Microsoft Kembangkan Engsel Canggih untuk Perangkat Lipat

konsep microsoft courier

Walau belum benar-benar hadir di tengah kita, ponsel lipat menjadi ambisi banyak perusahaan teknologi. Microsoft juga disebut sedang mengembangkan perangkat sejenis dan sudah mendaftarkan paten untuk sistem engsel canggih perangkat lipat.

Perangkat lipat menjadi sasaran berikutnya dari inovasi teknologi karena bisa menghadirkan konten lebih banyak dengan bentuk yang lebih ringkas. Samsung sudah merilis Galaxy Fold dan Huawei sudah menunjukkan Mate X.

Namun, rilis perangkat tersebut mengalami hambatan. Salah satunya karena kendala teknis. Baik di sisi layar maupun engsel yang belum optimal.

Microsoft kelihatannya berusaha memecahkan masalah ini sebelum merilis produk mereka sendiri. Sebelum ini, Microsoft sudah terkenal berhasil membuat engsel canggih untuk perangkat laptop 2-in-1 Surface Book.

Berdasar telisik WindowsUnited (via The Verge) Microsoft sudah mendaftarkan paten untuk beberapa jenis engsel canggih untuk perangkat lipat.

Berbagai konsep engsel itu memang terlihat kompleks. Tidak hanya soal sistem engsel itu sendiri, tapi juga sistem kabel, layar, dan hal terkait.

Salah satu sistem engsel canggoh perangkat lipat dari Microsoft
Salah satu sistem engsel dari Microsoft

Salah satu sistem engsel yang paling menarik adalah yang berisi cairan di dalamnya dan dengan materi yang bisa berubah bentuk. Secara teori, kedua hal ini memungkinkan proses lipat berjalan lebih fleksibel.

Sistem ini juga dirancang dengan mempertimbangkan pemakaian layar OLED di kedua sisi atau termasuk di sisi yang fleksibel.

Sistem engsel dengan memanfaatkan cairan dari Microsoft
Sistem engsel dengan memanfaatkan cairan

Paten tersebut memang tidak menyebutkan perangkat tertentu. Walau begitu, beberapa paten perangkat Surface sudah pernah beredar di internet, termasuk rumor terkait. Misalnya konsep Microsoft Courier atau perangkat yang disebut memiliki nama kode “Centaurus”.

Rumor lain menyebutkan bahwa walau Microsoft belum akan mengumumkan perangkat Surface lipat dengan layar fleksibel, ada kemungkinan mereka akan menunjukkan konsep tersebut di acara Surface bulan depan.

Kita sudah tahu kalau Microsoft kerap membuat produk perangkat keras yang kemudian menjadi contoh dan dasar perangkat baru. Seperti Microsoft Surface Pro (yang diikuti bahkan oleh iPad), Microsoft Book, dan Microsoft Studio. Apakah rumor itu benar adanya? Kita lihat saja.

%d blogger menyukai ini: