Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Cara Mengatasi Sambungan Tidak Aman di Chrome, Terlengkap dan Termudah!

cara mengatasi sambungan tidak aman di chrome
Sumber: Lenix Blog
Indri Penulis

Gimana sih cara mengatasi sambungan tidak aman di Chrome? Dari pada galau, mending kamu cobain tutorial lengkap berikut ini.

Sebagai orang yang sering berselancar di dunia maya, kamu mungkin pernah / sering menemukan pesan seperi ini:

Your Connection is Not Secure.”

Ya nggak? Nah, biasanya pesan di atas tiba-tiba muncul saat ingin membuka website. Ketika pesan seperti itu muncul, otomatis kamu nggak akan bisa membuka website yang diinginkan.

Nah pertanyaannya, apa artinya “Your Connection is Not Secure?” Pesan tersebut adalah peringatan error yang menandakan bahwa sebuah website tidak aman untuk dikunjungi. Makanya jangan kaget kalau halaman website tersebut nggak bisa dibuka.

Tapi kamu nggak perlu khawatir. Untuk kamu pengguna browser Chrome, Ada cara mengatasi sambungan tidak aman di Chrome kok. Kamu hanya perlu mempraktikkan beberapa tutorial yang akan saya bagikan berikut ini.

  • Solusi Cepat
    Untuk cara mengatasi sambungan tidak aman di Chrome dengan cepat, kamu bisa langsung mengubah URL yang bermasalah.
    Masuk ke halaman “Experiments” Chrome. Setelah itu ketik “Mark non-secure origins as non-secure” dan klik “Disabled.”

Cara Mengatasi Sambungan Tidak Aman di Chrome

1. Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu di Komputermu

Apakah menurutmu website yang ingin kamu akses sudah cukup aman tapi tetap nggak bisa dibuka? Yah, mungkin langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa pengaturan tanggal dan waktu di komputer.

cara mengatasi sambungan tidak aman di chrome

Bisa jadi pengaturan waktu di komputermu berbeda dengan waktu yang sebenarnya. Kalau sudah begitu, biasanya browser bakal mengira kalau sertifikat keamanan website sudah kadaluwarsa.

Baca Juga:  5 Cara Mempercepat Download di Chrome, 1 Menit Auto Beres!

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatur tanggal dan waktu secara manual. Nah kalau sudah, kamu bisa refresh browser dan cek apakah Chrome-mu masih error atau nggak.

2. Bersihkan Data Browsing Sampai Tuntas

Tahu nggak sih, ternyata menghapus data browsing juga bisa dicoba untuk mengatasi koneksi tidak aman di Chrome lho.

cara mengatasi sambungan tidak aman di chrome
Sumber: Dirigible Studio

Logikanya saat kamu browsing, secara nggak langsung Chrome bakal menyimpan data sementara di website. Nah, hal tersebut dinamakan dengan cache. Fungsi dari cache sendiri adalah untuk mengurangi pemakaian bandwidth dan mempercepat proses loading.

Sayangnya, penyimpanan data sementara kadang bisa menimbulkan error koneksi nggak aman. Makanya, coba kamu hapus data browsing seperti riwayat penelusuran, cache, cookies, dll.

3. Buka Website Pakai Private Mode

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan membuka website pakai private mode. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kamu mengakses website secara privat. Itu artinya, browser sekelas Chrome pun tidak akan bisa merekam aktivitasmu di dunia maya.

cara mengatasi sambungan tidak aman di chrome

Tidak hanya itu, fitur private mode juga bakal menghapus semua data pribadimu. Contohnya cookies, riwayat penelusuran, atau informasi lain yang sifatnya rahasia.

4. Matikan Fitur Scan SSL di Antivirus Sementara

Kalau kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas tapi hasilnya nihil, tenang dulu. Mungkin masalahnya ada di aplikasi antivirus yang kamu pakai.

Sumber: H2S Media

Fyi, biasanya antivirus akan memberikan proteksi yang sangat ketat untuk komputer. Nah saking ketatnya proteksi yang diberkan, antivirus nggak segan untuk memblokir berbagai jenis situs (termasuk situs yang aman sekalipun).

Oleh karena itu, kamu bisa mematikan sementara fitur scan SSL di aplikasi antivirus. Cara ini bisa kamu coba untuk menguji coba, apakah penyebab koneksi nggak aman adalah antivirusmu atau tidak.

Baca Juga:  Google Tambah Fitur Journey di Chrome untuk Meneruskan Pencarian

5. Hapus Pesan Error Langsung dari Kolom URL Chrome

Mungkin untuk sebagian orang, cara yang terakhir ini dinilai paling susah. Karena itu artinya, kita dianjurkan untuk mengutak-atik URL website yang ada di Chrome.

Padahal kalau sudah tahu caranya, tips ini sangat simpel. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menghapus pesan error langsung dari kolom URL Chrome. Dengan begitu, kamu bisa menonaktifkan pesan peringatan error di browser Chrome.

Seperti ini cara menghapus pesan error di URL Chrome:

  • Ketik “Chrome://flags” di address bar.
  • Tekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah.
  • Selanjutnya kamu bisa masuk ke halaman “Experiments.”
cara mengatasi sambungan tidak aman di chrome
  • Di halaman itu, ketik “Mark non-secure origins as non-secure” di kolom pencarian.
  • Selanjutnya klik menu “Default > Disabled” untuk mematikan pesan ‘Not Secure’ di browser Chrome.
  • Terakhir, kamu bisa refresh browser Chrome.

Setelah proses refresh selesai, kamu bisa buka website yang sebelumnya error. Harusnya setelah melakukan cara ini, tidak ada lagi kata error dan website tersebut bisa kamu buka dengan lancar.

What’s Next?

Oke Urban People, itu dia beberapa cara mengatasi sambungan tidak aman di Chrome. Kamu bisa pilih cara yang menurutmu paling gampang untuk memperbaiki masalah tersebut.

Tapi kalau ingin pakai cara yang paling mudah, kamu bisa coba tips yang terakhir. Selain praktis, peluang keberhasilannya juga lebih tinggi. Karena kamu langsung menghapus bagian yang bermasalah dalam URL.

Baiklah kalau begitu, selamat mencoba!


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]