Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mulus! iPhone 15 Pro dan Pro Max Bakal Hadir Tanpa Tombol Fisik

iphone 15 pro max
Gambar Oleh: Trusted Reviews
Indri Penulis

Rumor terbaru mengatakan kalau iPhone 15 Pro dan Pro Max bakal hadir tanpa tombol fisik. Bakal suguhkan desain bodi super mulus.

Jajaran iPhone 14 Series memang baru rilis beberapa bulan yang lalu. Tapi jauh sebelum iPhone 14 Series rilis, bocoran penerusnya yakni iPhone 15 Series sudah santer di internet.

Baru-baru ini ada bocoran iPhone 15 Series yang viral di jagat maya. Menurut kabar yang beredar, model iPhone 15 Pro dan Pro Max tidak akan hadir tanpa tombol fisik di bodinya.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Tanpa Tombol Fisik

Bocoran kali ini berasal dari analis terkenal Apple Ming-Chi Kuo. Sebenarnya kabar soal tombol iPhone 15 Pro dan Pro Max sudah sempat tersiar sejak Oktober tahun lalu.

Tapi Januari ini, Kuo hadir lagi untuk menguatkan rumor tersebut. Kali ini Ming-Chi Kuo merilis postingan baru di akun Twitter-nya untuk meyakinkan orang-orang soal prediksinya.

iphone 15 pro
Gambar Oleh: Tangkapan Layar Twitter/Ming-Chi Kuo

Bisa kamu lihat pada cuitan di atas, Kuo mengatakan kalau iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan hadir tanpa tombol fisik. Jadi yang dimaksud tombol fisik di sini adalah tombol yang bisa diklik seperti biasanya.

Sebagai gantinya, kedua ponsel tersebut akan menggunakan tombol solid state. Tombol tersebut akan dibantu oleh Taptic Engine tambahan, yakni untuk mensimulasikan nuansa tombol fisik ketika pengguna menyentuhnya.

Cirrus Logic merupakan perusahaan yang bakal mendapat banyak keuntungan dari strategi Apple kali ini. Soalnya Cirrus Logic disebut-sebut sebagai pemasok eksklusif IC kontrol Taptic Engine, untuk tombol solid state di iPhone generasi terbaru.

Walau belum jelas gimana wujudnya, Ming-Chi Kuo optimis kalau pengguna bakal menyukai ‘tombol palsu’ besutan Apple. Soalnya tombol tersebut bakal menyajikan pengalaman yang beda lebih seru.

Baca Juga:  Mengatasi Gambar Profil Apple ID Beda Antara iPhone dan Mac

Lebih lanjut, Kuo memprediksi kalau jajaran iPhone 15 Series akan tiba pada paruh kedua tahun 2023. Tapi untuk tanggal jelasnya, Kuo masih belum membeberkan.

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya rumor iPhone 15 Series muncul di jagat maya. Sebelumnya bocoran kamera iPhone 15 Series juga sempat menggegerkan publik. Disebut-sebut salah satu model iPhone 15 Series bakal pakai sensor tercanggih Sony.

Model iPhone 15 Ultra juga nggak luput dari beberapa rumor liar. iPhone 15 Ultra disebut-sebut akan menggunakan bodi titanium dan memiliki kamera depan ganda. Tidak hanya itu, digadang-gadang semua model iPhone 15 Series nantinya bakal punya fitur Dynamic Island.

Bagaimana pun juga, semua kabar di atas sifatnya masih rumor. Jadi belum bisa dipastikan dengan jelas kebenarannya. Tapi nggak bisa dipungkiri, rumor-rumor seperti itu asik juga ya.

Kamu sendiri, rumor mana yang menurutmu paling menarik? Kalau menurut saya pribadi, saya tertarik dengan rumor kamera ganda iPhone 15 Ultra. Penasaran aja sih, kira-kira bakal seperti apa hasil jepretan kamera ganda tersebut.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]