Persaingan smartphone memang menarik diperhatikan. Kepopuleran sebuah merek bisa berubah dengan cepat. Begitu pun smartphone di awal tahun 2019. Huawei berhasil meningkat pesat, sementara Apple dengan iPhone menurun tajam.
Salah satu badan riset yang melaporkan perkembangan ini adalah International Data Corporation (IDC).
IDC menyebutkan bahwa awal tahun 2019 (tepatnya kuartal pertama atau Q1), ada total 310,8 juta ponsel terjual. Jumlah ini merupakan penurunan dari kuartal sebelumnya. Lebih jauh lagi, merupakan kuartal ke-6 untuk penurunan penjualan ponsel sejak 2017.
Kedudukan Merek Smartphone di Awal 2019
Samsung memang masih berada di puncak. Namun Huawei secara agresif menanjak di bawahnya. Setelah berhasil mengalahkan Apple di tahun 2017 dan bersaing ketat, Huawei berhasil mendapat posisi yang cukup stabil tahun ini.
Samsung, walau tetap berada di posisi puncak, juga mengalami penurunan. Samsung sendiri menyebut penjualan Galaxy S10 memiliki penjualan yang baik. Namun, persaingan ketat di ponsel kelas menengah dan bawah cukup memiliki imbas yang kuat.
Huawei akhirnya berhasil “mengamankan” posisi kedua di 5 besar merek ponsel dunia. Riset dan inovasi Huawei di kamera smartphone membawa hasil yang baik. Selain itu, Huawei juga memiliki portofolio ponsel menarik di berbagai kelas.