Setting HP Samsung Baru Biar Makin ‘Mantul’ Saat Dipakai

Indri Penulis

Bagaimana cara setting HP Samsung baru? Apa yang harus dilakukan saat baru membeli HP Samsung baru? Kamu bisa baca panduannya di sini.

Kamu baru beli HP Samsung baru? Jangan terkecoh dulu ya. Memang saat kamu mengaktifkan HP-mu itu, kamu bisa langsung memakainya seperti biasa. Apalagi sekarang Samsung sudah membeli HP barunya dengan beberapa aplikasi bawaan. Jadi kamu nggak perlu mengunduhnya lagi di Play Store deh.

Walau begitu, sebenarnya masih ada beberapa pengaturan yang perlu kamu lakukan lho. Tujuannya supaya HP-mu bisa lebih nyaman dipakai.

Kali ini saya bakal kasih panduan cara setting HP Samsung baru. Seperti apa panduannya? Cusss kepoin yuk!

Pengaturan Bahasa

Buat sebagian orang, melakukan pengaturan bahasa mungkin nggak penting. Tapi buat sebagian orang lainnya, pengaturan ini penting banget. Pasalnya sedikit saja perbedaan antara bahasa Indonesia dan Inggris bakal sangat berpengaruh.

Lalu bagaimana cara pengaturan bahasa di HP Samsung? Gampang. Klik aplikasi “Settings (Pengaturan) > General Management (Pengaturan Umum) > Language (Bahasa).”

Setelah itu pilih bahasa yang mau kamu pakai. Kalau nggak ada pilihannya, kamu tinggal klik “+ Add Language” (Tambah Bahasa) dan pilih bahasa yang kamu inginkan.

Pengaturan Kunci Layar

Pengaturan yang kedua ini penting banget. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa melindungi privasi tangan orang jahil yang iseng-iseng mengorek privasi di HP-mu.

Untuk mengatur pengaturan kunci layar kamu bisa klik “Settings > Lock Screen.” Setelah itu kamu tinggal pilih pola kunci yang diinginkan seperti Swipe (Usap), Pattern (Pola), PIN dan Password.

Kalau kamu ingin keamanan tingkat lanjut, Samsung masih punya dua opsi keamanan yang lebih seru yakni Face Recognition (Pengenal Wajah) dan Fingerprints (Sensor Sidik Jari).

Untuk mengaktifkan fitur keamanan ini caranya gampang. Kamu tinggal klik “Face” (Wajah) atau “Fingerprints” (Sidik Jari) yang ada di kolom “Biometrics” (Biometrik). Setelah itu ikuti instruksi yang diberikan oleh Samsung. Biasanya kamu hanya perlu mencocokkan wajah dan juga sidik jari.

Mengatur Panel Quick Settings

Quick Settings adalah panel yang bisa kamu pakai untuk mengakses fitur Samsung dengan cepat. Saat pertama kali membeli HP Samsung, panel ini sudah terisi dengan fitur-fitur default Samsung seperti WiFi, Bluetooth, Portrait, Airplane Mode, Power Saving Mode, Mobile Data, dll.

Di HP Samsung kamu memang nggak bisa mengatur fitur mana yang ingin tampil di panel Quick Settings. Tapi kamu bisa mengubah posisi fitur-fitur yang menurutmu penting di halaman pertama panel. Dengan begitu kamu bisa mengaksesnya dengan cepat.

Untuk mengubah tata letak fitur di panel Quick Settings cukup swap layar ponsel ke bawah. Setelah itu swap panel ke kiri sampai muncul tampilan di bawah ini dan klik ikon “+.” Setelah itu drag and drop fitur yang mau kamu pindah posisinya. Kalau sudah, klik “Done” (Selesai) untuk menyimpan pengaturan.

Ganti Nama Perangkat

Kalau kamu mau, kamu bisa mengganti nama HP Samsung-mu lho. Jadi nanti HP-mu bisa lebih mudah dikenali saat terhubung ke perangkat lain.

Untuk mengganti nama Samsung, kamu bisa klik “Settings (Pengaturan) > About Phone (Tentang Ponsel) > Edit.” Setelah itu ganti nama HP-mu sesuai selera dan klik “Done” (Selesai) untuk menyimpan pengaturan.

Pengaturan Layar Beranda dan Tata Letak Aplikasi

Buatmu yang suka tampil beda, nggak ada salahnya untuk mengatur layar Beranda dan tata letak aplikasi di ponsel Samsung. Selain biar unik, kamu bisa mengatur aplikasi penting atau yang akan sering kamu akses nantinya.

Kamu bisa baca cara mengatur tata letak aplikasi ponsel Samsung di sini. Atau kalau mau mengubah tampilan biar lebih ‘unik,’ kamu bisa coba rekomendasi tema dan wallpaper dari Galaxy Themes.

Aktifkan Password Otomatis

Fitur pengisian password otomatis (Autofill) bakal membantumu masuk ke akun yang ada di aplikasi Samsung, atau yang kamu akses lewat browser. Setelah mengaktifkan fitur ini, saran pengisian password akan muncul di bagian atas keyboard saat kamu butuhkan.

Untuk mengakses pengaturan ini kamu bisa klik “Settings (Pengaturan) > General Management (Pengaturan Umum) > Autofill Service (Layanan Isi Otomatis).” Kamu juga bisa klik “Add Service” (Tambah Layanan) untuk menambah aplikasi Password Manager lain (kalau kamu memakainya).

Menghapus Aplikasi Bloatware

Setiap membeli HP Samsung baru, HP-mu akan diisi oleh berbagai aplikasi bawaan (bloatware). Aplikasi tersebut memang sengaja dimasukkan oleh Samsung. Salah satu aplikasi bawaan yang ada dalam smartphone adalah Line, Hangouts, dan lain sebagainya.

Sayangnya kebanyakan aplikasi bloatware juga nggak bagus buat HP-mu. Pasalnya aplikasi ini bisa menguras banyak memori. Makanya nggak heran kalau banyak orang lebih suka menonaktifkan atau menghapus aplikasi tersebut.

Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi bloatware Samsung? Samsung sampai sekarang tidak memfasilitasi penggunanya dengan fitur untuk menghapus aplikasi bloatware. Tapi jangan khawatir. Kamu tetap bisa menghapus aplikasi bloatware. Ya, walau harus pakai bantuan aplikasi pihak ketiga sih. Kalau kamu memang mau menghapus aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa baca tutorialnya di sini.

    %d blogger menyukai ini: