Akankah Prosesor Huawei Kirin 980 Diumumkan Akhir Agustus?

prosesor Kirin
Anom Penulis

Beberapa waktu lalu Huawei mempublikasikan bahwa mereka akan melakukan presentasi di acara Internationale Funkausstellung Berlin (IFA) pada tanggal 31 Agustus 2018. Hal ini memunculkan spekulasi kalau chipset terbaru Huawei Kirin 980 akan diumumkan.

IFA merupakan acara teknologi yang menampilkan produk elektronik terbaru. Tidak jarang perusahaan besar, seperti Samsung, Sony, LG, dll melakukan pengumuman penting di acara ini. Salah satunya adalah handphone LG V30.

Kembali ke Huawei, di publikasi itu (via Gizchina) jelas menyebutkan presentasi di IFA 2018 pada jam 2:00-2:45 PM CEST di Hall 26 B, Messegelände Expocenter City, Berlin. Tapi yang menarik dilihat adalah latar belakang banner tersebut.

Huawei IFA 2018
Publikasi Huawei untuk IFA 2018 (foto: Gizchina)

Jaring dengan banyak titik seperti ini sering dipakai untuk menggambarkan jaringan informasi. Akhir-akhir ini lebih sering diasosiasikan dengan artificial intelligence (AI). Seperti kita ketahui, Huawei merupakan salah satu yang berdiri di garda depan untuk urusan AI. Misalnya teknologi kamera yang hadir di Huawei P20 Pro dan pengembangan teknologi GPU Turbo.

Huawei P20 Pro yang beredar saat ini menggunakan chipset Kirin 970 yang dilengkapi dengan NPU (neural processing unit). Chipset dengan teknologi 10nm ini diperkenalkan di IFA 2017. Jadi tidak heran kalau Kirin 980 diduga kuat akan hadir di IFA 2018.

Kirin 980 disebut akan berbasis teknologi 7nm, menggunakan quad-core A77 dan quad-core A55. Sebelum ini biasanya chipset Kirin menggunakan Mali sebagai GPU-nya. Namun rumor menyebutkan kalau Huawei juga mengembangkan GPU sendiri.

Sehubungan dengan teknologi AI, Kirin 980 juga disebut menggunakan NPU “Cambricon 1M” yang dirilis bulan Mei lalu (Kirin 970 menggunakan Cambricon 1A). Chip cerdas ini juga dibangun dengan teknologi 7nm dan punya efisiensi daya sebesar 5TOPs/W (tera-operations per second per Watt).

pengumuman 1m cambricon
Rilis Cambricon 1M

Jadi chipset Kirim 980 diharapkan bisa mengolah data lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih efisien. Gizchina menyebutkan kalau smartphone yang akan menggunakan chipset ini pertama kali adalah Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro.

Sebelum ini juga sempat beredar bocoran performa Huawei Mate 20 saat uji coba dengan AnTuTu. Hasil skor Huawei Mate 20 adalah 356918 (via GSMarena). Meninggalkan Samsung Galaxy S9+ yang memiliki skor 264044.

Hm, sejauh ini memang sudah terlihat kalau Huawei gencar melakukan inovasi. Smartphone P20 sudah melakukannya untuk kamera handphone. Beberapa inovasi lain seperti AI dan GPU Turbo sudah mulai menunjukkan taringnya dan mulai diuji di dunia nyata.

Akan menarik melihat penggunaan chipset Kirin 980 di handphone terbaru Huawei. Apakah akan ada fitur baru yang menggebrak? Layak ditunggu.

    %d blogger menyukai ini: