Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Samsung Display Siapkan Panel Layar Geser. Untuk Ponsel Kah?

Indri Penulis

Samsung Display rumornya tengah mempersiapkan panel layar geser. Wah, sepertinya persaingan produk layar geser akan semakin panas nih.

Hingga saat ini, Samsung Display masih menjadi pemimpin pasar panel OLED untuk smartphone. Perusahaan ini pun telah memperluas dominasinya ke pasar negara berkembang lewat produk smartphone layar lipat.

popculture.id

Baru-baru ini ada kabar yang mengatakan jika Samsung tengah mengembangkan panel layar geser. Kira-kira untuk perangkat apa ya?

Samsung Kembangkan Panel Layar Geser

Menurut analis di Display Supply Chain Consultants (via XDA-Developers), beberapa perusahaan kini tengah bersiap untuk menjajaki tren ‘perangkat layar geser.’

Dilansir dari XDA-Developers, Kwon Young Choi dari departemen Perencanaan Bisnis Samsung Display mengatakan jika perusahaan berencana ‘menghadirkan produk inovatif dengan layar yang bisa dilipat dan digeser.’

Sumber Gambar : Slashgear

Karena Samsung Display adalah vendor panel, bukan berarti Samsung Electronics berencana membuat smartphone layar geser. Meskipun ada kemungkinan sih mengingat rivalnya, sudah mengawali konsep ini.

Media Korea baru-baru ini melaporkan bahwa Samsung Display mulai memasok layar lipat ke vendor smartphone China. Kemungkinan, Samsung Display membuat layar geser hanya untuk bersaing dengan perusahaan BOE dan CSOT.

Sekedar info, BOE adalah vendor panel untuk konsep ponsel layar gulung OPPO, OPPO X 2021. Sedangkan CSOT adalah vendor untuk konsep ponsel layar gulung TCL.

Sebenarnya rival Samsung dalam urusan layar geser tidak hanya BOE dan CSOT saja. Masih ada LG yang juga membuat layar gesernya sendiri untuk smartphone. Kabarnya, ponsel layar geser LG akan hadir tahun ini.

Xiaomi juga sama. Perusahaan asal China tersebut baru-baru ini mematenkan ponsel layar geser. Bedanya, konsep yang dipatenkan Xiaomi adalah layar geser vertikal.

Intinya, sekarang ada banyak vendor yang bereksperimen membuat smartphone layar geser. Jadi rasanya masuk akal jika Samsung Display ingin membuat produknya sendiri.

Sampai sekarang belum jelas, apakah layar geser yang disiapkan perusahaan bakal akan dipakai untuk produk apa. Bisa jadi layar tersebut akan dipakai untuk smartphone.

Di sisi lain, bisa juga layar ini ditujukan untuk perangkat yang lebih besar, TV misalnya. Kalau pun layar ini ditujukan untuk TV, maka Samsung harus berhadapan dengan LG Display.

Sebab LG Display saat ini tengah mendominasi pasar TV OLED. Bahkan perusahaan baru-baru ini juga meluncurkan TV layar geser pertamanya, LG Signature OLED R.

Wah, sepertinya Samsung Display benar-benar kepanasan melihat pesaing-pesaingnya ya. Hahaha.

    %d blogger menyukai ini: