Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Membuka Task Manager di Windows 10 dengan Mudah Menggunakan Shortcut pada Keyboard

Matikan aplikasi yang bandel secara paksa melalui Task Manager

Cara Membuka Task Manager di Windows 10
Febri Penulis

Sebelumnya saya sudah membuat panduan cara melihat kapasitas penyimpanan Windows 10 melalui Task Manager, namun tahu kah kamu kalau sebenarnya ada 2 cara membuka Task Manager di Windows 10 yang bisa kamu lakukan. Bagaimana caranya? Simak saja artikel ini sampai selesai.

  • Solusi Cepat
    Untuk kamu yang ingin tahu cara membuka Task Manager di Windows 10 dengan mudah dan cepat, kamu bisa ikuti langkah berikut: Pada halaman awal Windows 10, tekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard secara bersamaan, maka menu Task Manager akan terbuka secara langsung.

Tutorial Cara Membuka Task Manager di Windows 10

Kita tahu sering kali mengalami masalah di Windows 10 seperti aplikasi yang nge- hang atau macet dan solusi untuk masalah aplikasi yang crash atau error ini sering kali diatasi dengan menggunakan fitur end task pada Task Manager.

End Task berfungsi sebagai fitur utama dari Task Manager, di mana fitur ini bisa mematikan aplikasi melalui Task Manager secara paksa di Windows untuk segera berhenti atau menutup segala bentuk prosesnya.

Semisal kamu sedang menjalankan aplikasi, trus ternyata ini aplikasi tidak mau bekerja dengan normal. Segala perintah seperti klik close atau minimize juga tidak bekerja.

Maka tindakan end task adalah solusi sekaligus tindakan pertama yang bisa kamu lakukan, melalui Task Manager. Powerful banget ya salah satu utilitas dari Windows 10 ini.

Baca Juga:  Cara Menemukan Bitlocker Recovery Key Windows

Di Task Manager juga kamu bisa mengetahui apa saja aplikasi yang diinstal di Windows 10 dan apakah aplikasi tersebut sedang berjalan atau tidak.

Untuk membuka Task Manager ada 2 cara yang bisa kamu lakukan, salah satu caranya juga bisa digunakan untuk memunculkan hibernate opsi di Windows 10 dan tombol shutdown. Kamu tahu kan kalau mematikan laptop secara paksa bisa berakibat fatal, jadi manfaatkan tombol shutdown.

Tanpa basa-basi lagi, untuk kamu yang ingin tahu lebih lengkap tentang cara membuka Task Manager di Windows 10, kamu bisa ikuti 2 panduan lengkap berikut:

1. Membuka Task Manager melalui shortcut Ctrl+Shift+Esc

  1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard secara bersaam di laptop/komputer (PC) milik kamu.
  2. Maka nanti secara otomatis jendela menu Task Manager akan muncul.
  3. Selesai, kamu telah berhasil memunculkan menu Task Manager di Windows 10 melalui shortcut Ctrl+Shift+Esc.
Tutorial Cara Membuka Task Manager di Windows 10 Terbaru dengan Mudah dan Cepat
  • Info
    Kamu bisa memunculkan menu Task Manager secara langsung karena shortcut ini memang ditujukan untuk membuka halaman menu Task Manager.

2. Membuka Task Manager melalui shortcut Ctrl+Alt+Delete

  1. Tekan tombol Ctrl + Alt + Delete pada keyboard secara bersamaan di laptop/komputer (PC) milik kamu.
  2. Nanti akan muncul beberapa menu dan kamu pilih saja menu Task Manager.
  3. Maka secara otomatis menu Task Manager akan muncul ke layar monitor laptop/komputer (PC) milik kamu.
  4. Selesai, kamu telah berhasil membuka Task Manager melalui shortcut Ctrl + Alt + Delete pada keyboard.

Menu pada Task Manager di Windows 10

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, apa sih Task Manager dan menu apa saja yang ada di Task Manager. Untuk menjawab rasa penasaran kamu, ini saya rangkum semua fitur yang bisa kamu temukan di Task Manager.

  1. Processes
    Menu ini menampilkan aplikasi yang sedang berjalan di Windows dan informasi yang ditampilkan berupa seberapa source yang digunakan aplikasi tersebut seperti penggunaan CPU, Memory, Disk, Network, GPU, Power usage dan Power usage trend.
  2. Performance
    Menu ini menampilkan grafik dari performa hardware laptop/komputer (PC) milik kita, seperti CPU, Memory, Disk 0, Disk 1 dan seterusnya, Ethernet, GPU dan lain-lain.
  3. App History
    Menu ini menampilkan informasi berupa jejak penggunaan aplikasi seperti waktu penggunaan CPU, Network, Metered network dan Tile updates.
  4. Startup
    Menu ini memungkinkan kita melihat beberapa aplikasi yang berjalan di Windows 10 saat laptop dihidupkan, tidak hanya itu saja. Kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang bisa aktif saat laptop dinyalakan.
  5. Users
    Di menu ini kamu bisa melihat pengguna di Windows (laptop/komputer) mana saja yang aktif dan paling banyak memakan source dari hardware laptop/komputer (PC) milik kamu.
  6. Details
    Pada menu ini kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di belakang layar dan di depan layar juga, kamu bisa mematikan aplikasi tersebut secara paksa melalui menu ini.
  7. Services
    Menu ini menampilkan utility sebuah aplikasi atau software yang sedang berjalan di Windows, kamu bisa mematikan atau menghidupkan utilitas pada menu ini.
Baca Juga:  3 Cara Mempercepat Windows 10 yang Lemot, Paling Ampuh!

What’s Next: Hentikan Paksa Aplikasi yang Bandel Lewat Task Manager

Kurang lebih seperti itulah tutorial cara membuka Task Manager di Windows 10 dengan mudah dan cepat, tinggal kamu hafalin saja shortcut Task Manager yang digunakan. Cukup mudah kok, kamu bisa pakai Ctrl+Shift+Esc atau Ctrl+Alt+Delete.

Seperti yang sudah saya bilang di atas jika kita bisa menghentikan proses aplikasi yang sedang berjalan secara paksa melalui Task Manager, tetapi kamu juga perlu tahu jika proses ini sama bahayanya dengan mematikan PC tidak melalui proses shutdown yang benar.

Karena secara tidak langsung bisa merusak kepingan data disk jika kamu menggunakan HDD, dan bisa merusak fragment data jika kamu menggunakan SSD. Walaupun kasusnya jarang tapi bisa memberikan demage yang fatal jika sering dilakukan.

Lebih baik tindakan seperti pemaksaan seperti itu jarang dilakukan supaya hardisk laptop bisa lebih tahan lama dan umur laptop juga lebih panjang.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.