Smartwatch Terbaik yang Cocok untuk Pengguna Android

smartwatch untuk android

Bicara soal smartwatch, mungkin Apple Watch merupakan yang paling populer. Tapi apa smartwatch yang paling cocok untuk pengguna Android?

Harus diakui, sampai saat ini, belum ada smartwatch lain yang bisa menandingi Apple Watch. Apalagi kalau bicara soal integrasi dengan smartphone atau kemampuannya sebagai perangkat mandiri. Termasuk ekosistem aplikasi pendukung.

Smartwatch memang memiliki fitur yang lebih lengkap dari smartband. Yang disebut terakhir ini biasanya hanya terbatas pada memantau kebugaran dan aktivitas. Sementara smartwatch mendukung berbagai kemampuan lain.

Sekali lagi, saat ini tidak banyak pilihan yang bisa disebut terbaik bagi pengguna Android. Namun, tidak ada salahnya melihat beberapa smartwatch terbaik yang bisa kita pilih.

Terbaik Saat Ini

Samsung Galaxy Watch Active 2

warna galaxy watch active2
Samsung Galaxy Watch Active 2

Walau menggunakan sistem operasi Tizen, smartwatch dari Samsung ini merupakan pilihan terbaik untuk pengguna Android. Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki desain yang keren, cukup cepat saat dipakai, dan mendukung berbagai fitur kebugaran.

Fitur paling menarik dari jam cerdas ini adalah bingkai jam (touch-sensitive bezel) yang bisa dipakai sebagai navigasi. Dukungan gestur ini lebih nyaman daripada menggeser di bidang kecil pada layar.

Fitbit Versa 2

fitbit versa 2
Fitbit Versa 2

Fitbit Versa hampir selalu menarik perhatian sejak pertama dirilis. Generasi keduanya hadir dengan lebih baik. Walau baik dipakai sebagai pelacak kebugaran, sebagai smartwatch yang mendukung lifestyle, jam ini masih punya kekurangan.

Dari sisi desain, Fitbit Versa 2 terlihat seperti Apple Watch. Jadi boleh dibilang keren. Dari sisi kemampuan, jam ini punya baterai yang relatif awet. Kelemahannya ada di sisi pemakaian yang berhubungan dengan lifestyle, seperti mengganti tali jam, mengganti wajah jam, dan beberapa integrasi dengan aplikasi.

Saat ini perusahaan Fitbit sudah dibeli oleh Google. Pertanyaannya, apakah ini akan membuat masa depan smartwatch Android lebih baik, atau akan “dibunuh” seperti beberapa produk Google terkenal lain?

Fossil Sport

smartwatch fossil sport
Fossil Sport

Fossil Sport mendukung banyak fitur kebugaran. Selain itu, penampilannya juga terlihat menarik. Keunggulan lainnya adalah jam ini menggunakan chipset Snapdragon Wear 3100, yang mungkin memudahkan ketika Google melakukan update untuk WearOS.

Di sisi lain, smartwatch ini juga punya beberapa kelemahan. Misalnya baterai yang kurang awet dan sistem operasi yang kurang responsif.

Layak Diperhatikan

Mi Watch

Mi Watch
Mi Watch

Mi Watch adalah smartwatch terbaru. Jam ini lebih tepat sebagai jam cerdas daripada lini lain AmazFit. Smartwatch ini juga menggunakan chipset Snapdragon Wear 3100.

Mi Watch memiliki banyak fitur kebugaran dan gaya hidup. Bahkan mendukung eSIM sehingga bisa dipakai secara independen. Seperti Fitbit VErsa 2, jam ini juga punya penampilan seperti Apple Watch (mungkin lebih mirip).

Sayangnya, saat ini jam dari Xiaomi ini baru beredar di wilayah Cina. Namun sangat menarik bila Xiaomi mengedarkan smartwatch ini secara global.