Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Pakai YouTube Go Live Together untuk ‘Nge-Live’ Bareng Teman

cara pakai youtube go live together
Gambar Oleh: Tangkapan Layar YouTube/YouTube
Indri Penulis

Akhir-akhir ini banyak orang yang penasaran cara pakai YouTube Go Live Together. Soalnya YouTube Go Live Together baru-baru ini memang viral di kalangan pengguna YouTube. Nggak sedikit pula yang penasaran sama YouTube Go Live Together.

Nah untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kali ini saya bakal mengulas soal YouTube Go Live Together. Saya akan membahas mulai dari apa itu YouTube Go Live Together. Terus sampai memberikan tutorial cara pakai YouTube Go Live Together buat kamu. So, pastikan kamu baca ulasan ini sampai bawah ya!

  • Solusi Cepat
    Kamu bisa pakai YouTube Go Live Together dengan membuka aplikasi YouTube. Klik “Buat+ > Live Bersama.” Atur deskripsi dan sebarkan tautan siaran langsung ke temanmu.

Apa Itu YouTube Go Live Together?

Apakah kamu akhir-akhir sering melihat aktivitas ‘live bareng’ di YouTube? Sebelumnya YouTube memang sudah punya fitur siaran langsung. Tapi biasanya siaran langsung hanya bisa dilakukan oleh satu orang. Nah sekarang tiba-tiba YouTube mendukung aktivitas ‘live bareng’ antar YouTuber. Rupanya aktivitas tersebut bisa dilakukan berkat adanya fitur YouTube Go Live Together.

cara pakai youtube go live together
Gambar Oleh: Google Blog

Banyak yang penasaran dan bertanya-tanya, sebenarnya apa itu Go Live Together? YouTube Go Live Together adalah fitur terbaru YouTube, yang memungkinkan pengguna melakukan live streaming bareng teman atau keluarga.

Fitur YouTube Go Live Together pertama kali diumumkan pada akhir Desember 2022. Nah awal Februari 2023 ini, YouTube akhirnya resmi meluncurkan fitur tersebut ke lebih banyak orang.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka Loading Terus, Penyebab dan Solusi!

Tapi ternyata fitur YouTube Go Live Together nggak bisa dipakai sembarang orang. Ada beberapa syarat pakai YouTube Go Live Together yang harus dipenuhi pengguna kalau ingin menggunakannya. Apa aja syaratnya?

Jadi syarat yang pertama, fitur ini cuma bisa dipakai channel YouTube dengan minimal 50 subscribers. Saat ini fitur tersebut hanya bisa diaktifkan lewat aplikasi YouTube (artinya cuma support kamera HP).

Cara Pakai YouTube Go Live Together

a. Cara Mengundang Teman ke YouTube Go Live Together

Nah tadi kamu kan sudah tahu cara pakai YouTube Go Live Together, sekarang gantian cara pakainya. Buat kamu yang memenuhi syarat pakai YouTube Go Live Together, kamu bisa mengundang orang lain ke sesi live streaming dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi YouTube di HP-mu.
  • Di bagian bawah, ketuk “Buat+” lalu “Live Bersama.”
  • Masukkan detail live stream seperti judul, deskripsi, setelan monetisasi, thumbnail dan juga setelan visibilitas.
  • Klik tombol “Selesai.”
  • Di bagian “Undang co-streamer,” pilih cara yang kamu inginkan untuk mengundang tamu.
  • Klik “Salin link” untuk mengundang co-streamer via copy link ke email atau SMS.
  • Terus klik tombol “Kirim link undangan ke co-streamer.”
  • Tunggu orang tersebut mengklik tautan yang sudah kamu kirim.
  • Kalau sudah siap, tekan tombol “LIVE STREAMING.”

Saat co-streamer join ke ruang tunggu, kamu bakal melihat perintah dari YouTube. Kamu bisa klik “Tambahkan > Live Streaming” untuk memulai sesi live streaming bersama.

Selain itu, kamu juga bisa me-reset siaran langsung lho. Kamu bisa buka “Undang co-streamer.” Selanjutnya di bagian bawah, klik tombol “Reset Link.” Setelah kamu mengklik tombol tersebut, link tersebut tidak akan bisa dipakai orang lain. Terus kamu bisa kirim link baru ke co-streamer-mu.

