Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur ColorOS di realme 5 Pro Yang Bisa Lebih Baik Lagi

Anom Penulis

Smartphone realme 5 Pro hadir dengan ColorOS 6.0. Walau secara keseluruhan sudah cukup baik, saya merasa kalau tampilan antar muka dan sistem Android ini bisa lebih baik lagi. Ada beberapa hal yang menjadi bisa menjadi perhatian, terutama kalau realme mau mengembangkan realmeOS.

Sekali lagi, sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh, ColorOS di realme 5 Pro lumayan enak dilihat dan dipakai. Baik dari sisi desain tampilan antar muka, termasuk animasi (misal membuka dan menutup aplikasi). Lalu sistem ini juga memiliki berbagai fitur atau aplikasi seperti Phone Manager dan Game Space.

Di sisi lain, ada beberapa hal kecil yang bagi saya sedikit mengganggu. Sekedar info, walau pernah memakai beberapa skin Android dari beberapa merk ponsel, saya terbiasa dengan stock Android dengan Nova Launcher. Yah, supaya kalian juga bisa melihat bagaimana sudut pandang perbandingan saya ini.

Lalu, apa saja fitur yang bisa dibuat lebih baik lagi?

Andaikan Ada Theme Editor

Awalnya sederhana saja. Saya ingin bisa mengganti ikon aplikasi dengan icon pack dari Play Store. Saya ingin melihat ikon dengan bentuk seragam, tidak berbeda bentuk. Lalu, untuk Home Screen, saya suka melihat ikon aplikasi tanpa tulisan. Mungkin selera kita berbeda, tapi intinya adalah punya pilihan lebih baik.

Sejauh ini saya belum menemukan cara yang paling praktis untuk tetap memakai ColorOS dan mengganti ikon (silakan beri pencerahan kalau ada). Tentu saja, pilihan lain adalah memakai launcher. Tapi itu artinya mengganti sebagian besar tampilan antar muka dan tidak murni ColorOS lagi.

Perbandingan tampilan ColorOS dan Nova Launcher di ponsel realme 5 pro
Perbandingan tampilan ColorOS dan Nova Launcher (versi saya)

Saat ini memang tidak ada theme editor di ColorOS. Saya baru menemukan Theme Store di dalam ponsel. Tapi aplikasi itu masih cukup terbatas. Terutama kalau saya tidak menemukan theme yang cocok dengan selera saya.

Kalau ada aplikasi Theme Editor, pengguna bisa mengatur tampilan — baik wallpaper, ikon, dan mungkin pilihan mode (gelap terang) — dengan lebih baik. Mungkin, “hasil racikan” kita di Theme Editor bisa dibagikan ke Komunitas, beserta informasi wallpaper dan icon pack yang dipakai. Jadi selain bisa pamer tampilan keren, kita juga bisa mendukung para pembuat icon pack, wallpaper, dll.

Smart Assistant Mendukung Widget

Bidang Smart Assistant yang bisa dimunculkan di bagian paling kiri Home Screen bisa menampilkan beberapa informasi penting. Ya, bisa diartikan semacam menampilkan widget di tempat khusus.

Namun, sayangnya Smart Assistant belum mendukung semua widget. Baru aplikasi bawaan ColorOS saja. Kalau mau membandingkan, salah satu launcher yang memiliki fitur seperti ini adalah Microsoft Launcher.

Baca Juga:  Aksen Ala 'Papan Catur,' Yuk Intip Desain Tablet realme Pad X yang Rilis 24 Mei 2022
Perbandingan Smart Assistant ColorOS dan Microsoft Launcher di realme 5 pro
Perbandingan Smart Assistant ColorOS dan Microsoft Launcher

Implementasi Microsoft Launcher sendiri belum ideal (saya lebih suka penampilan Smart Assistant di ColorOS). Tapi kita bisa memasang berbagai widget di sidebar tersebut. Misalnya memasang widget aplikasi To-do, Catatan, atau inbox email, sehingga kita bisa melihat hal penting dengan cepat. Permasalahan utama untuk hal ini adalah menghadirkan tampilan yang senada (dengan tampilan ColorOS) untuk berbagai widget itu.

Hal ini mungkin membutuhkan kerja sama dengan developer aplikasi bersangkutan. Sekali lagi, Microsoft Launcher juga masih kurang ideal. Yah, tidak semua orang memakai widget, tapi kalau realme bisa mendukungnya, Smart Assistant bisa lebih fungsional.

Setelan Phone Manager dan Battery Saver

Menurut saya, Phone Manager dan Battery Saver di ColorOS cukup agresif (walau ada Smart Power Saver). Dalam arti, ada beberapa aplikasi yang memang berfungsi bekerja di latar belakang — seperti password manager dan launcher — dianggap menggangggu. Bahkan ada aplikasi yang tidak aktif masuk di situ (pada gambar terdapat Microsoft Launcher dan Proton VPN, padahal di daftar aplikasi yang memakai baterai terakhir kedua aplikasi itu tidak ada). Yah, bisa sedikit kita pahami karena aplikasi tersebut bukan aplikasi bawaan.

Secara keseluruhan — kalau kita cuek — memang tidak mengganggu. Tapi kalau kamu suka melakukan cek di aplikasi Phone Manager atau Battery Saver, mungkin kamu akan kerap melihat notifikasi gangguan tersebut.

Phone Manager dan Battery App ColorOS

Sayangnya — sejauh yang saya perhatikan — belum ada fitur “whitelist” di sini. Sebagai contoh, saya bisa memasukkan aplikasi password manager yang saya pakai (karena juga saya pakai di laptop dan handphone lain) di daftar “aman” itu. Kalau ada penggunaan tidak wajar pada daya (baterai) atau akses lain, sistem bisa menawarkan kita untuk mengontak developer aplikasi bersangkutan.

Mungkin tidak semua pengguna peduli dengan detil seperti ini. Namun, kalau ada yang memakai aplikasi penting di latar belakang dan “terbunuh” oleh sistem, mereka bisa bingung ketika menemukan aplikasi tersebut tidak berjalan di saat yang dibutuhkan. Semoga saja AI di ColorOS bisa cukup cerdas mengenali pola pemakaian ini sebelum fitur “whitelist” ada.

Folder Screenshot dan Rekaman Layar

Saat ini di ColorOS realme 5 Pro, folder screenshot dan rekaman layar (dari Game Space) berada di dalam folder DCIM yang juga meliputi foto dari kamera. Menurut saya, pengaturan folder ini seharusnya bisa lebih baik. Screenshot seharusnya masuk di folder berbeda.

Misalnya untuk screenshot bisa masuk di folder Pictures/screenshot dan rekaman layar yang berupa video bisa masuk di folder Video. Cara lain, beri pengguna pilihan mau menyimpan di mana.

Baca Juga:  Siap-Siap! realme GT Neo 3T akan Rilis 7 Juni 2022 di Indonesia

Kenapa menurut saya seperti itu? Sederhana. Saya memakai aplikasi Google Photos untuk menyimpan foto dan video di cloud. Di aplikasi tersebut, saya mengatur HANYA folder kamera (DCIM) yang melakukan sinkronisasi.

Ketika kamu sering melakukan screenshot (seperti saya ketika menulis tutorial), hal itu masuk dalam berkas yang diunggah ke Google Photos. Hasilnya, banyak berkas “sampah” yang muncul di galeri Google Photos.

Perbandingan folder screenshot di ColorOS dan Stock Android
Perbandingan folder screenshot di ColorOS dan Stock Android

Lalu, ketika kamu merekam layar (anggaplah saat main game), berkas itu juga akan masuk dalam daftar upload. Kalau kamu kurang jeli mengatur koneksi untuk upload (misalnya mengijinkan koneksi seluler), maka kuota internet bisa termakan cukup besar.

Kalau sekedar foto ukurannya masih kecil. Tapi kalau video Full HD, untuk durasi 1 menit bisa memakan ±100MB. Bayangkan kalau kamu asik main game dan merekam aksimu berkali-kali.

Ya, memang ada kemungkinan aplikasi seperti Google Photos atau aplikasi cloud lain yang bisa menerapkan pengaturan berkas lebih baik. Tapi toh di Android sudah terdapat folder seperti Pictures.

Stock Android mampu memisah folder tersebut. Aplikasi perekam layar lain juga meletakkannya di folder terpisah. Google Play Games meletakkannya di folder Screencast, dan Mobizen di folder mereka sendiri (ada pilihan juga mau dimasukkan mana).

Tampilan Visual yang Lebih Baik

Saat ini, Color OS memang sudah enak dilihat. Tapi, di beberapa tempat masih ada beberapa elemen yang kurang terlihat (kurang kontras). Lucunya, pada ColorOS di realme 3 yang saya pakai dulu terlihat cukup kontras.

Salah satunya ada di pusat notifikasi (Notification Center). Di sana, tombol reaksi cepat berwarna hijau dan kurang terlihat kontras dengan latar belakang. Hal ini menyebabkan tombol pilihan itu sulit dibaca. Mas Rival Krisnawan sudah menyebutkan hal ini di forum komunitas realme.

Tombol tindakan di notifikasi realme 5 Pro

Masalah keterbacaan di desain visual memang gampang-gampang susah. Satu sisi bisa mewakili branding, di sisi lain mewakili sisi fungsionalitas. Sekali lagi, hal ini seharusnya bisa lebih baik.

Apalagi nanti kalau realme menerapkan mode gelap di ColorOS (yang katanya akan hadir sekitar bulan Oktober dan November). Tingkat kontras yang baik di berbagai elemen (tidak terlalu keras tapi masih bisa terlihat bedanya) sangat dibutuhkan.

Yah, untuk sementara itu dulu curhatan saya soal beberapa fitur ColorOS di realme 5 Pro. Mungkin seiring waktu — kalau saya menemukan hal lain yang mengganjal — akan saya tambahkan. Bisa juga saya kurangi kalau ternyata realme memenuhi curhatan saya ini (hahaha).