Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor MacBook Layar OLED Rilis Tahun Depan, Bikin Desain Laptop Lebih Tipis dan Ringan!

macbook layar oled
Gambar Oleh: Trusted Reviews
Indri Penulis

Apple disebut-sebut siap bikin MacBook layar OLED. Perangkat ini diprediksi bakal debut paling cepat pada akhir tahun 2024.

Beberapa waktu lalu, Apple sempat digosipkan bikin MacBook Pro layar sentuh. Produk tersebut digadang-gadang akan hadir paling cepat pada tahun 2025.

Pengembangan MacBook Pro layar sentuh bukan tanpa alasan. Apple memutuskan menanamkan teknologi layar sentuh ke MacBook Pro karena tekanan dari rivalnya yang semakin tinggi.

Nggak berselang lama setelah kabar MacBook Pro layar sentuh muncul di internet, ada lagi gosip menarik yang menerpa Apple. Konon, Apple saat ini juga tengah mempersiapkan MacBook layar OLED lho.

MacBook Layar OLED Siap Rilis Akhir Tahun 2024

Kabar terbaru ini dibeberkan oleh analis Apple, Ming-Chi Kuo. Dalam serangkaian tweet terbarunya, Kuo mengungkapkan MacBook pertama dengan layar OLED paling cepat bakal rilis akhir tahun 2024.

Kuo mengatakan kalau teknologi OLED bakal memungkinkan desain MacBook jadi lebih tipis dan ringan. Hal ini jelas akan menjadi peningkatan yang cukup signifikan di jajaran produk MacBook.

macbook layar oled
Gambar Oleh: Tangkapan Layar Twitter/Ming-Chi Kuo

Sebagai informasi, semua lini MacBook yang ada saat ini menggunakan panel LCD. Bahkan MacBook Pro 14 inci dan 16 inci versi terbaru pun masih pakai panel LCD. Cuma bedanya, mereka berdua pakai lampu latar mini-LED dan ProMotion.

Nggak seperti layar LCD dengan mini-LED, layar OLED bakal menyuguhkan piksel yang bisa memancarkan cahayanya sendiri. Sehingga ia tidak memerlukan lampu latar. Selain itu MacBook OLED juga bakal memiliki kontras lebih bagus, serta daya tahan baterai yang lebih awet.

Sementara itu, Kuo sendiri nggak menyebutkan apakah layar OLED bakal dipakai untuk model MacBook Pro atau Air. Tapi bulan lalu, analis industri layar Ross Young sempat membeberkan sedikit petunjuk.

Baca Juga:  Google 'Tuntut' Apple Adopsi RCS di Aplikasi Pesan iPhone

Ross Young bilang kalau Apple berencana memperkenalkan MacBook Air 13 inci terbaru dengan layar OLED di tahun 2024. Young juga berharap Apple bisa merilis model iPad Pro 11,1 inci dan 13 inci baru dengan layar OLED tahun depan.

Kalau berdasarkan rumor-rumor di atas, sepertinya Apple tengah bersiap hijrah menggunakan panel OLED untuk lini MacBook dan iPad. Sayangnya, sepertinya produk Apple Watch justru bakal melenceng dari dua saudaranya itu.

Soalnya menurut penurutan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple Watch generasi terbaru bakal pakai layar microLED. Apple Watch microLED diprediksi debut paling cepat akhir tahun 2024.

Fyi, saat ini mayoritas produk Apple Watch masih menggunakan layar OLED. Nah dengan pemakaian layar microLED, diharapkan Apple Watch bisa menawarkan kecerahan yang lebih tinggi. Selain itu rasio kontras yang ditawarkan juga bisa lebih bagus dibanding model OLED.

Yap, gimana pun juga, kita tunggu aja kabar resmi dari Apple soal perubahan pada produk-produk di atas. Tapi yang jelas kalau MacBook pakai layar OLED, ini akan menjadi nilai tambah buat perangkat tersebut.

Soalnya desain MacBook bakal jadi lebih ringkas dan tipis. Jadi lebih hemat ruang saat dibawa bepergian deh. Gimana menurut Urban People?


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]