Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Resmi! Aplikasi Office Jadi Microsoft 365, Apa Aja yang Beda?

aplikasi office jadi microsoft 365
Gambar Oleh: KnowTechie
Indri Penulis

Resmi! aplikasi Office jadi Microsoft 365. Perubahan ini dilakukan serentak di bulan Januari 2023 untuk aplikasi Office seluler dan Windows.

Pada Oktober tahun 2022, Microsoft pernah mengumumkan bahwa aplikasi Office bakal ganti nama menjadi Microsoft 365. Pembaruan dibagi menjadi dua tahap, yakni di situs Office.com dan aplikasi Office itu sendiri.

Perubahan untuk Office.com sudah dimulai lebih dulu pada bulan November 2022. Sedangkan pergantian nama untuk aplikasi Office seluler dan Windows resmi dilakukan Januari 2023.

Bulan ini nama aplikasi Office resmi ganti jadi Microsoft 365. Kira-kira ada efeknya nggak sih dari perubahan ini? Atau perubahan kali ini cuma pergantian nama aja? Oke biar nggak penasaran, simak ulasan ini yuk!

Aplikasi Office Jadi Microsoft 365, Apa yang Beda?

Sebelum saya bahas lebih jauh soal pergantian nama Office jadi Microsoft 365, kamu mungkin penasaran. Kira-kira apa itu Microsoft 365?

Jadi Microsoft 365 adalah platform produktivitas yang didukung cloud. Platform ini mencakup Microsoft Teams, Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneDrive, dll.

aplikasi office ganti jadi microsoft 365
Gambar Oleh: Microsoft

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan Microsoft 365. Kamu bisa membuka aplikasi web dan seluler secara gratis, atau menambah fitur dengan ikut paket berlangganan. Kamu juga bakal mendapat akses ke lebih banyak aplikasi, penyimpanan, dll.

Terus apa hubungan antara Microsoft 365 dengan ‘aplikasi Microsoft 365’? Aplikasi Microsoft 365 digambarkan sebagai titik awal pengguna untuk merasakan berbagai fitur yang ada di platform Microsoft 365.

Berdasarkan pengumuman Microsoft, sebenarnya pergantian nama Office ke Microsoft 365 nggak memberikan dampak apa pun. Soalnya akun, profil, paket langganan, dan file yang sudah ada di aplikasi sebelumnya masih tetap aman.

Baca Juga:  Aplikasi Microsoft Authenticator Kini Bisa Isi Password Otomatis

Aplikasi Office bakal diperbarui secara otomatis. Kalau kamu sebelumnya memang sudah pakai aplikasi Office, setelah resmi diperbarui kamu akan melihat ikon dan nama baru Microsoft 365.

Nah untuk pengguna baru, aplikasi baru Microsoft 365 akan tersedia di web Microsoft365.com, di Windows lewat Microsoft Store, di Google Play dan App Store.

Apa yang Baru di Aplikasi Microsoft 365?

Selain aplikasi Office jadi Microsoft 365, ada beberapa fitur baru yang dihadirkan Microsoft ke aplikasi Microsoft 365, yakni diantaranya:

  • Modul Create – Lewat fitur Create, kamu bisa pakai modul ini untuk bikin proyek pakai template kosong, atau template rekomendasi dari Microsoft.
  • Modul Apps – Temukan, luncurkan dan sisipkan tools yang paling sering kamu pakai di Microsoft 365. Fitur ini tersedia mulai Februari untuk semua pengguna Microsoft 365 web dan Windows (aplikasi mobile menyusul).
  • Welcome Badging – Bisa dipakai untuk melihat status berlangganan Microsoft 365, dan pemakaian memori penyimpanan. Fitur ini tersedia bulan depan untuk pengguna web dan Windows.
  • My Content – Fitur yang awalnya cuma untuk pelanggan bisnis, tapi kini tersedia untuk pribadi. Fitur ini adalah lokasi sentral untuk melihat dan mengakses semua konten pengguna.
  • Feed – Berisi konten yang relevan berdasarkan dengan siapa pengguna bekerja, apa yang pengguna sedang kerjakan, dll. Fitur ini tersedia untuk pengguna web, Windows dan seluler.
  • Tag – Cara baru untuk mengelompokkan dan mengatur konten dengan tag khusus. Fitur ini sudah tersedia untuk pengguna komersial web dan Windows.

Oke Urban People, itu dia beberapa perubahan yang dihadirkan Microsoft untuk Microsoft 365. Intinya pergantian nama aplikasi Microsoft Office jadi Microsoft 365 nggak berefek ke akun, profil dan paket berlangganan.

Baca Juga:  Kolaborasi Microsoft dengan Disney+ Hadir Buat Rayain Rilisnya "She-Hulk: Attorney at Law"

Justru dengan adanya perubahan ini, Microsoft turut memboyong beberapa fitur baru ke Microsoft 365. Contohnya dengan hadirnya fitur Feed, My Content, Tag, dll.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]