Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Samsung Pamer Layar Flex Hybrid OLED Yang Bisa Dilipat dan Digeser di CES 2023

Samsung Flex Hybrid OLED 01
Anom Penulis

Samsung kembali memamerkan teknologi layar terbaru mereka di CES 2023. Layar terbaru ini disebut dengan nama Flex Hybrid OLED. Hebatnya, layar ini tidak hanya bisa dilipat, tapi juga bisa dipakai secara geser di perangkat.

Perkembangan teknologi sejauh ini memang sudah menunjukkan teknologi layar yang fleksibel. Seperti layar lipat dan layar gulung. Tentu, kita sudah bisa menikmati teknologi layar lipat melalui perangkat seperti Galaxy Z Fold dan Galazy Z Flip.

Samsung Display, sebagai anak perusahaan yang mengembangkan teknologi ini, sudah menunjukkan beberapa teknologi layar terbaru di CES 2022. Kemudian, sebelum ini juga muncul rumor soal perangkat Samsung Flex Slideable dan Samsung Flex Note.

Di CES 2023, Samsung Display memperkenalkan teknologi layar fleksibel gabungan, yang bisa dilipat dan digeser. Seperti sudah disebut di atas, layar ini disebut dengan nama: Flex Hybrid OLED.

Layar ini memiliki ukuran 10,5 inci dengan rasio 4:3. Namun jika digeser keluar, layar ini menjadi berukuran 12,4 inci dengan rasio 16:10.

gambar layar Samsung Flex Hybrid OLED

Dengan dimensi ukuran seperti itu, layar ini memang cukup ideal untuk tablet. Terutama jika ditujukan untuk kepentingan hiburan.

Layar ini hadir di CES 2023 bersama dua layar lain, yaitu Flex Slideable Solo dan Flex Slideable Duet. Layar Flex Slideable Solo berukuran 14 inci dan bisa dipanjangkan dari satu sisi menjadi layar berukuran 17,3 inci. Yang versi Duet juga serupa — punya layar 14 inci yang menjadi 17,3 inci — namun bisa diperpanjang dari dua sisinya.

Teknologi layar fleksibel memang masih terus dikembangkan, walau sejauh ini belum banyak perangkat konsumen yang memakainya. Kecuali yang dengan sistem lipat, seperti di ponsel lipat Samsung dan merk lain, juga laptop seperti ASUS Zenbook 17 Fold OLED.

Baca Juga:  Samsung Bikin Aplikasi Edit Foto Bertenaga AI "Galaxy Enhance-X" - Apa Kelebihannya?

Sedangkan layar gulung sejauh ini belum hadir secara praktis dan masal. Ada beberapa konsep yang muncul seperti LG Rollable. Namun, dalam kasus LG, ponsel itu batal rilis karena LG memang keluar dari industri smartphone.

Sehingga walau Samsung Display menunjukkan teknologi hybrid ini, belum ada jaminan pasti kapan teknologi ini hadir di perangkat konsumen. Walau begitu, melihat perkembangan teknologi dan kemungkinan pemakaiannya pada perangkat memang sangat menarik.