Rumor iPhone 13 Mendukung Teknologi Reverse Wireless Charging

Indri Penulis

Rumor mengatakan bahwa iPhone 13 akan mendukung teknologi reverse wireless charging. Membuatnya bisa isi daya perangkat lain.

Baru-baru ini, YouTuber bernama Filip Koroy dan leaker Max Weinbanch, membeberkan beberapa bocoran baru soal iPhone 13 Series.

Sebelum gosip terbaru ini mereka beberkan, sebelumnya Weinbanch sudah pernah membocorkan kalau jajaran iPhone 13 Series akan punya magnet MagSafe yang lebih kuat.

MagSafe sendiri merupakan teknologi magnetik buat memasang iPhone 12 Series ke pengisi daya wireless. Sayangnya dari awal kemunculannya sampai sekarang, banyak orang mengeluh kalau MagSafe tak cukup kuat untuk menahan ponsel dengan aman.

Beranjak dari keluhan-keluhan itu, Weinbanch baru-baru ini mengatakan kalau Apple mungkin akan membuat kumparan wireless di iPhone 13 Series lebih gedhe. Sehingga ponsel bisa merekat lebih kuat ke MagSafe.

Sumber : Apple Insider

Kumparan wireless yang lebih besar juga punya manfaat lain, contohnya bisa memberikan watt yang lebih tinggi. Sedikit info, MagSafe saat ini cuma bisa dipakai mengisi daya iPhone 12 Series secara wireless hingga 15W.

Weinbanch juga berspekulasi kalau kumparan wireless yang lebih besar “mungkin” merupakan tanda bahwa iPhone 13 akan mendukung reverse wireless charging. Itu artinya, ponsel ini bisa juga dipakai untuk mengisi daya aksesoris lain (semacam kaya powerbank buat aksesoris lain lah).

Sebenarnya, iPhone 12 Series secara teoritis juga bisa mengisi aksesoris lain secara wireless. Tapi Apple telah menonaktifkan fitur tersebut. Apple kelihatannya memang lebih hati-hati dalam menghadirkan fitur pengisian daya sih.

Sementara itu, soal ada enggaknya fitur reverse wireless charging di iPhone 13 Series, lebih baik kita lihat saja nanti pas pengumumannya ya. Tapi kalau pun jajaran iPhone 13 Series mendukung teknologi tersebut, rasanya selaras dengan rumor sebelumnya yang mengatakan kalau iPhone 13 Series bakal punya baterai lebih jumbo.

Di sisi lain, kita kemungkinan bakal melihat jajaran iPhone 13 Series bulan September mendatang. Menurut gosip-gosip sebelumnya, ponsel ini akan hadir degan chipset Apple A15 Bionic, takik lebih kecil, kamera lebih oke, layar 120Hz dan sensor LiDAR.

    %d blogger menyukai ini: