Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

LG Innotek Tunjukkan Modul Kamera Zoom Optik Jelang CES 2023

modul kamera telefoto lg innotek
Anom Penulis

Fotografi lewat smartphone memang memainkan peranan penting dalam perkembangan teknologi. Bagaimana memungkinkan ponsel menghasilkan gambar seperti kamera konvensional menjadi tantangan tersendiri.

LG Innotek berusaha menjawab tantangan itu dengan inovasi terbaru mereka. Modul kamera dengan zoom lensa optik merea tunjukkan menjelang acara CES 2023.

Ya, LG sendiri memang sudah mundur dari industri smartphone. Tapi perusahaan supplier modul kamera ponsel mereka masih menggeliat.

LG Innotek bekerja sama dengan Qualcomm untuk memproduksi modul kamera ini. Terutama agar modul tersebut bisa bekerja baik dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 terbaru.

Modul kamera dengan zoom lensa optik ini berusaha mewujudkan proses zoom seperti yang terdapat pada lensa kamera DSLR pada umumnya. Zoom lensa optik, yang menggerakkan lensa untuk menyesuaikan framing gambar, menghasilkan kualitas yang lebih baik dari zoom secara digital.

LG Innotek menyebutkan bahwa modul kamera mereka mampu memberikan zoom sekitar 4 sampai 9 kali dengan gambar yang tetap bagus. Proses ini memanfaatkan zoom actuator yang mereka kembangkan secara khusus.

Komponen zoom actuator ini tidak hanya memberi gambar yang bagus, tapi juga bisa menggerakkan lensa dengan cepat, punya ketahanan, dan hemat baterai. Pergerakan lensanya disebut bisa akurat sampai ukuran mikrometer (µm).

LG Innotek juga menambahkan bahwa kombinasi antara zoom actuator dan OIS (optical image stabilization) bisa menjaga proses zoom tetap stabil, tanpa gangguan dari gerakan. Lalu arsitektur modul kamera ini juga akan mengurangi tonjolan kamera (camera bump) di smartphone.

Modul kamera ini nampaknya juga menggunakan konfigurasi lensa periskop untuk bisa mewujudkan pergerakan lensa secara optik. Lensa periskop sendiri bukan hal baru.

OPPO, misalnya sudah menunjukkan teknologi ini di MWC 2017. Mereka lalu memamerkan peningkatan kamera periskop di MWC 2019. Kemudian, Huawei juga sudah menerapkan teknologi ini di Huawei P30 Pro.

Baca Juga:  ASUS Perbarui Lini Laptop Gaming ROG Strix dan Zephyrus di CES 2023

Di sisi lain, Xiaomi juga bereksperimen dengan proses zoom mekanis, namun lebih mirip sistem kamera saku. Jadi dengan corong lensa muncul keluar dari bodi ponsel.

Walau begitu, LG Innotek kelihatannya cukup ambisius dengan modul kamera optical zoom mereka. Karena di website resmi, mereka berencana menjadi yang nomor satu di pangsa modul kamera smartphone lewat teknologi baru ini.