Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Instagram Tes Fitur Ganti Font Di Stories, Stiker GIF, Story Teks, dan Waktu Aktif

stiker instagram stories
Anom Penulis

Beberapa waktu lalu seorang teman bertanya pada saya tentang font di Instagram Stories. Karena penasaran, saya mencari info soal itu. Ternyata, Instagram sedang menguji beberapa fitur baru. Beberapa di antaranya adalah fitur ganti font Instagram Stories (sudah tersedia), stiker animasi GIF, Story dalam bentuk teks saja, dan catatan waktu aktif terakhir.

Facebook, sebagai induk Instagram, terkenal sering menguji berbagai fitur. Beberapa mendapat rilis resmi, sedangkan lainnya tidak. Imbasnya pun sampai di Instagram. Salah satu contoh adalah tag produk di kiriman Instagram yang saat ini baru tersedia untuk beberapa toko online di Amerika.

Selain itu, bukan berita baru kalau Instagram berusaha menggencet Snapchat. Apalagi Instagram Stories punya beberapa keunggulan dibanding Snapchat. Tidak heran Instagram terus mengembangkan fitur baru.

Nah, mari kita lihat beberapa fitur yang diuji Instagram tersebut.

[irp posts=”47281″ name=”Tampilkan Instagram Stories Pilihan di Profilmu”]

Ganti Font Instagram Stories

tes ganti font instagram stories
Ganti font di Instagram Stories (foto: Matt Navarra)

Sejauh yang saya dapatkan, Instagram sudah menguji fitur mengganti font di Instagram Stories sejak bulan Desember 2017. Bahkan, seperti kata teman saya, pengguna iPhone di Indonesia sudah ada yang mendapatkannya. Sayangnya sejauh ini belum ada laporan dari pengguna Android.

Nanti pilihan font akan muncul di bagian atas layar. Sejauh ini ada beberapa jenis font (empat kalau tidak salah) yang diuji. Jelas, pilihan font di IG Stories akan menarik dan menambah kreatif penggunanya.

UPDATE: Sekarang fitur ini sudah tersedia. Silakan baca artikel Type Mode Dan Mengganti Font di Instagram Stories.

Instagram Stories Dalam Bentuk Teks Saja

Fitur ini sudah dikenal baik oleh pengguna Facebook. Beberapa waktu lalu, fitur ini juga hadir di status WhatsApp, menyusul protes pengguna soal bergantinya format status itu. Tidak heran kalau Instagram — yang pertama punya Stories di aplikasi buatan Facebook — juga akan memilikinya.

Kelihatannya teks sebagai bentuk berbagi konten tetap menjadi favorit. Tidak sedikit yang menggunakan desain seperti ini. Microsoft bahkan merubah format aplikasi Skype baru. Aplikasi MusicMatch baru juga menampilan lirik seperti itu. Bahkan aplikasi Anchor membuat tampilan video berformat teks untuk siaran radio streaming-nya.

Jadi, yah uji coba ini cukup logis. Apalagi seiring uji coba ganti font Instagram Stories. Bukan begitu?

[irp posts=”47547″ name=”Bagaimana Follow Hashtag Instagram”]

Stiker Animasi GIF

stiker gif instagram stories
Stiker GIF di Instagram Stories (Foto: TechCrunch)

Salah satu fitur yang selalu jadi favorit di media sosial adalah animasi GIF. Kamu bisa menemukannya baik sebagai meme dan stiker. Bahkan animasi GIF bisa kamu temukan sebagai fitur keyboard smartphone.

Nah, kalau bicara soal GIF, nama Giphy akan segera muncul. Begitulah, Instagram bekerja sama dengan Giphy untuk menghadirkan mesin pencari animasi GIF di Instagram Stories. The Next Web mencatat uji coba ini sudah berjalan sejak bulan November tahun lalu (kelihatannya di beberapa negara Amerika Latin). Apakah kamu sudah ada yang dapat fitur ini?

Waktu Aktif

Fitur ini serupa dengan informasi ‘Last Seen’ di WhatsApp dan ‘Active at’ di Facebook Messenger. Kamu bisa melihat kapan teman Instagram-mu terakhir aktif di Direct. Akan ada tulisan seperti: ‘Active now’, ‘Active today’, ‘Active 1h ago’, dll. Beberapa pihak malah menyebut fitur ini juga berfungsi untuk pengguna yang tidak saling follow.

Fitur ini disebut sudah muncul di beberapa pengguna. Entah itu pengguna Android maupun pengguna iPhone.

Itulah beberapa fitur baru Instagram yang sedang dalam tahap uji coba. Menurut saya, yang paling menarik adalah fitur ganti font di Instagram Stories. Hm, tapi animasi GIF juga lucu sih. Yah, kita lihat saja kapan Instagram merilis fitur-fitur tersebut secara resmi.

????

    %d blogger menyukai ini: