Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Bakal Ada Teknologi microLED di iPhone, iPad dan MacBook, Lebih Mantul dari OLED!

microled di iphone
Gambar Oleh: Trusted Reviews
Indri Penulis

Kabar terbaru mengatakan jika akan ada microLED di iPhone, iPad dan MacBook. Ini adalah teknologi yang biasanya juga dipakai di Apple Watch.

Apple sepertinya mulai berhasil menemukan cara untuk menghilangkan ketergantungan rantai pasokan dengan mitranya. Seperti yang kita tahu, selama ini Apple membeli beberapa bagian perangkat kerasnya dari pihak luar.

Namun menurut kabar terbaru, Apple kabarnya mulai memproduksi perangkat kerasnya sendiri. Dengan begitu, mereka bisa menghasilkan produk yang lebih bagus dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Sebelumnya, Apple telah berhasil memproduksi prosesor seri A dan M. Kini Apple disebut-sebut siap menghadirkan teknologi tampilan microLED di iPhone, iPad dan MacBook.

Gambaran microLED di iPhone, iPad dan MacBook

Kabar ini pertama kali ini dibeberkan oleh Mark Gurman dari Bloomberg. Menurut Gurman, Apple telah mengerjakan teknologi layar microLED dan proses penyempurnaannya sudah berjalan selama 6 tahun terakhir.

Proyek tersebut dimulai dari nama kode ‘T159.’ Tujuan akhir dari proyek ini adalah memutus ketergantungan Apple terhadap pemakaian layar Samsung dan LG (seperti yang selama ini telah terjadi).

microled di iphone
Gambar Oleh: Trusted Reviews

Kalau kamu pernah lihat layar OLED besutan Samsung dan LG, kualitas layar mereka sudah nggak perlu diragukan lagi. Soalnya layar OLED besutan Samsung dan LG mampu menampilkan warna-warna cerah, dan juga hitam pekat.

Nah menurut Gurman, teknologi layar microLED bakal mengungguli OLED. Layar ini bakal menampilkan tampilan yang cerah, reproduksi warna yang lebih bagus, dan juga bisa memberikan sudut pandang tampilan lebih jelas.

Mungkin ini agak sedikit hiperbola, tapi yang jelas Gurman bahkan mengatakan, “Gambarnya bahkan terlihat seperti dilukis di atas kaca perangkat.

Lebih lanjut, Mark Gurman membeberkan kalau teknologi microLED di iPhone, iPad dan MacBook sebentar lagi akan tiba. Teknologi tersebut digadang-gadang juga akan hadir di Apple Watch Ultra tahun depan.

Baca Juga:  Kerjasama Apple Blibli Makin Mesra, Blibli Resmi Jadi Authorized Seller di Indonesia

Di sisi lain, perlu diakui kalau Apple telah berhasil membuat kemajuan selama beberapa tahun terakhir. Ia berhasil menciptakan prosesor untuk smartphone dan komputernya. Menariknya lagi produk ciptaannya itu berhasil mendapat ulasan positif.

Apple kini juga dirumorkan tengah mengembangkan chipset wireless-nya sendiri. Chipset ini diharapkan bisa memutuskan hubungan kerja sama mereka dengan perusahaan seperti Broadcom dan Qualcomm.

Kalau dari segi layar, Apple juga mulai berinovasi dengan mencoba teknologi baru ke produknya. Selain mengembangkan microLED untuk beberapa perangkat, Apple juga siap menghadirkan MacBook layar OLED tahun depan.

Tidak hanya itu, Apple disebut-sebut juga siap menghadirkan laptop MacBook Pro Layar sentuh. Konon laptop ini akan hadir di tahun 2025.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]