Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

ROG Phone 6 dan Asiknya Main Game Pakai Ponsel Gaming

foto rog phone 6
gambar: Anom | Urbandigital.id
Anom Penulis

Mungkin kamu sudah sering mendengar soal ponsel gaming. Bahkan mungkin kamu juga pernah membaca review ROG Phone 6, ponsel gaming ASUS keluaran 2022. Tapi mungkin kamu bertanya-tanya apa sih asiknya pakai ponsel khusus gaming.

Di sini, saya akan membahasnya lebih lanjut. Yah, supaya kamu lebih paham apa beda ponsel gaming dengan ponsel biasa. Selain itu, kamu juga bisa tahu kelebihan fitur ROG Phone 6 dibanding ponsel biasa.

Apa Beda Ponsel Gaming Dengan Yang Biasa?

Gaming merupakan hobi khusus yang seringkali membutuhkan perangkat khusus pula agar pemain bisa mendapatkan pengalaman maksimal. Gambar yang tajam, permainan yang imersif, dan performa mulus jadi fokus utama.

Oleh karena itu, gaming selalu menjadi kategori tersendiri di dunia teknologi. Sebagai contoh, ada laptop biasa dan ada laptop gaming. Laptop gaming selalu punya spesifikasi internal lebih tinggi dibanding yang biasa.

Seiring perkembangan teknologi, game untuk smartphone pun berubah. Kini game yang ada di ponsel sudah mulai berusaha memberikan pengalaman yang mirip dengan di konsol maupun di komputer. Akhirnya, smartphone pun memiliki kategori khusus untuk gaming.

Berbeda dengan ponsel biasa, ponsel gaming dirancang khusus untuk bisa memenuhi semua kebutuhan gamer. Intinya tetap sama, yaitu agar bisa memberikan pengalaman bermain yang maksimal.

Tidak heran, ponsel gaming biasanya memiliki layar yang lebih responsif, spesifikasi internal yang lebih tinggi, punya sistem pendingin khusus, sampai punya tambahan bidang kontrol di bodi (biasanya lewat tombol haptic).

ROG Phone 6 Memang Pantas Jadi Ponsel Gaming Pilihan

Nama ROG jelas sudah dikenal di dunia gaming. Termasuk lini smartphone ROG Phone 6 yang rilis di tahun 2022. Sejauh perjalanan panjangnya bertahun-tahun, smartphone ini tetap berhasil mempertahankan predikatnya sebagai ponsel gaming jawara.

Bahkan saat ini pengalaman bermain yang ia berikan sudah lebih baik dari generasi sebelumnya, baik ROG Phone 5 atau ROG Phone 5s.

Baca Juga:  ASUS Rilis ASUS ROG Flow X16 & ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition 2022

Mari kita bahas.

Tampilan Visual Tajam, Mulus, dan Responsif

Layar ROG Phone 6 ini memiliki besar 6,78 inci dengan rasio 20,4:9. Jadi, cukup lebar ketika berada dalam posisi horizontal untuk main game. Dengan begitu, kita masih bisa melihat cukup banyak aksi, walau bagian kanan kiri kita pakai untuk sarana kontrol.

Layarnya sendiri menggunakan panel AMOLED, yang memberikan ketajaman gambar tersendiri. Tapi, yang luar biasa adalah dukungan refresh rate layar sampai 165Hz! Sekedar perbandingan, laptop ROG Zephyrus M16 (2022) juga punya refresh rate 165Hz.

gambar screenshot game assoluto

Dengan dukungan refresh rate seperti itu, semua tampilan di layar yang bergerak akan terlihat lebih halus. Tidak hanya untuk game saja, tapi juga untuk nonton video, termasuk menelusuri media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Ada Mode Gaming Khusus

Mirip seperti di lini laptop, ROG Phone 6 juga punya Armoury Crate. Di dalamnya terdapat berbagai pengaturan agar kita bisa menyesuaikan performa dan penggunaan.

Salah satunya adalah X Mode dan X Mode+ (jika dipakai dengan aksesori AeroActive Cooler 6). Ketika kamu mengaktifkan X Mode, sistem akan mengoptimalkan pemakaian sumber daya dan mematikan aplikasi di latar belakang. Sehingga performa saat main game tidak terganggu.

Bahkan, kamu bisa mengaturnya untuk aktif secara otomatis untuk game yang kamu pilih. Jadi, ketika kamu membuka game, X Mode segera beraksi mengoptimalkan sistem dan sumber daya yang ada.

Selain itu, dengan Armoury Crate, kamu bisa mengatur tampilan estetik layar kecil di bagian belakang. Termasuk mengintegrasikan pencahayaan RGB dengan perangkat ROG lain.

Lalu, di Armoury Crate kamu juga bisa melihat daftar game yang sudah mendukung berbagai tingkatan refresh rate ROG Phone 6. Misalnya seperti Assoluto Racing, Brawl Stars, Botworld Adventures, Dead Cells, Eternium , Grimvalor, Final Fantasy XV, Skull Girls, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  ROG Fusion II 500: Headphone Gaming Dengan Output Audio Mantap

Terakhir, sehubungan dengan aplikasi penunjang gaming, ada Game Genie — sebuah dasbor yang bisa muncul saat main game — yang menghadirkan berbagai fitur dengan cepat. Seperti membersihkan memory, memantau suhu, mem-bypass charging, mengatur AirTrigger, mengaktifkan X Mode, merekam layar, dll.

Ada Tombol Tambahan Seperti Kontroler Konsol

Seperti yang sudah disebut di atas, salah satu keunikan ponsel gaming adalah aksesibilitas kontrol yang lebih intuitif. Sejak generasi pertama, ROG Phone sudah memiliki tombol tambahan di bagian samping yang disebut AirTriggers. Jadi seperti tombol bahu pada kontroler konsol (R1 dan L1).

Hebatnya, di RPG Phone 6, dukungan tombol ini sudah bertambah. Sekarang kita bisa mengatur kombinasi gestur — tap, slide, berbasis gyroscope, dll — untuk mengaktifkan action tertentu. Apa bakal ribet? Nggak juga. Karena tombol ultrasonic ini sangat responsif dan punya feel seperti tombol sungguhan.

screenshot setelan airtrigger rog phonr 6

Kamu bakal bisa merasakan pengalaman tersendiri, terutama jika main game FPS.

Nah, kalau kamu memiliki aksesori AeroActive Cooler 6, kamu bisa mendapat 4 tombol tambahan lain. Dengan begitu, gerakan jari tidak akan sibuk di depan layar. Tentu, jika ingin lebih asik, kamu bisa memakai aksesori kontroler ROG Kunai 3. Jadi punya mobile console deh.

Sistem Pendingin Ampuh

Nah, salah satu yang saya suka dari ROG Phone 6 adalah kemajuan teknologi sistem pendinginnya. Kalau kamu membaca soal sistem pendingin GameCool 6, kamu akan melihat kalau ASUS menerapkan sistem baru.

Selain punya vapor chamber lebih besar, ASUS juga meletakkan materi boron nitride sebagai bahan penyerap panas di bawah mainboard chipset. Jadi panas bisa langsung terserap.

Hal ini terbukti ketika main Genshin Impact. Kita tahu kalau game satu ini membutuhkan daya dan performa yang tinggi. Tapi di ROG Phone 6 suhunya bisa lebih stabil.

Baca Juga:  ASUS Perbarui Lini Laptop Gaming ROG Strix dan Zephyrus di CES 2023
gambar screenshot suhu genshin impact

Jika ditambah dengan memakai aksesori AeroActive Cooler 6, sistem pendinginnya akan lebih bagus lagi dan bisa nyaman dipakai untuk main game lama-lama.

Baterai Besar, Tahan Lama

Faktor lain yang jadi favorit saya di ponsel gaming ini adalah kapasitas baterainya yang besar. Nggak main-main, kapasitasnya sebesar 6000mAh. Dengan kapasitas segitu, kamu bisa cukup tenang main game. Apalagi sekedar untuk menelusuri web dan media sosial.

Asiknya lagi, kapasitas baterai besar itu juga didukung dengan pengisian cepat (fast charging) 65W. Dengan kemampuan fast charging ini, saya bisa mengisi baterai sampai 50% tidak lebih dari 20 menit.

Jadi untuk urusan daya, ponsel ini memang memuaskan.

Ponsel Gaming Jagoan, Tapi Bukan Untuk Semua Orang

Mungkin kamu sekarang sudah tahu perbedaan dan keunggulan ponsel gaming dibanding ponsel biasa, termasuk juga fitur-fitur asik ROG Phone 6. Tapi ada hal lain yang perlu kamu perhatikan.

Perlu saya ingatkan, ponsel gaming mungkin tidak ideal untuk semua orang. Karena fiturnya lebih condong untuk main game, ada fitur yang terhitung biasa saja jika dibanding ponsel lain. Misalnya kamera (walau nggak jelek juga).

Kemudian, karena punya baterai besar, ponsel ini juga punya ukuran yang relatif besar dengan bobot yang lebih berat dibanding ponsel biasa. Yah, nggak semua orang suka dengan ponsel berat.

Jadi memang ada konsekuensi tersendiri jika kamu memakai ponsel gaming. Tapi, kalau kamu memang termasuk hobi main game yang termasuk kelas berat, maka ROG Phone 6 bisa jadi pilihan utama.