Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Memutuskan Jaringan WiFi dengan CMD

Males buka pengaturan di Windows, kamu bisa matikan WiFi pakai CMD loh!

Cara Memutuskan Jaringan WiFi dengan CMD
Febri Penulis

Kamu ingin mengetahui cara memutuskan jaringan WiFi dengan CMD (command prompt) dengan mudah dan cepat. Mungkin kamu bertanya panduan ini buat apa, namun untuk sebagian orang mungkin membutuhkannya, entah itu untuk sekedar iseng atau memang lagi membutuhkan.

  • Solsui Cepat
    Untuk kamu yang ingin tahu cara memutuskan jaringan WiFi dengan CMD, kamu bisa ikuti langkah berikut: Tekan tombol Windows + X pada keyboard > Pilih Command Prompt (Admin) > Lalu ketik netsh interface set interface name=”Wi-Fi” admin=DISABLED > Enter > Selesai.

Tutorial Cara Memutuskan Jaringan WiFi dengan CMD

Cara Memutuskan Jaringan WiFi dengan CMD - Perintah Command Prompt

Kita tahu kalau CMD itu termasuk aplikasi Windows yang paling powerful karena bisa digunakan untuk apa saja, misal untuk masuk safe mode di Windows 10 bisa menggunakan perintah command prompt saja.

Selain memiliki fungsi yang banyak bagi pengguna Windows, CMD juga berbahaya karena beberapa perintah command prompt sering digunakan para hacker untuk melakukan tindakan yang berbahaya alias kejahatan.

Tutorial cara memutuskan jaringan WiFi dengan CMD yang akan saya tulis ini pun bisa termasuk dalam bagian content yang bisa dibilang merugikan orang lain jika disalah gunakan seperti para hacker.

Karena dengan kamu mengetahui panduan ini, kamu bisa saja mematikan WiFi orang lain tanpa izin hanya dengan bermodalkan bisa mengakses jaringannya di laptop atau PC atau ponsel kamu.

Namun untuk panduan di artikel ini tidak akan saya tulis secara lengkap dan yang akan saya tulis hanya perintah CMD pada umumnya yang digunakan untuk memutuskan jaringan WiFi pada laptop/komputer (PC) milik kamu sendiri.

Baca Juga:  Cara Mematikan Aplikasi Melalui Task Manager Secara Paksa di Windows 10 & 11, Termudah!

Meskipun begitu diharapkan kamu tetap menggunakannya dengan bijak panduan yang akan saya tulis, seperti kamu memanfaatkan fitur CMD pada laptop untuk melakukan repair Windows 10 menggunakan CMD.

Bahkan untuk melihat versi Windows 10 dengan CMD pun bisa kamu lakukan apalagi cuma ingin mempercepat Windows 10 yang lemot dan memutuskan jaringan WiFi melalui CMD, itu mudah untuk dilakukan.

1. Memutuskan jaringan WiFi dengan CMD

  1. Pada halaman home di laptop/komputer kamu, tekan tombol ikon Windows + X pada keyboard.
  2. Pilih Windows PowerShell (Admin) atau Command Prompt as Admin.
  3. Ketik perintah pada kotak CMD:
    netsh interface set interface name="Wi-Fi" admin=DISABLED
  4. Lalu tekan Enter.
  5. Selesai, kamu telah berhasil mematikan jaringan WiFi dengan CMD.
  • Tips
    Jika kamu kesulitan untuk mengetik perintah CMD tersebut, kamu bisa copy perintah tersebut lalu kamu paste ke kotak command prompt (CMD).

Memutuskan jaringan WiFi menggunakan command prompt ini bisa kamu lakukan saat kamu terhubung dengan jaringan tersebut atau tidak karena pada dasarnya perintah yang digunakan hanya sebagai shortcut kamu untuk mematikan jaringan WiFi di laptop/komputer saja.

Jadi tidak membutuhkan akses internet apapun untuk melakukan panduan ini.

2. Menghidupkan jaringan WiFi yang mati dengan CMD

  1. Sama dengan cara di atas, pada halaman awal atau tampilan home komputer, tekan tombol ikon Windows + X pada keyboard.
  2. Pilih Command Prompt as Admin atau Windows PowerShell (Admin).
  3. Ketik perintah pada kotak CMD:
    netsh interface set interface name="Wi-Fi" admin=ENABLED
  4. Tekan Enter pada keyboard.
  5. Selesai, kamu telah berhasil menghidupkan kembali jaringan WiFi yang sudah dimatikan.
  • Info
    Cara ini sama saja dengan cara mematikan WiFi menggunakan CMD, hanya saja kamu cuma mengganti perintah dari DISABLED menjadi ENABLED.

Cara Mengetahui WiFi Mati atau Hidup dengan CMD

Jika sebelumnya di atas saya memberikan tutorial cara memutuskan jaringan WiFi dengan CMD, kali ini saya inging memberikan tutorial cara mengetahui status WiFi melalui CMD.

Baca Juga:  Cara Edit Host File di Windows 10, Ikuti Langkah Mudah Ini Ya!

Jadi untuk memastikan apakah kamu sudah berhasil melakukan panduan yang saya berikan atau tidak, kamu bisa cek status aktif WiFi -nya melalui CMD seperti ini:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Ketik kata CMD > Lalu tekan Enter.
  3. Muncul kotak CMD, kamu ketik perintah berikut:
    netsh interface show interface
  4. Lalu tekan Enter.
  5. Selesai, dengan begitu kamu bisa melihat status WiFi laptop/komputer (PC) kamu apakah sudah aktif atau masih mati.
  • Penting
    Ingat, tutorial ini tidak bisa kamu terapkan untuk menjahili orang lain ataupun ingin memutuskan jaringan internet orang lain melalui CMD karena panduan ini hanya memutuskan jaringan WiFi di laptop/komputer (PC) kamu saja.

What’s Next: Jahilin Pengguna WiFi dengan Memutuskan Jaringanya Melalui CMD

Kurang lebih seperti itu panduan lengkap cara memutuskan jaringan WiFi dengan CMD (Command Prompt), cukup mudah untuk dipahami orang awam atau pemula sekalipun.

Saya juga sertakan panduan untuk memastikan apakah jaringan WiFi sudah terputus atau belum dan juga panduan untuk menyambungkan kembali jaringan WiFi yang diputuskan melalui CMD.

Dengan begitu kamu sekarang sudah paham dengan jelas mengenai tutorial Windows kali ini. Jika butuh panduan lain seperti Cara Pin Recycle Bin di Taskbar Windows 11 atau Cara Mematikan Aplikasi Melalui Task Manager di Windows.

Kamu bisa baca-baca artikelnya di Urbandigital.id, atau tulisan yang saya buat di sini juga bisa kamu baca.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.