Apa Yang Bisa Dilakukan Smartphone Masa Depan?

ar smartphone

Saat ini kita sedang mengalami lompatan teknologi yang cukup besar. Smartphone saat ini sudah berbeda dengan smartphone 5 tahun yang lalu. Bayangkan apa yang bisa dilakukan smartphone masa depan.

Kalau kamu perhatikan, lonjakan itu terlihat di tren smartphone tahun 2018 ini. Beberapa teknologi, bukan sekedar meneruskan apa yang sudah ada, tapi merujuk ke penggunaan di masa mendatang.

Tidak hanya teknologi yang sudah hadir atau dikembangkan, berbagai rumor pun mengarah ke lompatan teknologi tersebut. Apa saja perubahan besar yang akan terjadi?

1. Smartphone Akan Mengenali Diri Kita

Berbagai perusahaan teknologi berusaha mengembangkan pengenalan biometrik dengan lebih baik. Mulai dari pemindai sidik jari, pemindai mata, sampai pengenalan wajah.

Tahun ini, teknologi pengenalan wajah memulai lompatan baru. Apple dengan Face ID di iPhone X berdiri di garda depan untuk pengenalan wajah. Di belakangnya, banyak perusahaan lain berusaha mengejar. Termasuk Samsung.

Walau pemindai sidik jari di layar merupakan teknologi yang menjanjikan dan praktis, teknologi pengenalan wajah berpotensi jadi standar baru untuk membuka handphone.

2. Smartphone Akan Mengubah Cara Melihat Obyek

Salah satu teknologi yang gencar berkembang adalah augmented reality. Teknologi ini menghadirkan obyek virtual di tampilan layar (dari kamera). Di masa depan, augmented reality akan mengubah cara kita melihat lingkungan sekitar.

Di dunia game, Pokemon Go membawa teknologi ini dengan sukses. Bidang lain secara perlahan namun pasti mengikutinya. Sebagai contoh, kita bisa melihat lukisan di museum dengan cara lain. Selain itu, IKEA juga sudah memiliki aplikasi IKEA Place yang membantu kita memilih perabot untuk rumah.

Teknologi augmented reality yang ada di smartphone masa depan akan mengubah cara kita melihat dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar kita.

3. Smartphone Akan Mengisi Daya Dengan Lebih Mudah

Siapa yang tidak ingin punya handphone dengan baterai awet, juga mudah dan cepat ketika mengisi daya? Saat ini kita sudah bisa menikmati fast charging di berbagai handphone β€” bahkan di handphone murah. Langkah berikutnya adalah wireless charging sebagai standar baru.

Teknologi ini sebenarnya sudah cukup lama beredar. Sebagai contoh, IKEA sudah punya wireless charger sebagai bagian dari perabotnya (lihat video di atas). Coffee Bean pun pernah memasangnya di meja di kafe mereka (di wilayah tertentu). Kami pun sudah pernah membahas soal enaknya memakai wireless charger beberapa tahun lalu.

Walau lambat, teknologi ini pasti akan menjadi sebuah standar. Siapa sih yang suka ribet dengan kabel?

4. Smartphone Akan Jadi Asisten Pribadi

Seperti juga wireless charging, teknologi perintah suara termasuk yang lambat berkembang. Apple mengumumkan Siri pada tahun 2011, perintah suara Google Now hadir di tahun 2012, Cortana hadir di Windows tahun 2014.

Namun baru beberapa tahun terakhir ini perintah suara beserta asisten virtual itu naik daun. Amazon dengan asistennya yang bernama Alexa beserta smart speaker Amazon Echo berhasil merebut perhatian publik. Hal ini membuat Google merubah strategi dengan Google Assistant.

Permasalahan bahasa yang menjadi kendala utama pun mulai terkikis. Google Assistant sudah mendukung berbagai bahasa. Termasuk Google Assistant dalam Bahasa Indonesia. Tidak akan mengherankan kalau di masa mendatang kita semakin jarang memencet tombol.

5. Smartphone Akan Semakin Fleksibel

konsep samsung galaxy x
Konsep Samsung Galaxy X oleh Tech Configuration

Rumor soal foldable phone alias handphone lipat sudah bergaung cukup lama. Walau tidak sedikit yang menganggap foldable phone hanya gimmick, makin ke sini gaungnya semakin kencang.

Di antara banyak rumor, ada beberapa yang meninjol. Salah satu yang kencang berhembus adalah foldable phone Samsung. Selain itu, foldable phone Huawei pun dikabarkan akan segera hadir.

Mungkin saat ini kita belum bisa membayangkan fungsi praktis smartphone lipat. Namun seperti lompatan teknologi lain, bisa saja hal ini membuka potensi baru smartphone masa depan. Siapa yang tahu?

%d blogger menyukai ini: