Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Cara Mengganti Icon Aplikasi Android dengan Mudah dan Tampil Keren

Bosan dengan Tampilan Ikon Aplikasi Gitu-gitu Aja? Coba Ganti Tema Ponselnya Supaya Lebih Segar

3 Cara Mengganti Icon Aplikasi Android dengan Mudah dan Tampil Keren
Febri Penulis

Home Screen Android sangat unik. Karena penampilan Home Screen pengguna satu bisa berbeda dengan yang lain. Pengguna biasanya suka berganti tema sekaligus mencari cara mengganti ikon aplikasi Android mana yang paling menarik dan tidak membosankan.

  • Solusi Cepat
    Untuk kamu yang ingin mengetahui cara mengganti icon aplikasi Android, kamu bisa melakukan langkah berikut: Buka Pengaturan > Pilih menu Tema & Wallpaper > Pilih menu Toko Tema > Cari Tema yang diinginkan > Selesai, dengan mengganti tema HP maka secara otomatis juga akan mengganti tampilan icon aplikasi di ponsel Android kamu.

Tutorial Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Terlengkap

Kamu bisa mengganti ikon aplikasi dengan bantuan aplikasi Launcher atau dengan aplikasi pengatur ikon. Di sini sebagai salah satu contoh saya menggunakan aplikasi Nova Launcher. Selain itu saya juga memberi contoh dengan aplikasi Awesome Icons di Moto App Launcher (bawaan handphone Motorola).

Dan untuk ponsel atau smartphone yang sudah android 13 ke atas seperti smartphone gaming ROG Phone 6 yang saya gunakan saat ini, ada fitur seperti mengganti tema yang sudah tersedia banyak pilihannya di toko tema, dengan mengganti tema HP maka ikon di ponsel juga ikut berganti.

1. Mengganti ikon aplikasi Android dengan Nova Launcher

Nova Launcher merupakan salah satu aplikasi launcher terbaik di Android. Ia memiliki fitur yang banyak dan detil. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengganti seluruh tampilan ikon — baik di Home Screen maupun di Daftar Aplikasi — dan mengganti secara satuan.

Tentu saja hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi ini. Kamu bisa memilih menggunakan Nova Launcher gratis atau Nova Launcher Prime yang komersial.

Untuk panduan mengganti ikon aplikasi Android dengan Nova Launcher, kamu bisa baca tutorialnya di bawah ini:

  1. Download icon pack di Play Store.
  2. Buka Nova Settings.
  3. Masuk ke “Look & Feel” atau “Tampilan & Nuansa“.
  4. Tekan “Icon Theme” atau “Tema ikon“.
  5. Pilih icon pack yang kamu suka.
  6. Pasang Tema Ikon yang sudah dipilih tadi.
  7. Selesai, berhasil mengganti ikon aplikasi Android dengan Nova Launcher.
3 Cara Mengganti Icon Aplikasi Android dengan Mudah dan Tampil Keren

a. Mengatur tampilan tema ikon Nova Launcher yang belum berubah dan masih menggunakan icon default apps

Sekarang hampir semua ikon aplikasi yang kamu pasang sudah berubah walaupun hampir semuanya bisa berubah dan kemungkinan masih ada beberapa aplikasi yang tidak berubah, karena icon pack yang kamu unduh tidak memiliki versi alternatifnya.

Baca Juga:  Google Pixel 7 & Pixel 7 Pro Tidak Bawa Banyak Pembaruan

Lalu apa solusinya yang bisa kamu lakukan untuk mengganti ikon aplikasi yang tidak berubah tersebut? Di bawah ini sudah saya berikan jalan keluarnya, silakan di simak baik-baik:

  1. Tekan dan tahan ikon aplikasi yang bersangkutan.
  2. Saat muncul menu pop-up (context menu), pilih “Edit” atau “Sunting“.
  3. Di tampilan “Edit Shortcut” atau “Sunting Pintasan“, tekan gambar ikon.
  4. Pilih salah satu icon pack atau ambil gambar dari Galeri.
  5. Selesai
3 Cara Mengganti Icon Aplikasi Android dengan Mudah dan Tampil Keren

b. Mengganti ikon aplikasi dengan desain sendiri

Kalau kamu mau membuat sendiri ikon untuk sebuah aplikasi, harap siapkan file gambar PNG dengan ukuran paling tidak 192 x 192 pixel. Cara ini juga berguna kalau kamu menyematkan website di home screen dan tidak suka dengan ikonnya.

3 Cara Mengganti Icon Aplikasi Android dengan Mudah dan Tampil Keren

2. Mengganti ikon aplikasi Android menggunakan aplikasi Awesome Icons

Selain launcher, ada aplikasi yang membantumu mengganti ikon aplikasi Android. Di sini saya menggunakan aplikasi yang bernama Awesome Icons di launcher bawaan handphone Moto G5s Plus saya, yaitu Moto App Launcher.

  1. Unduh aplikasi Awesome Icons.
  2. Buka aplikasi tersebut.
  3. Aplikasi Awesome Icons akan membaca semua aplikasi yang kamu punya (termasuk kalau kamu punya icon packs).
  4. Pilih ikon yang kamu inginkan sesuai aplikasi (kamu juga bisa mengambil dari galeri)
  5. Tekan “OK” di setiap pilihan.
  6. Selesai
ganti ikon android tanpa launcher

Untuk cara yang satu ini, kamu tetap harus memilih ikon satu persatu, tidak bisa semua sekaligus. Selain itu, kamu juga tidak bisa menyunting ikon websote yang kamu sematkan di Home Screen (paling tidak untuk saat ini).

  • Info
    Cara kedua ini bisa dilakukan untuk pengguna smartphone buatan Motorola atau Android 13 ke bawah.

3. Mengganti icon aplikasi Android menggunakan Theme Store bawaan HP

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih menu Tema & Wallpaper.
  3. Buka menu Toko Tema.
  4. Pilih Tema yang kamu inginkan.
  5. Unduh Tema tersebut.
  6. Pasangkan tema yang sudah kamu unduh tadi.
  7. Selesai, kamu telah berhasil mengganti icon aplikasi Android menggunakan tema yang sudah disediakan oleh Theme Store bawaan HP.
Baca Juga:  Cara Membatasi Aplikasi Android Bekerja di Latar Belakang dengan Mudah

Tutorial mengganti ikon aplikasi Android ketiga dan kedua ini pada dasarnya sama yaitu sama-sama menggunakan aplikasi pengganti tema + icon aplikasi bawaan yang sudah disediakan oleh pihak developer brand ponsel tersebut.

Kebutulan devices yang saya pakai sekarang itu ROG Phone 6 Android 13 dan memiliki fitur Toko Tema sendiri yang bisa diakses secara gratis dan berbayar. Jadi tinggal pilih saja tema mana yang cocok, tinggal unduh dan pasang.

  • Info
    Biasanya untuk smartphone Android 13 ke atas dengan UI stock Android, maka kurang lebih tampilan menu dan fitur yang dimiliki masih sama dengan smartphone gaming yang saya gunakan saat ini.

What’s Next: Ponsel Tampil Lebih Menarik dengan Mengganti Tema Bawaan

Itu lah panduan lengkap cara mengganti icon aplikasi Android dengan theme store bawaan HP, jika smartphone kamu tidak memiliki fitur atau aplikasi untuk mengganti tema HP maka kamu bisa gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Nova Launcher.

Untuk mengganti icon aplikasi Android itu ada banyak cara yang bisa kamu tempuh, contohnya dengan mencoba berbagai macam aplikasi tema atau launcher yang beredar di Google Play Store. Namun saya tidak merekomendasikan kamu menginstal aplikasi launcher sembarangan.

Karena tidak semua launcher itu bagus seperti Nova Launcher, kebanyakan dari launcher yang lain itu, meskipun menyediakan banyak icon packages namun kebanyakan bisa menghabat performa HP. Sehingga membuat devices jadi terasa lebih lemot dari biasanya bahkan bisa bikin crashed.

Maka dari itu, di artikel ini tidak saya tulis semua launcher nya karena percuma juga jika kamu ingin mencobanya. Lebih baik saya pilihkan satu launcher terbaik yang bisa kamu coba langsung.

Namun jika di smartphone kamu memiliki Toko Tema sendiri seperti ROG Phone 6, lebih baik kamu menggunakan tema bawaan HP merek kamu saja, itu jauh lebih aman dari crash dan lemot karena temanya official alias resmi bawaan HP.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.