4 Fitur Yang Jadi Kekurangan WhatsApp

whatsapp-iphone

Saat ini, WhatsApp adalah aplikasi chatting paling populer di dunia. Di sisi lain, WhatsApp masih punya kekurangan dari sisi fitur. Kira-kira fitur apa yang bisa diharap hadir di WhatsApp?

Ya, dibandingkan aplikasi chatting populer lain, seperti LINE dan Telegram, dari segi fitur WhatsApp masih boleh disebut anak bawang. Sebagai contoh, WhatsApp termasuk paling akhir memberi fitur video chat.

Begitupun dengan fitur populer lain, yaitu stiker. Bahkan, ketika hadir pun, membuat stiker di WhatsApp tidak semudah aplikasi lain.

Nah, kembali ke pertanyaan awal, fitur apa yang sudah ada di aplikasi lain yang kira-kira oke kalau ada di WhatsApp? Yuk kita lihat kekurangan WhatsApp bersama.

Jajak Pendapat (Polling)

Berdasar pengalaman, salah satu hal yang paling ribet saat ngobrol di WhatsApp adalah mengambil keputusan atau meminta pendapat. Misalnya mau makan siang di mana, mau nonton apa, kapan mau nongkrong bareng, dll.

Fitur jajak pendapat bisa dengan mudah memecahkan permasalahan ini. LINE dan Telegram sudah memilikinya. WhatsApp masih belum punya. Untuk bisa melakukan jajak pendapat di WhatsApp kita harus menggunakan layanan lain.

Mengamankan Percakapan

Percakapan di aplikasi chatting adalah hal pribadi. Walau begitu, kadang ada teman yang iseng lihat sana sini saat meminjam hp. Fitur mengamankan percakapan dengan password akan menghindari hal itu.

Beberapa aplikasi chatting seperti Telegram dan Signal sudah memilikinya. Sementara WhatsApp belum. Fitur ini jelas sangat berguna sebagai tambahan keamanan di samping lock screen ponsel.

Multi Akun

Aplikasi WhatsApp terikat dengan nomor telepon. Walau begitu, kalau kita memakai dual SIM card, kita tidak bisa menggunakan keduanya di dalam satu aplikasi WhatsApp. Untuk menggunakannya, kita harus memakai dua aplikasi WhatsApp, atau menggunakan yang satu dengan WhatsApp Business.

Aplikasi Telegram sudah mendukung multi akun. Di era ketika ponsel sudah mendukung dual SIM card, sebenarnya hal ini cukup wajar. Jadi kita bisa membedakan kepentingan secara lebih leluasa (misalnya teman dan keluarga di akun WhatsApp personal yang berbeda, dan profesional di WhatsApp Business).

Mode Gelap (Dark Mode)

Yah, fitur satu ini mungkin sekedar kosmetik. Tapi toh kita tidak bisa mengelak kalau dalam kondisi tertentu mode ini lebih enak dilihat. Ha, lebih keren juga.

Sebagian besar aplikasi chatting sudah mendukungnya. Baik Telegram, Signal, maupun Messenger. Sedangkan WhatsApp masih bertahan dengan tampilan aslinya. Hm, memang kita bisa mengganti wallpaper. Tapi ya sebatas itu saja.

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.