Tips Anti Repot Ganti Handphone Android

perbandingan Moto Z2 Play vs Moto G5s Plus

Ganti handphone bisa jadi masalah tersendiri bagi mereka yang tidak tahu cara yang tepat. Tentunya kita ingin agar kontak telepon, aplikasi, koleksi foto, sampai tampilan homescreen tetap sama seperti di handphone sebelumnya. Kalau kamu termasuk salah satu yang belum tahu, kami punya tipsnya.

Menjaga semua data tetap sama dengan cepat sangat penting. Apalagi saat ini semua proses komunikasi berjalan cepat. Memindah kontak telepon, mencari dan memasang aplikasi satu persatu, atau memindah foto bisa memakan waktu dan cukup melelahkan.

Untungnya, teknologi saat ini sudah tidak seperti dulu. Kini semua bisa dilakukan dengan cepat. Tanpa butuh kabel dan komputer untuk membantunya. Yang penting ada koneksi internet. Bisa dengan data seluler atau Wi-Fi.

—

Simpan Kontak Telepon di Alamat Email

Seringkali orang meremehkan pentingnya email. Mereka mengacuhkan fungsi dasar email sebagai “identitas online”. Padahal email memiliki fungsi yang lebih dari sekedar kotak surat. Email berfungsi sebagai akun yang juga menyimpan kontak dan kalender acara. Bahkan lebih.

setelan aplikasi kontak google

Tampilan setelan aplikasi Kontak

Ketika kamu memasukkan akun email di handphone, biasanya kamu sudah bisa mengakses kontak dari akun tersebut. Untuk menyimpan kontak baru, kamu harus memilih akun email untuk dijadikan akun penyimpanan utama. Kamu bisa menemukannya di setelan aplikasi handphone. Karena Android berada di ekosistem Google, menyimpan kontak di Gmail merupakan langkah paling mudah.

Backup Data Secara Berkala

Seperti sudah disebut di atas, email merupakan identitas yang penting. Salah satu fungsi lain adalah untuk mengakses layanan cloud. Dalam hal ini, layanan cloud juga berfungsi sebagai tempat meletakkan data backup. Hal ini termasuk semua aplikasi yang sedang kamu gunakan (bedakan dengan pustaka aplikasi di Play Store) dan juga password.

Saat ini Android sudah punya setelan untuk secara otomatis melakukan backup data. Yang perlu kamu lakukan hanya masuk dengan akunmu dan aktifkan backup otomatis.

buat backup android

Backup data Android

Selain itu, ada baiknya kamu aktifkan juga pilihan untuk memulihkan data secara otomatis saat memasang ulang aplikasi. Sekali lagi, karena Android berada di ekosistem Google, menyimpan di akun Gmail merupakan langkah paling mudah.

Silakan baca artikel cara backup data Android untuk informasi lebih detil.

Cadangkan Data Aplikasi Pesan

Yang tidak kalah penting ketika punya handphone baru atau ganti handphone adalah tetap memiliki percakapan di aplikasi pesan. Misalnya obrolan di WhatsApp. Ya, karena siapa tahu di sana ada pesan penting.

Untuk itu kamu juga perlu membuat backup percakapan aplikasi pesan secara berkala. Hampir semua aplikasi pesan sudah memiliki pilihan ini. Silakan cek setelan aplikasi yang bersangkutan.

cara backup whatsapp

Backup WhatsApp

Biasanya juga ada pilihan apa saja yang mau kamu backup. Bisa hanya pesan teks saja, atau termasuk berkas media (foto, video, dan audio) dan dokumen. Saat memulihkan berkas media, kamu akan membutuhkan koneksi Wi-Fi karena ukuran berkas bisa cukup besar.

Kami pernah membahas cara backup data WhatsApp agar percakapan bisa pulih seperti semula.

Simpan Foto dan video di Cloud

Kalau kamu ingin tetap memiliki koleksi foto dan video yang ada di handphone lama, penyimpanan cloud merupakan pilihan tepat. Dengan menyimpan di cloud, kamu tidak hanya bisa mengakses foto lama di handphone baru. Tapi juga di semua perangkat, termasuk komputer.

pilihan penyimpanan google photos

Pilihan penyimpanan Google Photos

Apalagi saat ini layanan cloud sudah menawarkan penyimpanan foto dari kamera secara otomatis. Hampir semua layanan cloud — Google Drive, Microsoft OneDrive, Dropbox, dll — memiliki fitur tersebut. Bahkan, aplikasi Google Photo menawarkan penyimpanan tidak terbatas!  Jadi, kenapa tidak dimanfaatkan?

Cadangkan Tampilan Launcher Android

Kalau kamu suka menggunakan aplikasi launcher Android sendiri dan sudah suka dengan tampilannya, ada baiknya setelan tampilan itu kamu cadangkan. Hm, saya pikir pilihan ini juga tersedia di skin Android pada umumnya. Paling tidak, kalau handphone Android-mu puny aplikasi tema, pasti ada tempat untuk tema favoritmu.

backup nova launcher

Backup Nova Launcher

Kebetulan saya menggunakan Nova Launcher dan saya sudah punya setelan tersendiri. Termasuk ikon, layout halaman utama, wallpaper, dan gestur. Dengan membuat backup tampilan Nova Launcher, saya tetap bisa mendapat tampilan yang sama seperti di handphone saya sebelumnya.

Gunakan Aplikasi Password Manager

Nah, memasukkan ulang password di setiap aplikasi tentunya melelahkan bukan? Yah, tidak kalau kamu menggunakan layanan Google untuk menyimpan password. Tapi kalau kamu ingin sedikit lebih independen, kamu bisa memanfaatkan aplikasi password manager.

Dengan aplikasi password manager, kamu bisa menyimpan semua password untuk berbagai aplikasi dengan mudah dan aman. Rata-rata aplikasi itu menyimpan password dengan enkripsi. Selain bisa akses password dengan cepat di handphone, kamu juga bisa menggunakannya di perangkat lain (tergantung dukungan aplikasi yang bersangkutan).

—

Nah, kalau kamu sudah melakukan semua hal di atas, yang perlu kamu lakukan saat ganti handphone hanyalah login di akun yang kamu punya, dan pulihkan semua cadangan data itu.

Proses pemulihan biasanya berlangsung cepat. Ya tergantung koneksi internet dan berapa banyak aplikasi yang kamu pasang sebelumnya. Kalau untuk aplikasi pesan, biasanya yang lama adalah pemulihan media (foto dan video). Yang penting kondisi saat ganti handphone bisa menyerupai perangkat yang lama.

Ada komentar?