Baca Juga:  Cara Menambah Viewers/Jumlah Tayang Youtube Channel Dengan Mudah

Oya sebagai catatan, kamu bisa mengundang siapa aja yang punya channel YouTube. Nggak ada batasan jumlah minimal subscriber untuk menjadi tamu YouTube Go Live Together. Intinya siapa pun yang punya channel YouTube, mereka bisa kamu undang di sesi siaran langsung bersama.

Tapi Urban People, ada satu hal yang perlu kamu tahu saat mengundang orang lain untuk siaran bareng. Jadi sebagai host siaran langsung, kamu bertanggung jawab untuk semua aktivitas yang dilakukan co-streamer.

Kalau selama siaran langsung bersama co-streamer kamu melanggar pedoman komunitas dan kebijakan YouTube lainnya, maka kamu yang bakal bertanggung jawab. Makanya saya sarankan sebelum siaran langsung dimulai, kamu bisa menghimbau co-streamer. Contohnya kasih tahu mereka apa aja yang boleh dan nggak boleh dilakukan selama siaran bareng.

Dalam pengumuman resminya, Google nggak mengumumkan sanksi apa yang bakal di dapat host siaran bareng. Hanya saja, host yang bakal menanggung imbasnya. Selain itu co-streamer juga bisa dikeluarkan kapan pun jika terbukti melanggar pedoman komunitas dan kebijakan YouTube.

b. Cara Bergabung ke YouTube Go Live Together Sebagai Tamu

Sekarang saya akan kasih cara bergabung ke YouTube Go Live Together sebagai tamu. Ikuti langkah-langkah ini agar kamu bisa terhubung dengan penonton baru di YouTube:

  • Klik tautan undangan yang dikirimkan oleh temanmu.
  • Pilih channel yang mengirimkan undangan live stream bareng ke kamu.
  • Klik “Gabung” saat diminta untuk bergabung ke ruang tunggu.
  • Selagi menunggu, kamu bisa memeriksa kualitas audio dan videomu.
  • Saat kamu melihat tulisan “Anda sedang live,” berarti kamu sudah resmi bergabung ke sesi live streaming bareng di YouTube.

c. Cara Menjadwalkan Live Streaming YouTube Bareng

Selain itu, kamu juga bisa menjadwalkan live streaming bareng temanmu. Seperti inilah cara bikin jadwal YouTube Live Together bareng orang lain:

  • Buka YouTube Studio.
  • Klik “BUAT > Live Streaming” di sebelah kanan atas untuk membuka Ruang Kontrol Live.
  • Klik tabKelola.”
  • Selanjutnya klik tombol “Jadwalkan Streaming.”
Baca Juga:  Cara Membuat Thumbnail YouTube Keren dan Mudah, Sekelas Profesional Cuma 5 Menit Doang!

Kalau perlu, kamu juga bisa menggunakan kembali setelan dari streaming sebelumnya. Kamu bisa klik opsi “Gunakan kembali setelan” atau bikin streaming baru dengan klik “Buat baru.”

Terus buat kamu yang tergabung dalam Program Partner YouTube, ada keuntungan yang bisa kamu nikmati. Kamu bisa memonetisasi live stream-mu seperti biasa. Apalagi jenis iklan per-roll, mid-roll dan post-roll bisa ditayangkan di YouTube Go Live Together. Iklan-iklan tersebut juga bakal didistribusikan ke channel penyelenggara.

What’s Next?

Yap itu dia cara pakai YouTube Go Live Together yang bisa langsung kamu praktikkan. Gimana menurutmu, gampang banget kan caranya?

Kamu tinggal klik “Buat+ > Live Bersama.” Sesuai detail siaran langsung, kirim URL ke temanmu, tunggu mereka mengklik tautan yang kamu kirim, terus aktifkan sesi siaran langsung bersama.

Keberadaan fitur YouTube Go Live Together bakal memberikan keuntungan buat YouTuber. Soalnya dengan mengadakan siaran langsung bareng pemilik channel lain, YouTuber bisa menarik viewer dan bahkan subscriber baru. Oke kalau gitu selamat mencoba cara pakai YouTube Go Live Together ya!


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]