal berkualitas baik. Tapi kenapa bisa gratis? Biasanya sih karena mereka punya produk profesional yang berbayar.

Nah, mari kita lihat apa saja aplikasi Mac yang gratis dan pantas kamu coba.

Bear

Bear adalah sebuah aplikasi untuk menulis atau membuat catatan dan bisa juga untuk membuat daftar tugas (to do). Aplikasi ini ditujukan bagi kamu yang ingin menulis tanpa gangguan dan tanpa tampilan yang ribet (bayangkan MS Word dengan ribbon dan pengaturan ketikannya). Terutama bagi kamu yang suka menulis dengan markdown.

Aplikasi ini juga tersedia untuk iOS. Namun sinkronisasi data catatan antara Mac dan iPhone, merupakan fitur berbayar.


Bitwarden

Bitwarden adalah sebuah aplikasi password manager. Aplikasi ini bisa membuat kata sandi yang aman, menyimpan kata sandi dan informasi penting lain, mengisi kata sandi secara otomatis, dll. Jadi yang perlu kamu ingat hanyalah kata sandi aplikasi ini saja.

Bitwarden merupakan aplikasi open source dan sudah terkenal menjadi alternatif aplikasi password manager berbayar seperti Lastpass, Dashlane, dll. Aplikasi ini juga hadir di platform lain, seperti di Android, iOS, dan Windows.


FontBase

FontBase adalah aplikasi font manager. Ya, macOS sudah punya aplikasi font. Tapi dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur koleksi font dengan lebih baik.

Kamu bisa membuat folder font khusus dan ketika kamu menambah koleksi, FontBase akan segera menambahkannya tanpa install font tersebut terlebih dulu. Kalau kamu ingin menggunakan font itu, kamu bisa mengaktifkannya. Dengan begitu, kamu tidak membebani komputer dengan install font yang banyak.

Keuntungan lainnya, kamu bisa mengakses font gratis dari Google secara langsung tanpa membuka website, dan mengaktifkannya jika perlu. Kamu juga bisa menata koleksi font sesuai kebutuhanmu (misal mengelompokkan font tulisan tangan).


Hidden Bar

Hidden Bar berguna untuk menyembunyikan berbagai ikon aplikasi di menu bar macOS. Sehingga aplikasi aktif yang “kurang penting” kamu lihat bisa tersembunyi. Menu bar macOS pun jadi lebih bersih dan lega.


IINA

iina media player macos

IINA adalah aplikasi media player (pemutar audio video). Aplikasi ini punya penampilan yang juga keren. Nggak kalah sama QuickTime dan lebih bagus dari VLC. Selain itu, fitur aplikasi ini juga banyak. Mulai dari membuat screenshot, menambah teks subtitle, picture-in-picture, dll.

Ya, memang saat ini kita lebih sering nonton film secara streaming. Tapi kalau kamu butuh aplikasi media player yang asik, IINA pantas kamu coba.


Spark

Spark adalah aplikasi email yang keren, baik dari sisi tampilan dan fungsi. Kamu bisa melihat pembagian jenis email secara otomatis, misalnya email pribadi, newsletter, notifikasi (dari layanan atau akun yang kamu miliki), sampai email yang kamu sematkan (pin).

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur suntingan, membuat tanda tangan, sampai menjadwal mengirim email (misalnya tulis malam, kirim besok pagi). Selain itu, email ini juga mendukung pemakaian untuk tim (misal berdiskusi soal email dari klien).

Yang tambah asik, aplikasi Spark juga tersedia di smartphone, baik itu iPhone maupun ponsel Android.


TickTick

TickTick merupakan aplikasi jadwal tugas (to do) yang luar biasa. Kita bisa mengatur jadwal tugas lengkap dengan berbagai informasi fan fungsi. Seperti pengingat, jadwal rutin (berulang), berbagi jadwal atau menugaskan, sampai memberi pengingat berdasar lokasi, juga pola hidup (mmisalnya minum air putih).

Asiknya lagi, aplikasi TickTick juga tersedia di platform lain, seperti di iPhone, ponsel Android, dan Windows. Jadi kamu bisa sinkronkan jadwal di mana saja.


Tyke

Tyke merupakan aplikasi kecil yang berguna jika kamu ingin membuat catatan cepat atau copas teks (misalnya alamat, nomor telepon, dll). Aplikasi ini bertengger di menu bar macOS sehingga kamu bisa dengan cepat membukanya (tidak perlu lama membuka aplikasi catatan lain).

Tapi karena hanya untuk kepentingan ringkas, tidak ada fungsi lain di sini (misal sinkronisasi catatan, dll). Toh, aplikasi ini sangat berguna.


Gratis, Kenapa Tidak?

Tentu, aplikasi dan layanan berbayar bisa lebih baik karena kalau ada masalah dalam pemakaian, kita bisa meminta bantuan (namanya juga bayar). Termasuk juga untuk jaminan keamanan, fitur yang lebih lengkap, dll.

Toh aplikasi gratis bisa jadi pilihan yang tepat jika kebutuhanmu tidak banyak atau hanya menggunakannya untuk kebutuhan pribadi. Yah, kalau kamu memang suka atau butuh yang lebih canggih, kamu bisa pindah ke aplikasi berbayar.

Nah, itulah aplikasi gratis Mac rekomendasi kami. Kalau kamu punya pilihan yang lebih baik, ya nggak salah juga. Begitu?

    %d blogger menyukai ini: