Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor Chipset Samsung Galaxy S23 Bakal Pakai Snapdragon 8 Gen 2 ‘Khusus’

chipset samsung galaxy s23
Gambar Oleh: Trusted Reviews
Indri Penulis

Rumor chipset Samsung Galaxy S23 terungkap di internet. Dengar-dengar ponsel ini bakal pakai chipset Snapdragon 8 Gen 2 khusus.

Peluncuran Samsung Galaxy S23 semakin dekat. Ponsel ini dipastikan meluncur awal Februari lewat acara Galaxy Unpacked 2023 fase pertama, bersama Samsung Galaxy S23+ dan Samsung Galaxy S23 Ultra.

Beberapa minggu menjelang perilisan, ada beberapa rumor terbaru yang muncul di jagat maya. Sebelumnya saya pernah membahas rumor spesifikasi resmi Samsung Galaxy S23 Series.

Sekarang beda lagi. Kali ini rumor chipset Samsung Galaxy S23 yang berhasil mengguncang internet. Sebab kabarnya, ponsel ini bakal pakai chipset Snapdragon 8 Gen 2 ‘khusus.’

Rumor Chipset Samsung Galaxy S23

Kalau kamu mengikuti produk-produk Samsung selama bertahun-tahun, kamu pasti sudah paham. Selama ini smartphone andalan Samsung pasti terpecah menjadi dua kubu. Ada yang ditenagai chipset Snapdragon, dan ada juga yang pakai Samsung Exynos. Semua tergantung pasarnya.

Tahun lalu, Samsung dan Qualcomm resmi menandatangani kesepatakan. Dalam kesepakatan tersebut, Samsung Galaxy S23 Series bakal ditenagai chipset Snapdragon secara global.

chipset samsung galaxy s23
Gambar Oleh: Qualcomm

Nah rumor terbaru yang beredar kali ini menguatkan kabar kerjasama antara Samsung dan Qualcomm sebelumnya. Soalnya dengar-dengar, model Samsung Galaxy S23 bakal pakai chipset Snapdragon 8 Gen 2 khusus.

Dikutip dari 9to5google, Snapdragon 8 Gen 2 yang dipakai Samsung Galaxy S23 adalah chipset yang dirancang secara khusus. Chipset ini bakal dinamakan ‘Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy.’

Chipset tersebut bakal menyuguhkan kecepatan clock hingga 3,36GHz. Sedikit perbandingan, versi utama dari chipset tersebut (Snapdragon 8 Gen 2) hanya mendukung kecepatan clock hingga 3,2GHz.

Kalau rumor ini benar, Samsung Galaxy S23 tetap akan menyuguhkan fitur yang sama seperti ponsel-ponsel Android lain yang pakai Snapdragon 8 Gen 2. Cuma sebagai tambahan, akan beberapa pengoptimalan khusus untuk ponsel Samsung.

Baca Juga:  Rumor: iPhone 15 Ultra Akan Punya Kamera Depan Ganda

Konon chipset khusus ini akan diproduksi menggunakan proses 4nm Samsung Foundry, bukannya 4nm TSMC. Tapi rumor ini sudah lama, dan bahkan informasinya saja sudah dicabut oleh leaker-nya sendiri.

Sementara itu, Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 8 Gen 2 beberapa bulan lalu. Tapi di awal peluncurannya, nama Samsung tidak ada (atau belum ada) di daftar mitra resmi Qualcomm. Saat ini chipset tersebut sudah dipakai ke beberapa ponsel seperti Vivo X90 Series.

Dengan pemakaian chipset Snapdragon 8 Gen 2 khusus pada Samsung Galaxy S23, diharapkan kinerja yang dihasilkan ponsel bisa lebih mantul. Tapi yah tetap kita tunggu aja nanti hasilnya pas ponsel udah resmi rilis ya.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]