Rekomendasi Film Religi Indonesia yang Menyentuh Hati

film religi indonesia

Selain hiburan, film religi juga dapat menjadi sarana belajar agama. Berikut ini ada rekomendasi beberapa film religi Indonesia yang menginspirasi.

Saat memiliki waktu senggang, alangkah baiknya jika kita isi dengan hal bermanfaat. Salah satunya dengan menonton film religi.

Kalian tidak hanya akan terhibur, namun film religi juga bisa memberi motivasi. Tidak jarang seseorang jadi lebih termotivasi untuk meningkatkan ibadah mereka. Film jenis ini memang bisa ditonton kapan saja, apalagi saat bulan Ramadhan.

Lalu, apa saja film religi Indonesia tersebut?

Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Film yang diperankan Revalina Temat ini menceritakan perjuangan seorang wanita. Wanita ini dengan berani melawan berbagai nilai adat yang terlalu mendiskriminasi kaum hawa.

Kalian akan melihat beragam konflik sosial. Misalnya seperti pemaksaan kehendak hingga kekerasan dalam rumah tangga.

Sempat menuai kontroversi karena di dalamnya mengandung banyak adegan kekerasan. Selain itu, penyampaian nilai di dalamnya juga dianggap memicu sebagian orang muslim murtad.

Tapi di balik itu semua, ada banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran. Beberapa hal itu seperti pandangan agama serta masyarakat terhadap wanita muslim.

Sang Pencerah (2010)

K.H. Ahmad Dahlan merupakan salah satu pahlawan nasional populer. Beliau ikut berjuang dalam pergerakan nasional dan pendiri organisasi Muhammadiyah.

Dalam film ini, sosoknya diperankan oleh aktor terkenal Lukman Sardi. Film ini memberikan pelajaran pada penonton mengenai arti kesabaran dan ketaatan.

Film besutan sutradara Hanung Bramantyo ini menuai kesuksesan di Indonesia. Tidak ada salahnya menonton film ini saat waktu senggang.

Negeri 5 Menara (2012)

Bagi kalian yang suka film religi komedi, maka film ini sangat cocok untuk kalian. Film ini diperankan oleh Ikang Fawzi, Lulu Tobing, Donny Alamsyah, Aryo Wahab, dan masih banyak lagi.

Menceritakan tentang kisah 6 santri dari daerah berbeda. Mereka kebetulan memiliki cita-cita yang berbeda juga.

Saat di pesantren, mereka sering berkumpul jadi satu di masjid. Karena itulah mereka menamakan diri sebagai pemilik menara.

Di sini kalian akan disajikan bagaimana mereka berteman. Tidak hanya itu, film ini juga mengajarkan bahwa mimpi bisa diwujudkan dengan bekerja keras yang diimbangi takwa kepada Allah SWT.

Mencari Hilal (2015)

Film ini tidak memiliki konflik berat seperti yang lainnya. Tapi menariknya, film ini membahas tentang isu sosial yang terjadi di masyarakat.

Salah satu pandangan masyarakat yang dikupas dalam film ini adalah cara pandang orang terhadap Islam. Ada pula seorang ayah dan anak yang sering bertengkar karena tradisi, sosial dan budaya.

Dalam film ini, sang ayah digambarkan orang taat agama namun sedikit ‘kolot’. Sedangkan sang anak digambarkan seorang pemuda keras kepala dan ‘gaul’.

Ketika melihat film ini, kalian akan mengetahui lebih banyak hal. Salah satunya mengenai sisi lain agama Islam jika dilihat dari kacamata berbeda.

Rekomendasi film menarik lain