Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor: Chipset OPPO Akan Meluncur Di Smartphone Pada Tahun 2024

OPPO Chip
Anom Penulis

OPPO memang sudah dirumorkan sedang mengembangkan chipset buatan mereka sendiri. Rumor itu sudah beredar sejak tahun 2020. Kabar terakhir menyebutkan OPPO akan memproduksinya di tahun 2023. Kini, rumor menyebutkan kalau chipset OPPO itu akan meluncur di tahun 2024.

Chipset (sering disebut SoC, System on Chip) merupakan komponan yan bertindak sebagai otak dari perangkat komputasi bergerak (mobile devices). Pada umumnya, ponsel Android sering menggunakan chipset buatan Qualcomm (Snapdragon) atau dari MediaTek (Dimensity, Helio, dll).

Namun, ada beberapa perusahaan yang mengembangkan chipset mereka sendiri. Apple adalah salah satunya, dengan chipset berkode A untuk iPhone dan M untuk iPad dan Mac. Selain itu, ada pula Samsung yang mengembangkan chipset Exynos buatan mereka sendiri.

Bocoran terbaru soal chipset OPPO ini datang dari tweet Ice Universe dan cukup singkat. Ia menyebutkan kalau OPPO memang mengembangkan chipset mereka sendiri dan akan memakainya di smartphone mereka pada tahun 2024.

tangkapan layar tweet ice universe soal chipset oppo di tahun 2024

Kabar yang beredar saat ini menyebutkan kalau OPPO akan mengajak Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TMSC) sebagai rekanan untuk memproduksinya. Pada awal pengembangannya, chipset yang disebut MariSilicon X ini disebut akan menggunakan proses 6nm.

Namun mengingat perkembangan masa kini, kemungkinan besar chipset OPPO itu akan menggunakan teknologi proses 3nm.

TMSC sendiri sudah mempublikasikan kalau mereka mulai memproduksi chipset dengan proses 3nm secara masal. Selain di Taiwan, TMSC juga membangun pabrik manufaktur chipset di Arizona, Amerika Serikat. Hal ini merupakan langkah untuk memenuhi permintaan chipset dari Apple untuk iPhone 15.

Di samping mulai memproduksi chipset dengan proses 3nm, TMSC juga membuka fasilitas pengembangan chipset 2nm untuk kebutuhan masa depan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kecenderungan produsen perangkat membuat chipset sendiri memang meningkat.

Baca Juga:  Rumor: OPPO Bikin OPPO Find N dan Flip Buat Pasar Internasional

Selain Apple dan Samsung yang sudah disebut di atas, kita juga mengenal chipset Kirin dari Huawei. Lalu, Google pun sudah ikut mengembangkan chipset mereka sendiri (yang terbaru bernama Tensor G2).

Pemakaian chipset buatan sendiri memungkinkan perusahaan itu untuk melakukan optimalisasi antara komponen internal dan sistem operasi. Suatu hal yang sudah berhasil dibuktikan oleh Apple. Sebagai merk ponsel papan atas dunia, tentu menarik melihat performa dari chipset OPPO ini.