12 Film Korea Terbaik, Populer, dan Perlu Kamu Tonton

salah satu film korea terbaik, train to busan

Serial drama Korea romantis memang sangat populer. Namun sebenarnya kekuatan sinema Korea bukan itu saja. Ada banyak film yang bagus, seru, dan mengguncang. Kali ini kami berusaha memilih beberapa film Korea terbaik.

Harus diakui, drama memang jadi kekuatan sinema Korea. Entah terbungkus dalam kemasan komedi, aksi, bahkan horor, film Korea selalu punya drama yang unik.

Dari sisi hiburan, budaya populer dari Korea memang meningkat pesat. Tidak hanya film, tapi juga komik dan terutama musik. Seperti film Jepang, sineas Korea pun menemukan keunikannya sendiri.

Sebenarnya banyak film bagus yang layak disebut sebagai film Korea terbaik. Terutama untuk kelas festival film. Mungkin ada yang tertinggal dari daftar ini. Harap maklum.

Old Boy (2003)

Film besutan Park Chan-wook ini hampir selalu masuk dalam daftar film Korea terbaik. Old Boy, merupakan film kedua dari the Vengeance Trilogy. Film ini berdasarkan manga berjudul sama karangan Nobuaki Minegishi.

Old Boy bercerita tentang Oh Dae-su, seorang pria yang dikurung selama 15 tahun tanpa tahu identitas penculik dan apa tujuannya. Walau disebut sebagai film aksi neo-noir, cerita yang mengguncanglah yang membuatnya memukau banyak orang.

Train to Busan (2016)

Film ini meraih jumlah penonton terbanyak di Korea untuk tahun 2016 (lebih dari 10 juta penonton). Train to Busan merupakan film action thriller bertema zombie apocalypse.

Film yang disutradarai oleh Yeon Sang-ho ini memiliki cerita yang dengan latar perjalanan kereta menuju Busan. Keterbatasan membuat para penumpang harus berbuat yang terbaik untuk bertahan hidup saat zombie menyerang.

Memories of Murder (2003)

Memories of Murder merupakan film drama kriminal karya Bong Joon-ho. Sutradara ini kemudian terkenal dengan film Snowpiercer (diperankan Chris Evans dan Tilda Swinton) yang populer.

Memories of Murder bercerita tentang dua detektif yang berusaha memecahkan misteri. Kisah ini dibuat berdasar kisah nyata dari pembunuh berantai pertama di Korea.

[irp posts=”52167″ name=”Bengong? Coba Deh Nonton 6 Film Seri HBO Terbaik Ini”]

Taegukgi (2004)

Film yang memiliki judul lengkap Taegukgi: The Brotherhood of War ini, selain dianggap sebagai salah satu film Korea terbaik, juga merupakan salah satu yang paling laris. Taegukgi meraih penonton sebanyak 11,74 juta orang, memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Silmido.

Film perang ini berkisah tentang dua kakak beradik Jin Tae dan Jin Seok yang dipaksa ikut dalam perang saudara di Korea tahun 1950. Taegukgi menyajikan drama peperangan yang heroik dan tragis.

The Good, The Bad, The Weird (2008)

Film ini sedikit unik karena merupakan film koboi ala Korea. The Good, the Bad, the Weird — yang terinspirasi film legendaris the Good, the Bad, and the Ugly karya Sergio Leone — disutradarai oleh Kim Jee-woon dan dibintangi oleh Lee Byung-hun.

The Good, the Bad, the Weird mempertemukan seorang pembunuh, pencuri, dan bounty hunter dalam pencarian peta harta karun, yang juga diburu oleh tentara Jepang.

The Man From Nowhere (2010)

The Man From Nowhere merupakan film action thriller yang disutradarai oleh Lee Jeong-beom. Seperti yang bisa kamu lihat di trailer-nya, film ini punya aksi yang seru (seperti John Wick — atau sebaliknya?).

The Man From Nowhere bercerita tentang seorang mantan pasukan elit yang kembali beraksi setelah seorang anak yang jadi temannya diculik.

Welcome to Dongmakgol (2005)

Film ini masuk dalam nominasi Oscar 2005 untuk film berbahasa asing terbaik. Selain berprestasi dari segi kualitas, Welcome to Dongmakgol juga meraih kesuksesan komersial.

Welcome to Dongmakgol berlatar perang Korea di tahun 1950. Di film ini pasukan dari Korea Utara dan Selatan, bersama seorang pilot Amerika, bertemu di sebuah desa terpencil, yang tidak tahu keadaan di luar (termasuk kalau sedang perang).

Miracle in Cell no.7 (2013)

Miracle in Cell no.7 adalah sebuah film drama komedi. Film ini dirilis berdekatan dengan film The Berlin File yang menjadi blockbuster saat itu. Hebatnya, walau tanpa bintang film papan atas, film ini berhasil meraih perhatian dan pujian.

Film Miracle in Cell no.7 bercerita tentang seorang pria yang dipenjara dengan tuduhan membunuh dan rindu dengan anaknya. Teman-teman satu selnya kemudian membantu menyelundupkan si anak ke dalam penjara.

3-Iron (2004)

Film ini merupakan karya Kim Ki-duk, seorang sutradara papan atas Korea, yang terkenal dengan film-film kelas festivalnya. 3-Iron membawa Kim Ki-duk memenangkan penghargaan Sutradara Terbaik di Festival Film Internasional Venisia.

3-Iron bercerita tentang kisah asmara antara seorang pemuda (Tae-suk) yang menggelandang dengan seorang istri (Sun-hwa) yang diperlakukan kejam oleh suaminya. Tae-suk kemudian masuk penjara dan belajar cara bagaimana tidak menarik perhatian (seperti ninja). Keluar dari penjara, ia bertemu dengan Sun-hwa kembali.

My Sassy Girl (2001)

My Sassy Girl adalah sebuah film komedi romantis yang sangat terkenal. Begitu populernya sampai dibuat versi Hollywood yang dibintangi oleh Elisha Cuthbert.

My Sassy Girl bercerita tentang hubungan seorang pemuda (Gyeon-woo) dengan seorang gadis yang bertingkah aneh. Sementara Gyeon-woo hendak dijodohkan oleh tantenya dengan seorang gadis lain. Plot cerita film ini beragam, lucu, tapi juga menyentuh.

Burning (2018)

Burning adalah sebuah film drama misteri psikologis dari Lee Chang-dong. Film ini berhasil mendapat nominasi penghargaan bergengsi Palme d’Or di Festival Film Cannes.

Burning bercerita tentang kisah dari tiga individu beserta kejadian misterius yang mereka alami. Jongsu bertemu dengan Haemi, teman lamanya. Ketika Haemi hendak pergi ke Afrika, ia menitipkan kucingnya pada Jongsu. Sepulang dari sana, Haemi memperkenalkan Jongsu pada Ben, teman yang ia temui di Afrika. Suatu ketika, Ben dan Haemi mengunjungi Jongsu, dan Ben membuka minat terpendamnya poda Jongsu.

Parasite (2019)

Parasite adalah film pemenang Piala Oscar untuk Film Terbaik tahun 2020. Film karya Bong Joon-Ho ini juga menjadi film pertama dengan berbahasa Asing yang meraih penghargaan tersebut.

Parasite bercerita tentang keluarga Kim yang miskin menipu keluarga Park yang kaya. Mulai dari anak pertama yang menjadi guru les, sampai seluruh keluarga. Tapi jangan anggap ceritanya akan klise. Karena Parasite menyajikan cerita yang penuh kejutan. Film ini bernuansa dark comedy dengan bumbu thriller.

%d blogger menyukai ini: